Sukses

Dua Tahun, HMD Global Jual 70 Juta Ponsel Nokia

HMD Global selama dua tahun terakhir disebutkan telah menjual 70 juta unit ponsel di pasar global.

Liputan6.com, Jakarta - HMD Global genap berusia dua tahun pada 1 Desember 2018. Selama dua tahun terakhir pula, perusahaan berusaha untuk menggaet konsumen di berbagai negara dengan smartphone dan feature phone merek Nokia, termasuk di Indonesia.

Dilansir GSM Arena, Minggu (9/12/2018), HMD Global selama dua tahun terakhir telah menjual sekira 70 juta ponsel Nokia. Jumlah tersebut mencakup penjualan smartphone dan feature phone.

Ponsel paling laris HMD berada di rentang harga 300 hingga 400 euro atau berkisar Rp 4,9 juta hingga Rp 6,6 juta (asumsi kurs Rp 16.550 per 1 euro). Sejauh ini, Nokia 6.1 merupakan ponsel terlaris HMD di pasar global.

HMD berhasil memikat konsumen di segmen kelas menengah dan entry-level. Perusahaan asal Finlandia itu pun dinilai membutuhkan sebuah flagship sukses, setelah sebelumnya Nokia 8 Sirocco gagal memenuhi ekspektasi.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Pendorong Kesuksesan HMD Global

HMD mengakui bahwa sebagian besar kesuksesannya berkat kesetiaan penggemar terhadap merek Nokia. Oleh sebab itu, perusahaan berusaha keras menghadirkan produk berkualitas tinggi.

Permasalahannya, hampir 80 persen konsumen HMD dilaporkan berusia 35 tahun ke atas. Mereka adalah orang-orang yang mengingat Nokia di masa jayanya.

Melihat tantangan yang ada, HMD disebut ingin menarik konsumen muda di bawah usia 20 tahun. Salah satu caranya kemungkinan dengan memanfaatkan esport untuk promosi. Selain itu, konsumen di rentang usia 20-35 tahun akan menjadi fokus di masa depan.

Lebih lanjut, kerja sama dengan Google pun dinilai sebagai pendorong popularitas smartphone Nokia besutan HMD. Deretan smartphone Nokia dipastikan akan mendapatkan pembaruan OS Android dalam beberapa tahun ke depan.

3 dari 3 halaman

HMD Hadirkan Nokia 8.1

Setelah serangkaian rumor, HMD Global akhirnya memperkenalkan smartphone terbarunya, Nokia 8.1, di Dubai. Smartphone ini bukan suksesor flagship Nokia 8 Sirocco, melainkan masuk ke dalam segmen kelas menengah.

Nokia 8.1 hadir dengan prosesor Snapdragon 710, GPU Adreno 616, dan layar FHD+ berukuran 6,18 inci. Spesifikasi lainnya termasuk RAM 4GB, memori internal 64GB, baterai 3.500mAh, dual kamera belakang 12MP dan 13MP, serta kamera depan 20MP.

Smartphone ini juga memiliki fitur Bothie. Berkat fitur ini, pengguna bisa mengambil foto dari kamera belakang dan depan secara bersamaan.

(Din/Ysl)

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.