Sukses

Bekraf dan Mandiri Capital Bantu Perkuat Ekosistem Startup Lewat Program GSI

Platform GoStartupIndonesia (GSI) yang dihadirkan oleh Badan Ekonomi Kreatif (Bekraf) bersama Mandiri Capital Indonesia, menggelar konferensi GSI Scale Con.

Liputan6.com, Jakarta - Platform GoStartupIndonesia (GSI) yang dihadirkan oleh Badan Ekonomi Kreatif (Bekraf) bersama Mandiri Capital Indonesia, menggelar konferensi GSI Scale Con pada hari ini, Senin (3/11/2018).

Konferensi bertema Pembinaan Startup Tahap Lanjutan ini merupakan salah satu kegiatan di bawah GSI untuk membantu membangun eksosistem startup menjadi lebih baik melalui berbagai kegiatan.

Konferensi ini terdiri dari berbagai acara, yakni final pitching competition, talkshow, dan monitoring. Konferensi yang baru pertama kali digelar ini diklaim dihadiri oleh lebih dari dua ribu peserta dari kalangan penggiat teknologi, startup, korporasi, investor, media, pengusaha, akademisi, dan komunitas.

Deputi Akses Permodalan Bekraf, Fadjar Hutomo, mengatakan program GSI diharapkan bisa membuat ekosistem startup di Indonesia semakin baik. GSI, katanya, bertujuan menyinergikan berbagai pihak yang terlibat dalam ekosistem startup

Ia pun menyebut konferensi tahunan GSI sebagai ajang penting untuk para startup. “Konferensi tahunan ini merupakan ajang penting sekaligus bermanfaat, yang mempertemukan setiap pihak yang terlibat seperti pemerintah, ahli di bidang teknologi, penggiat startup hingga para investor, dan mendorong semakin banyak startup untuk IPO (Initial Public Offering),” ujar Fadjar dalam acara konferensi pers GSI Scale Con 2018 di Jakarta, Senin (3/11/2018).

Direktur Finansial Mandiri Capital Hira Laksamana, menilai GSI Scale Con selaras dengan tujuan Mandiri untuk terus berupaya mengoptimalkan potensi semangat kewirausahaan dan startup di Indonesia. Mandiri Capital merupakan perusahaan modal ventura bentukan Bank Mandiri.

“Bukan hanya Mandiri as a group, kami juga ingin membangum ekosistem yang lebih luas. Semakin banyak startup, terutama yang dapat menumbuhkan finansial Indonesia, maka kami sangat mendukung program tersebut,” tuturnya.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Rangkaian Acara GSI Scale Con 2018

Bekraf dan Mandiri Capital Bantu Perkuat Ekosistem Startup Lewat Program GSI. Liputan6.com/ Andina Librianty

Adapun beberapa acara dalam konferensi ini adalah GSI Alley dan pameran startup yang dimeriahkan oleh lebih dari 16 startup.

Seluruh startup tersebut merupakan finalis dari kota-kota roadshow GSI Startup Championship, yakni Surabaya, Yogyakarta, Medan, Denpasar, Jakarta, Bandung, dan Batam.

Pemilihan 16 startup ini berdasarkan berbagai pertimbangan, termasuk rekomendasi dari coworking space dan inkubator, serta dilihat dari dampak sosial yang bisa diberikan.

“Kami sangat memperhatikan rekomendasi mereka, karena kami juga ingin memberdayakan peran mereka juga. Selain itu, kami juga mempertimbangkan soal social impact dari startup-startup tersebut,” ungkap Fadjar.

Lebih lanjut, acara lain dalam GSI Scale Con ini adalah Scale Hours dan Studios, yakni sesi yang memfasilitasi peserta konferensi untuk lebih dekat dengan para ahli berpengalaman di industri startup. Sesi diskusi di Scale Studios akan dibatasi dalam kelompok kecil agar diskusi dan interaksi dapat lebih fokus.

Kemudian ada sesi Speed Dating, yang akan mempertemukan pra startup dengan puluhan investor terkemuka dari berbagai negara. Kemudian ada GSI Startup Championship Grand Finale yang merupakan sesi puncak konferensi.

Sesi final tersebut merupakan arena pitch battle yang menghadirkan startup terbaik untuk melakukan pitching di hadapan peserta dan menjawab pertanyaan dari dewan juri.

Finalis memiliki kesempatan mendapatkan paket pelatihan startup di Amerika Serikat (AS) dan Jerman, eksposur dari investor, media, serta hadiah jutaan rupiah.

(Din/Ysl)

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini :

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.