Sukses

Kelebihan dan Kekurangan Xiaomi Redmi 3 Pro, Ponsel Spek Mumpuni

Desain yang sangat premium berkat dukungan bahan metal yang menjadikan penampilannya elegan dan mewah.

Liputan6.com, Jakarta Xiaomi Redmi 3 Pro merupakan smartphone versi terbaru dari Xiaomi Redmi 3 yang hadir dengan membawa desain premium berkat pengunaan bahan material bodi full metal. Selain membawa desain premium, Xiaomi Redmi 3 Pro juga hadir dengan membawa spesifikasi yang sangat mumpuni. Diantaranya adalah sudah dilengkapi dengan fingerprint sensor dan juga telah mengunakan prosesor tangguh Snapdrgaon 616 yang dipadukan dengan RAM 3 GB.

Xiaomi Redmi 3 Pro ini resmi diluncurkan pada tanggal 12 Januari 2016 di China. Namun, di balik pembaharuannya, ponsel ini juga masih memiliki kelemahan. Nah, berikut ini Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Senin (10/12/2018), kelebihan dan kekurangan Xiaomi Redmi 3 Pro serta spesifikasi lengkapnya. Kelebihan dan kekurangan Xiaomi Redmi 3 Pro ini wajib Anda ketahui jika ingin memboyong perangkat ini.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 7 halaman

Kelebihan dan kekurangan Xiaomi Redmi 3 Pro pada sektor desain dan tampilan

Kelebihan Xiaomi Redmi 3 Pro mendapat desain yang sangat premium berkat dukungan bahan metal yang menjadikan penampilannya elegan dan mewah. Xiaomi menerapkan pola non-tekstur di sisi belakang yang membuat ponsel ini terlihat menarik.

Hadir dengan dimensi 139.3 x 69.6 x 8.5 mm serta bobot 144 gram, Xiaomi Redmi 3 Pro cukup nyaman digunakan dan dioperasikan. Selain itu Xiaomi Redmi 3 Pro memiliki layar berukuran 5.0 inches.

Kelebihan Xiaomi Redmi 3 Pro sudah menggunakan layar bertipe IPS LCD capacitive touchscreen 16 juta warna yang cukup berkualitas. Layar Xiaomi Redmi 3 Pro memiliki resolusi 720 x 1280 pixels dengan kualitas HD serta kerapatan layar dengan 294 ppi pixel.

Kontras dan saturasi ponsel ini memang lebih baik dari layar Redmi Note 3. Namun, kekurangan Xiaomi Redmi 3 Pro adalah pergeseran warna pada layar dari sudut tertentu tidak berjalan dengan lancar. Kekurangan Redmi 3 Pro lainnya pada layar terletak pada keterbatasan pengguna untuk melihat layar saat berada di bawah sinar matahari secara langsung.

Kekurangan Xiaomi Redmi 3 Pro dari segi layar adalah tidak dilengkapi dengan pelindur layar seperti Gorila Glass. Sehingga rentan terhadap goresan dan benturan.

Selain itu, kekurangan Xiaomi Redmi 3 Pro lainnya adalah suhu smartphone ini cepat terasa panas sebagai akibat dari bodynya yang terbuat dari metal. Panas yang dihasilkan pun menyebar ke seluruh bodi smartphone.

3 dari 7 halaman

Kelebihan dan kekurangan Xiaomi Redmi 3 Pro dari sektor dapur pacu

Redmi 3 bekerja di bawah prosesor Qualcomm MSM8939 v2 Snapdragon 615 64-bit yang terbilang cukup baik. Apalagi kehadiran dari prosesor ini juga diimbangi dengan keberadaan CPU Octa Core 1.5 GHz. Berkat prosesor tersebut, smartphone ini bisa melakukan segala aktivitas multitasking ringan tanpa lag atau kendala apapun. Di sektor memori RAM yang mendukung, pengguna dapat merasakan multitasking yang cepat dan responsif dengan pilihan RAM 2/ 3 GB.

Di sektor grafis, Xiaomi mempercayakan tampilan grafis smartphone ini kepada GPU Adreno 405. Kartu pengolah grafis ini tampil cukup prima yang akan menampilkan 3D lebih sempurna.

Namun, kekurangan Xiaomi Redmi 3 Pro adalah meski pengolah grafisnya mengalami peningkatan, namun belum bisa bekerja dengan baik pada game-game yang memiliki grafis berat.

4 dari 7 halaman

Kelebihan dan kekurangan Xiaomi Redmi 3 Pro pada kamera

Kamera yang dipasangkan pada ponsel ini terbilang standar. Kelebihan Xiaomi Redmi 3 Pro hadir dengan kamera belakang 13 MP dengan bukaan lensa f/2.0 serta dilengkapi dengan phase detection autofocus, dan LED flash. Tidak hanya itu, Fitur Geo-tagging, touch focus, face/smile detection, HDR dan panorama juga ditanamkan pada ponsel ini.

Untuk mendukung kegiatan berfoto selfie dan vidio call, smartphone ini juga dilengkapi kamera depan beresolusi 5 MP f/2.2 yang menghasilkan video resolusi 1080p@30fps. Resolusi kamera depan ini merupakan kekurangan Xiaomi Redmi 3 Pro. Mengingat ponsel lainnya yang keluar di tahun yang sama sudah memiliki kamera depan dengan resolusi yang lebih tinggi dan sangat memanjakan para pecinta selfie.

5 dari 7 halaman

Kelebihan dan kekurangan Xiaomi Redmi 3 Pro pada konektivitas

Kelebihan Xiaomi Redmi 3 Pro hadir dengan dukungan kelengkapan jaringan 2G GSM SIM 1 & SIM 2/CDMA, 3G HSDPA/TD-SCDMA/CDMA, 4G LTE. Kecepatan konektivitas yang standar sesuai dengan harga Xiaomi Redmi 3 Pro yang cukup murah. Selain itu smartphone ini memiliki keunggulan dengan EV-DO Rev.A 3.1 Mbps.

Smartphone ini juga dapat mengakses tipe jaringan Wi-Fi 802.11 dan dilengkapi dengan sistem dual-band. Fitur Wi-Fi direct dan hotspot juga terdapat pada smartphone ini untuk memudahkan mengakses internet dimanapun dan kapanpun. Sebagai tambahan terdapat juga fitur Bluetooth versi 4.1 dan A-GPS, BDS dan GLONASS.

6 dari 7 halaman

Kelebihan dan kekurangan Xiaomi Redmi 3 Pro dari sektor baterai dan fitur pendukung lainnya

Kelebihan Xiaomi Redmi 3 Pro memiliki baterai berdaya besar yakni 4100 mAh. Dengan daya yang cukup besar ponsel ini mampu siaga selama 270 jam pada jaringan 3G dan 264 jam pada jaringan 4G. Kelebihan Xiaomi Redmi 3 Pro lainnya sudah dilengkapi Fast battery charging. Dengan fitur tersebut, proses pengisian daya dapat dilakukan secara cepat.

Sayangnya, meski Xiaomi Redmi 3 Pro ini dibekali fitur Fast Charging, namun smartphone ini juga membutuhkan waktu yang cukup lama dalam pengisian ulangnya, yakni hampir 2 jam lebih. Ini merupakan kekurangan dari Xiaomi Redmi 3 Pro. Tapi hal tersebut juga wajar karena kapasitas baterai yang sangat besar yakni 4100 mAh.

Kekurangan Xiaomi Redmi 3 Pro lainnya adalah ponsel ini bertipe Non-removable Li-Ion yang tidak bisa dilepas pasang dengan mudah.

Pada sektor keamanan, ponsel ini cukup menarik perhatian. Kelebihan Xiaomi Redmi 3 Pro dari sisi ini mengalami peningkatan. Pada perangkat ini sudah disematkan teknologi pemindai sidik jari. Dengan fitur pemindai jari ini sistem keamanan ponsel lebih terjamin.

7 dari 7 halaman

Rangkuman kelebihan dan kekurangan Xiaomi Redmi 3 Pro

Kelebihan Xiaomi Redmi 3 Pro

1. Memiliki desain yang premium dan elegan dengan body berbahan metal.

2. Dilengkapi dengan fitur keamanan berupa fingerprint.

3. Hadir dengan kamera utama sebesar 13 MP dengan sektor penambahan fitur PDAF dan LED flash yang dapat merekam video full HD 1080p@30fps.

4. Pada bagian baterainya, terdapat baterai 4100 mAh yang dilengkapi dukungan fitur fast charging sehingga pengisian daya bisa 2 kali lebih cepat.

5. Terdapat dukungan chipset snapdragon 650 hexa core 1,5 GHz yang memiliki kinerja yang sangat baik dan stabil

 

Kekurangan Xiaomi Redmi 3 Pro

1. Meski memiliki dual sim, Slot SIM 2nya menyatu dengan microSD

2. Kamera depan standar

3. Baterainya bertipe Non-removable.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini