Telkomsel: Jaringan Sumatera Bagian Tengah Sudah Pulih, Utara Masih Recovery

Oleh Jeko I. R. pada 06 Des 2018, 19:13 WIB
Salah satu Base Transceiver Station (BTS) Telkomsel yang menjulang tinggi, dibangun untuk melayani kebutuhan seluler masyarakat di Pulau Alor, Nusa Tenggara Timur. (Liputan6.com/Corry Anestia)

Liputan6.com, Jakarta - Jaringan internet Telkomsel sempat lumpuh pada hari ini, Kamis (6/12/2018), di Sumatera Bagian Utara dan Tengah.

Walau demiikian, per pukul 19.00 WIB, Telkomsel mengungkapkan kalau jaringan di Sumatera Bagian Tengah sudah pulih.

Dengan demikian, pengguna operator yang identik dengan warna merah tersebut sudah bisa mengakses internet kembali.

Namun, Telkomsel mengatakan kalau jaringan di Sumatera Bagian Utara masih dalam tahap pemulihan (recovery) yang artinya belum sepenuhnya bisa digunakan.

"Saat ini gangguan layanan data di wilayah Sumatera Bagian Tengah telah pulih. Upaya recovery terus dilakukan untuk wilayah Sumatera Bagian Utara," ujar VP ICT Network Management Telkomsel Area Sumatera Awal R Chalik dalam keterangan resminya.

"Kami memohon maaf atas ketidaknyamanan yang dirasakan oleh pelanggan akibat dari terjadinya gangguan ini," tambahnya.

2 of 4

Penyebab Jaringan Lumpuh

Telkomsel Bangun 14 Ribu BTS Baru Sepanjang 2014
Foto: BTS Telkomsel

Telkomsel akhirnya menjelaskan secara rinci penyebab dari lumpuhnya jaringan internet di wilayah Sumatera Tengah dan Sumatera Utara.

Bukan karena fiber optik yang putus, VP ICT Network Management Telkomsel Area Sumatera Awal R Chalik mengungkap, hal itu disebabkan karena gangguan layanan data.

"Telah terjadi gangguan layanan data di wilayah Sumatera Tengah dan Sumatera Utara akibat gangguan di sistem perangkat layanan data, sedangkan layanan voice dan SMS tetap berfungsi dengan normal," papar Awal dalam keterangan resminya, Kamis (6/12/2018).

Ia mengklaim, saat ini tim Telkomsel tengah berupaya dengan maksimal untuk memulihkan gangguan ini dengan cara merecovery sistem data tersebut. Gangguan ini diharapkan akan berangsur pulih dalam waktu dua jam ke depan.

"Kami (Telkomsel) memohon maaf atas ketidaknyamanan yang dirasakan oleh pelanggan akibat dari terjadinya gangguan ini," ucap Awal menandaskan.

3 of 4

Upaya Telkomsel

Petugas teknisi Telkomsel sedang melakukan pengecekan perangkat BTS.
Petugas teknisi Telkomsel sedang melakukan pengecekan perangkat BTS.

Dalam keterangan tertulis yang diterima Tekno Liputan6.com, Kamis (6/12/2018), disebutkan gangguan layanan data terjadi di wilayah operasional Sumatera Bagian Utara (Sumbagut) dan Sumatera Bagian Tengah (Sumbagteng).

"Telkomsel memohon maaf atas ketidaknyamanan layanan internet yang dirasakan pelanggan," kata Manager Corporate Communication Telkomsel Area Sumatera Hadi Sucipto.

Lebih lanjut, Hadi juga menyebutkan, Telkomsel tengah berupaya maksimal agar layanan bisa berfungsi normal, sehingga pelanggan bisa menikmati layanan data Telkomsel.

"Secara berkesinambungan, Tim Telkomsel akan tetap berupaya dan memastikan agar layanan kepada pelanggan tetap terjaga," tuturnya.

4 of 4

Keluhan Warganet

Telkomsel
T-Perpus, platform aplikasi perpustakaan digital yang memudahkan masyarakat khususnya komunitas di sekolah dalam mengakses informasi, mendorong minat baca, meningkatkan kompetensi dan mutu dalam bidang pendidikan. (Foto: Telkomsel)

Atas kejadian ini banyak warganet yang meminta kepada Telkomsel untuk segera memperbaiki layananannya.

Pantauan Tekno Liputan6.com, Kamis (6/12/2018), sejumlah pengguna menyatakan gangguan ini berlangsung sejak siang tadi.

(Jek/Isk)

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

Lanjutkan Membaca ↓