Sukses

5 Fitur Rahasia Gmail yang Fungsional

Berikut 5 fitur rahasia di Gmail yang sangat fungsional.

Liputan6.com, Jakarta - Mungkin kamu adalah salah satu dari jutaan orang di dunia yang menggunakan layanan email milik Google bernama Gmail.

Ya, Gmail adalah salah satu layanan email yang paling banyak digunakan di dunia. Maka tak heran bila banyak pengguna yang merasa 'ahli' dengan layanan Gmail ini.

Namun nyatanya, Gmail memiliki berbagai fitur yang tidak banyak diketahui oleh pengguna setia sekali pun.

Apa saja fitur rahasia tersebut? Merangkum dari berbagai sumber, Tekno Liputan6.com sajikan 5 fitur rahasia di Gmail yang sangat fungsional.

1. Cara Urutkan Email

Lihat angka yang memperilhatkan jumlah inbox di dekat menu Settings? Ternyata, saat diklik, kamu bisa mengurutkan email dari yang paling lama hingga ke yang terbaru atau sebaliknya.

Cara Tampilkan Email Terlama Pertama. (Liputan6.com/ Yuslianson)

2. Prioritaskan Inbox Kamu

Di Gmail, kamu dapat melihat email yang masuk berdasarkan paling penting, belum dibaca, yang dibintangi, dan dibagi-bagi berdasarkan ketiga hal sebelumnya.

Prioritaskan Inbox. (Liputan6.com/ Yuslianson)

Bagaimana caranya? Cukup mudah, yang kamu perlu lakukan adalah geser kursor mouse ke kanan inbox di Gmail untuk memperlihatkan sebuah panah kecil.

Klik panah tersebut untuk memunculkan opsi tipe inbox, seperti Default, Important First, Unread First, dan Priority Inbox.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

3. Bikin Grup dari Kontak

Jika kamu sering kirim email ke banyak orang dalam waktu bersamaan, ada cara yang lebih mudah ketimbang harus mengetikkan seluruh alamat email penerima satu persatu.

Bikin Grup dari Kontak. (Liputan6.com/ Yuslianson)

Salah satu cara tersebut adalah dengan membuat grup. Yang perlu kamu lakukan cukup buat email seperti biasa, lalu klik kata "To" di awal kolom dan akan muncul jendela panel "Select Contacts".

Pilih siapa-siapa saja yang ingin kamu masukkan ke dalam grup, lalu klik "Save as group", dan jangan lupa untuk memberi nama grup tersebut.

4. Tampilkan Hanya Email yang Belum Dibaca.

Ini merupakan salah satu cara yang sering dilupakan oleh banyak pengguna Gmail. Kamu dapat mencari email yang belum dibaca dengan mengetikkan "is: unread" di kolom pencarian. Cukup mudah bukan?

Tampilkan Unread email. (Liputan6.com/ Yuslianson)

3 dari 3 halaman

5. Cari Email Lawas

Seperti di atas, banyak pengguna email yang masih tidak mengetahui bagaimana caranya mencari email dengan tanggal, bulan, dan tahun yang spesifik. Google menghadirkan fitur tersebut dengan menggunakan tag "after:" dan "before:" di kolom pencarian.

Cari Email Lawas. (Liputan6.com/ Yuslianson)

Ambil contoh bilamana kamu ingin mencari email sebelum atau sesudah 2015. Kamu bisa ketikkan "before:2015" di kolom pencarian, dan email sebelum tahun tersebut akan ditampilkan.

Selain cara di atas, kamu juga bisa menggunakan cara "older_than:" dan "newer_than:" untuk mencari email tertentu. Jika kamu memasukkan "older_than:2y" Gmail akan menampilkan email yang usianya lebih dari 2 tahun lalu.

Kamu bisa gunakan "m" untuk bulan, "d" untuk hari.

Selamat mencoba ya.

(Isk/Ysl)

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.