Review Realme U1: Unggul di Selfie dan Baterai, Kamera Utama Kurang Lihai

Oleh Yuslianson pada 10 Des 2018, 19:00 WIB
Realme U1. Liputan6.com/Yuslianson

Liputan6.com, Jakarta - Setelah melakukan debut di pasar India, Realme akhirnya meluncurkan smartphone terbarunya yakni Realme U1.

Di seri ini, Realme menargetkan pengguna generasi millenial yang suka ber-selfie ria, performa tinggi, namun memiliki budget terbatas.

Resmi dirilis pada 10 Desember 2018 di Tanah Air, tim Tekno Liputan6.com berkesempatan untuk menjajal Realme U1 yang mampir ke meja redaksi.

Sebagai informasi, Realme U1 yang kami pakai selama pengujian seminggu tersebut merupakan varian RAM 3GB dan memori internal 32GB

 

2 of 5

Desain

Realme U1 merupakan salah satu smartphone paling stylish di pasaran untuk kelasnya. Sekilas, bodi belakang perangkat ini terlihat seperti kaca.

Namun sebenarnya, panel tersebut dibuat dari bahan komposit akrilik transparan, yang diklaim Realme lebih tahan lama dan anti gores.

Jika diperhatikan, panel bodi belakang smartphone ini juga memiliki efek "light pillar" ketika dihadapkan dengan cahaya akan memantulkan motif seperti tiang, sama seperti di seri Realme 2 Pro.

Seperti yang bisa kamu lihat dari foto di atas, Realme U1 masih mempertahankan port microUSB untuk smartphone teranyarnya ini. Padahal, perangkat lain sudah banyak yang mengusung Type C.

Di sisi kanan dan kiri smartphone bisa kamu temukan tombol power, sementara di seberangnya ada tombol volume up/down dan sebuah slot kartu SIM dan microSD.

Yang membedakannya adalah bentuk notch di kedua perangkat. Realme 2 Pro memiliki notch seperti iPhone X, sedangkan Realme U1 mengusung bentuk waterdrop.

Seperti smartphone yang ada di pasaran saat ini, Realme U1 juga memiliki notch di layar berbentuk waterdrop.

Di bagian belakang smartphone, kamu akan menemukan kamera utama ganda dan lampu LED dalam pengaturan horizontal, lengkap dengan sensor sidik jadi di tengah bodi.

Realme U1 hadir dengan layar berukuran 6,3 inci beresolusi Full HD+, dan memberikan tampilan warna yang detail. Sayang, tampilan layar jadi sulit dibaca ketika menggunakan smartphone di bawah sinar matahari.

Dengan aspek rasio 19,5:9 dan tanpa bezel di bagian bawah layar, U1 menghadirkan pengalaman menonton video yang cukup imersif.

Sayang, hal tersebut kurang didukung oleh keluaran suara dari speaker perangkat yang ada di sisi bawah bodi.

 

 

3 of 5

Kamera

Realme U1. Liputan6.com/Yuslianson

Fokus di kamera selfie, Realme menyematkan kamera depan berkemampuan 25MP dengan bukaan f/2.0, dan memiliki fitur bokeh--seperti smartphone di pasaran kini.

Saat diuji, kami cukup terkejut dengan hasil kamera depan Realme U1.

Ketika mengambil foto pada kondisi minim cahaya, hasil selfie jelas dengan warna alami--kami matikan mode AI beauty.

Berikut adalah beberapa hasil foto selfie memakai kamera depan Realme U1.

Untuk kamera belakang, Realme U1 hadir dengan konfigurasi sensor 13MP+2MP dan kemampuan mode bokeh.

Tidak seperti kamera depan, kemera belakang smartphone hadir dengan mode Portrait, dengan beberapa opsi arah cahaya--seperti iPhone, seperti Natural, Film, Mono, dan lainnya.

Pengambilan gambar menggunakan kamera belakang pada kondisi cahaya, baik menghasilkan foto yang detail dan warna vivid.

Akan tetapi, kami menyadari beberapa foto yang diambil terlihat tajam dan detail.

Sayang, kamera Realme U1 mengalami kendala ketika mengambil foto saat minim cahaya atau di malam hari. Kamu bisa lihat hasil foto-foto berikut ini.

4 of 5

Performa

Realme Game Space. Liputan6.com/ Yuslianson

Meski memposisikan diri sebagai merek independen, Realme masih meminjam software-nya dari Oppo. Karena itu, Realme U1 menggunakan ColorOS 5.2 di Android 8.1 Oreo.

Bagi kamu yang sudah pernah memakai smartphone Oppo pasti sudah terbiasa dengan tampilan antarmukanya.

Sangat disayangkan, penggunaan ColorOS ini berdampak banyaknya aplikasi bloatware--aplikasi pihak ketiga. Untungnya, aplikasi tersebut dapat dihapus.

Di kategori hardware, Realme U1 sudah menggunakan chipset terbaru MediaTek, yakni Helio P70, dengan kecepatan 2.1GHz.

Smartphone yang kami pakai memiliki RAM 3GB dan penyimpanan 32GB (ada pilihan RAM 4GB dan memori 64GB). Jangan khawatir, kamu dapat meningkatkan kapasitas hingga 256GB melalui slot microSD.

Walau tidak ada masalah saat digunakan untuk kegiatan sehari-hari, kami merasa performa Realme U1 sedikit lamban ketika membuka banyak aplikasi pada waktu bersamaan.

Besar kemungkinan hal itu dikarenakan software ColorOS yang masih belum optimal, ketimbang masalah di prosesor. Bagi kamu yang suka main gim, Realme U1 memiliki kemampuan yang diberi nama Realme Game Space.

Dengan fitur tersebut, gim-gim seperti Asphalt 8, PUBG Mobile, dan Vainglory dapat dimainkan dengan lancar. Saat kami uji main gim beberapa jam, bodi smartphone terasa sedikit panas.

Bisa dongkrak performa Realme U1. Liputan6.com/ Yuslianson

Selain mengunggulkan kamera selfie, Realme juga hadirkan fitur terbaiknya pada baterai.

Memiliki kapasitas 3.500mAh, baterai smartphone mampu bertahan lebih dari sehari--meski dengan penggunaan berat. Smartphone yang kami pegang mampu bertahan hingga sekitar 16 jam.

 

5 of 5

Kesimpulan

Realme U1. Liputan6.com/ Yuslianson

Berdasarkan pengujian selama sepekan, Realme U1 hadir dengan performa yang mumpuni untuk smartphone di kelasnya.

Berkat Realme Game Space, kamu yang suka main gim pun tidak perlu khawatir smartphone bakal nge-lag.

Harus diakui, kamera depan perangkat ini mampu mengambil foto selfie yang baik, entah itu pada saat kondisi cahaya mencukupi atau pun minim.

Akhir kata, bagi kamu yang ingin memiliki smartphone dengan kamera selfie yang unggul dan performa mumpuni, Realme U1 ini dapat menjadi pilihan.

(Ysl/Isk)

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini

Lanjutkan Membaca ↓

Live Streaming

Powered by
Tragedi Kabut Asap