Sukses

Qualcomm Pede Always Connected PC Bakal Jadi Tren

Kehadiran perangkat ini diprediksi dapat membuat ceruk pasar tersendiri di masa depan.

Liputan6.com, Maui - Qualcomm baru saja memperkenalkan chipset terbarunya, yakni Snapdragon 8cx.

Chipset ini terbilang spesial karena didesain khusus untuk perangkat laptop yang selalu terhubung dengan internet, atau dijuluki dengan nama Always Connected PC.

Keputusan Qualcomm untuk merilis chipset ini, tak lepas dari pasar PC yang dianggap stagnan.

SVP Computer Products Qualcomm International Sanjay Mehta, membandingkannya dengan pasar perangkat mobile yang bakal diprediksi mencapai 2 miliar unit.

Dengan keadaan ini, Sanjay menuturkan Qualcomm berani terjun ke industri PC karena menyasar pasar yang mencapai 2 miliar tersebut.

Maksudnya, perangkat mobile yang selalu terhubung dengan internet akan menjadi pilihan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Kapasitas Investasi di Industri Komputer

"Kami telah melayani pasar perangkat mobile sebesar itu dan memiliki kapasitas untuk berinvestasi di industri komputer, sehingga memutuskan untuk bergerak dan menawarkan pengalaman baru ke industri ini," tuturnya saat ajang Snapdragon Tech Summit 2018 di Maui, Amerika Serikat, Kamis (6/12/2018) waktu setempat.

Bahkan, menurut Mehta, kehadiran perangkat ini diprediksi dapat membuat ceruk pasar tersendiri di masa depan.

Hal senada juga diungkapkan oleh Senior Director Product Management Miguel Nunes. Menurutnya, sudah sejak lama industri komputer tidak lagi berkembang.

"Transformasi terakhir mungkin terjadi saat (Microsoft) Surface hadir, tapi sebelumnya tidak ada perubahan mendasar di industri komputer," tuturnya menjelaskan.

3 dari 4 halaman

Penyebab Turunnya Pasar PC

Hal itu pula yang disebut Munes sebagai penyebab turunnya pasar PC.

Mengingat tidak ada hal baru yang ditawarkan, konsumen jadi bertanya-tanya buat apa memiliki perangkat baru.

Namun, Qualcomm percaya bahwa industri akan berubah. Karenanya, dibutuhkan sejumlah contoh kasus terlebih dulu, untuk membuat perangkat baru semacam Always Connected PC ini, yang dapat membuat industri bertransformasi.

"Semua orang masih butuh PC untuk produktivitas tidak ada yang berubah. Namun, kami menawarkannya sebagai PC yang selalu terhubung dengan internet, sehingga akan ada kategori perangkat baru," ujarnya.

4 dari 4 halaman

Kemampuan Snapdragon 8cx

Kendati demikian, tak sekadar menyematkan modem untuk mendukung koneksi internet, Snapdragon 8cx juga menawarkan hal baru bagi pengguna.

Salah satunya adalah perangkat dengan daya tahan baterai yang mumpuni dan absennya kebutuhan kipas.

"Kami merasa kehadiran perangkat ini akan membawa perubahan di kebiasaan pengguna, terutama dari sisi kebutuhan akan daya. Sebab, perangkat ini sudah menawarkan daya tahan baterai yang apik," ujarnya.

Meskipun terdengar optimistis, Nunes mengaku transformasi ini masih membutuhkan waktu.

Akan tetapi, dia percaya Qualcomm sudah berada di posisi terbaik dengan dukungan untuk Always Connected PC dan harapannya dapat mengambil pangsa pasar Intel.

(Dam/Jek)

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.