Celoteh Kocak Warganet Sambut Harbolnas 12.12

Oleh Agustinus Mario Damar pada 12 Des 2018, 10:30 WIB
Lazada siapkan diskon besar-besaran untuk sambut HARBOLNAS

Liputan6.com, Jakarta - Hari Belanja Online Nasional (Harbolnas) 12.12 jatuh pada hari ini, Rabu (12/12/2018).

Sejumlah e-Commerce lokal juga sudah menawarkan beragam program menarik untuk memeriahkan Harbolnas 2018.

Sekadar informasi, Harbolnas yang digelar bulan ini merupakan puncak rangkaian pesta belanja online yang digelar sejak September 2018. Adapun tema untuk Harbolnas 2018 adalah 'Belanja untuk Bangsa'.

Kemeriahan Harbolnas tahun ini juga ramai dikicaukan para warganet di media sosial, terutama Twitter. Bahkan, tagar #Harbolnas2018 berhasil merangsek masuk ke tangga Trending Topic di Indonesia. 

Kicauan yang diunggah para warganet pun beragam, mulai dari curahan hati tidak mampu berbelanja hingga kehabisan barang yang diincar saat Harbolnas.

Di sisi lain, tidak sedikit pula warganet menuliskan kicauan lucu seputar Harbolnas tahun ini.

Untuk mengetahui lebih lanjut mengenai kicauan para warganet tersebut, berikut ada beberapa tweet seputar Harbolnas yang dihimpun Tekno Liputan6.com.

2 of 3

Promosi Produk Lokal dan UKM

Harbolnas 2018
Acara peluncuran Hari Belanja Online Nasional (Harbolnas) 2018 (Liputan6.com/Komarudin)

Ketua Panitia Harbolnas Indra Yonathan menuturkan Harbolnas bertujuan untuk mempromosikan produk lokal dan UMKM. Target transaksi Harbolnas kali ini adalah Rp 7 triliun yang Rp1 triliun di dalamnya berasal dari produk lokal.

"Harbolnas sebagai festival belanja online terbesar di Indonesia berkomitmen untuk mempromosikan produk lokal dan mendorong lebih banyak UMKM agar dapat merasakan keuntungan dan manfaat lebih dari perdagangan digital,” tuturnya.

Indra mengatakan perdagangan digital menjadi salah satu industri yang berkembang pesat di Indonesia.

Acara ini merupakan peluang tidak hanya bagi pelaku industri e-Commerce, tetapi juga bagi produsen lokal untuk merambah ranah perdagangan digital.

3 of 3

Didukung Tiga Kementerian

300 e-commerce Siap Ramaikan Harbolnas 2018
Dirjen Perdagangan Dalam Negeri Kemendag, Tjahya Widayanti memberikan sambutan pada acara media briefeng Harbolnas 2018 di Jakarta, Selasa (13/11). Harbolnas akan diikuti lebih dari 300 e-commerce. (Liputan6.com/HO/Sebio)

"Melalui Harbolnas 2018 ini para produsen produk lokal merasakan pengaruh bisnis dari kemeriahan acara Harbolnas beriringan dengan pemain-pemain e-Commerce besar, sehingga para produsen lokal dapat lebih memahami kelebihan pemasaran dengan platform online,” tuturnya.

Indra mengatakan acara ini juga didiukung oleh tiga kementerian, yaitu Kementerian Perdagangan, Kementerian Perindustrian, serta Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemkominfo).

(Dam/Jek)

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini: 

Lanjutkan Membaca ↓