Samsung Resmi Perkenalkan Galaxy A8s, Hadir dengan Notch Tidak Biasa

Oleh Agustinus Mario Damar pada 11 Des 2018, 09:00 WIB
Samsung Galaxy A8s

Liputan6.com, Jakarta - Teka-teki mengenai smartphone terbaru Samsung, Galaxy A8s, akhirnya terjawab sudah. Alasannya, perusahaan resmi memperkenalkan Galaxy A8s sebagai produk paling anyar di tahun ini.

Sesuai dengan rumor selama ini, Galaxy A8s memiliki notch yang tidak biasa. Sebab, kamera depan--yang dapat dikatakan sebagai notch-- smartphone ini diletakkan di pojok kiri atas perangkat alias mengusung desain layar Infinity-O.

Sekadar informasi, Infinity-O merupakan desain notch baru yang diperkenalkan Samsung beberapa waktu lalu. Selain Infinity-O, perusahaan juga memperkenalkan desain layar Infinity-U dan Infinity-V.

Dikutip dari The Verge, Selasa (11/12/2018), smartphone ini memiliki bentang layar 6,4 inci. Dari sisi spesifikasi, Galaxy A8s ini jelas ditujukan sebagai perangkat kelas menengah.

Galaxy A8s dipersenjatai chipset Snapdragon 710 dengan opsi RAM 6 atau 8GB. Sementara kapasitas memori internalnya 128GB yang dapat diperluas dengan microSD berukuran hingga 512GB.

Berlanjut ke fotografi, Galaxy A8s memiliki tiga kamera utama, serupa dengan Galaxy A7. Konfigurasi kamera smartphone ini adalah lensa utama beresolusi 24MP, lensa telephoto beresolusi 10MP, dan lensa depth sensor beresolusi 5MP. 

Adapun kebutuhan selfie diserahkan pada kamera depan beresolusi 24MP. Posisi kamera depan ini yang menarik karena tampil bulat dan diletakkan di pojok kiri layar. 

Smartphone ini memiliki baterai berkapasitas 3.400mah yang sudah mendukung fast charging. Menjalankan Android 8.1 Oreo, Galaxy A8s telah dilengkapi pemindai sidik jari di bagian belakang bodi.

Sayangnya, tidak ada informasi mengenai harga dan ketersediaan smartphone ini. Informasi terkini hanya menyebut pre-order Galaxy A8s untuk pasar Tiongkok bakal dilakukan pada 20 Desember 2018.

2 of 3

Bocoran Seputar Galaxy A8s

Samsung MWC
Booth Samsung di gelaran Mobile World Congress 2018. (Liputan6.com/ Agustin Setyo W)

Sekadar inforfmasi, keberadaan Galaxy A8s sendiri memang sudah diketahui sejak beberapa bulan lalu. Bocoran desain smartphone ini juga sempat terungkap.

Terbaru, giliran spesifikasi smartphone ini yang muncul di internet. Dikutip dari Phone Arena, Rabu (26/11/2018), Galaxy A8s memiliki spesifikasi yang terbilang apik.

Menurut kabar, Galaxy A8s akan menjadi smartphone pertama Samsung yang memakai Snapdragon 710--dan akhirnya terbukti. Dari sisi memori, smartphone ini memiliki RAM 6GB dan ROM 128GB.

Kapasitas memori perangkat ini masih dapat diperluas dengan microSD hingga 512GB. Memiliki baterai berkapasitas 3.400mAh, Galaxy A8s sudah menjalankan Android 9 Pie.

Smartphone ini memiliki layar berukuran 6,39 inci dengan desain Infinity-O. Smartphone ini juga disebut-sebut mempunyai bodi yang lebih tipis dan kecil dari Galaxy Note 9.

Galaxy A8s memiliki tiga kamera utama yang masing-masing beresolusi 24MP, 10MP, dan 5MP. Sementara untuk memenuhi kebutuhan selfie, ada kamera depan beresolusi 24MP.

3 of 3

Resmi Hapus Headphone Jack

Samsung Galaxy A9
Peluncuran Samsung Galaxy A9 dan A7 di 4x Fun, Kuala Lumpur, Malaysia. Liputan6.com/Jeko Iqbal Reza

Lewat Galaxy A8s, Samsung untuk kali pertama untuk menghapus keberadaan headphone jack 3.5mm. Dari informasi yang dihimpun, smartphone ini dipastikan tidak memiliki port tersebut.

Dengan kata lain, pengguna smartphone ini harus terhubung dengan bluetooth atau memanfaatkan dongle jika ingin mendengarkan audio melalui earphone.

Namun, belum dapat dipastikan apakah Samsung menyediakan dongle khusus dalam paket pembelian. Kendati demikian, belum diketahui alasan Samsung menghapus keberadaan headphone jack di perangkat ini. 

(Dam/Ysl)

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini: 

Lanjutkan Membaca ↓