Sukses

Nokia 8.1 Resmi Diumumkan, Harganya?

Walau mengusung embel-embel "8.1", perangkat baru ini ternyata merupakan penerus seri Nokia 7 Plus.

Liputan6.com, Jakarta - Sesuai janji, HMD Global resmi memperkenalkan smartphone terbarunya, Nokia 8.1, di Dubai.

Bukan sebagai seri penerus dan lebih unggul daripada Nokia 8 atau Nokia 8 Sirocco, Nokia 8.1 ternyata masuk ke dalam segmen kelas menengah.

Walau mengusung embel-embel "8.1", perangkat baru ini ternyata merupakan penerus seri Nokia 7 Plus.

Tak lagi mengunsung prosesor Qualcomm Snapdragon 660, Nokia 8.1 hadir dengan menggunakan Snapdragon 710 berkecepatan hingga 2.2GHz. Demikian yang dilansir Android Central, Kamis (6/12/2018).

Perusahaan mengklaim, GPU Andreno 616 yang terpasang di smartphone mampu meningkatkan performa smartphone lebih baik ketimbang Nokia 7 Plus.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

Spesifikasi Nokia 8.1

Varian warna Nokia 8.1. (Doc: HMD Global)

Sebagai informasi, Nokia 8.1 adalah smartphone kedua dari HMD Global--sebelumnya Nokia 7.1--yang menggunakan teknologi PureDisplay. Dengan bentang layar 6.18 inci FHD+, pengguna dapat menikmati konten HDR10 langsung di smartphone.

Untuk mendongkrak perfoma, HMD Global menyematkan RAM 4GB, memori internal sebesar 64GB--dukung microSD hingga 400GB--dan kemampuan baterai fast charging 3500mAh.

Nokia 8.1 juga sudah mendukung konektivitas WiFi ac, Bluetooth 5.0, FM radio, VoWiFi, dan VoLTE.

 

3 dari 5 halaman

Kamera Nokia 8.1

Smartphone diduga merupakan Nokia 8.1 (Foto: Phone Arena)

Dalam hal kategori kamera, Nokia 8.1 hadir dengan dual kamera (IMX363) berkemampuan 12MP f/1.8 dan 13MP milik Carl Zeiss.

Perusahaan juga menawarkan teknologi OIS, yang berfungsi menstabilkan lensa kamera ketika ada gerakkan saat mengambil foto.

Untuk kamera depan, Nokia 7.1 disematkan kamera 20MP berkemampuan untuk mengambil gambar dengan baik meskipun dalam kondisi cahaya minim.

HMD Global juga tetap mempertahankan fitur Bothie-nya, yang memungkinkan pengguna mengambil foto dari kedua kamera--belakang dan depan--secara bersamaan.

 

4 dari 5 halaman

Pakai Andoird 9 Oreo

HMD Global resmi merilis Nokia 7.1. (Doc: Nokia)

Karena sudah memiliki sertifikasi Android One, Nokia 8.1 dipastikan bakal menggunakan OS terbaru milik Google, yakni Android 9 Oreo.

Dengan begini, dapat dipastikan hingga dua tahun mendatang Nokia 8.1 bakal mendapatkan update OS terkini milik Google.

 

5 dari 5 halaman

Harga Nokia 8.1

Penampakan Nokia 7.1. (Doc: Nokia)

Masuk ke dalam segmen smartphone kelas menengah, perangkat yang hadir dengan tiga varian warna--Blue/Silver, Steel/Copper dan Iron/Steel--akan dijual seharga Rp 6,5 jutaan.

Sayang, perusahaan masih belum mengungkap kapan Nokia 8.1 ini mulai dijual di Indonesia. Saat ini, HMD Global akan dirilis lebih dulu untuk pasar India.

(Ysl/Isk)

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini :

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.