Sukses

AWS Pimpin Pangsa Pasar di Bisnis Cloud

AWS memimpin pangsa pasar bisnis cloud atau komputasi awan hingga 51,8 persen.

Liputan6.com, Las Vegas - Manajemen Amazon Web Services (AWS) menyatakan pangsa pasar yang signifikan turut mendongkrak pendapatannya hingga kuartal III 2018.

AWS memimpin pangsa pasar bisnis cloud atau komputasi awan hingga 51,8 persen. Angka ini jauh dari perusahaan lainnya antara lain Microsoft sebesar 13,30 persen, Alibaba sekitar 4,6 persen, dan Google sekitar 3,3 persen.

"Begitu banyak peningkatan signifikan untuk pangsa pasar sehingga mencetak pendapatan absolut," ujar CEO AWS, Andy Jassy dalam keynote speech re:Invent 2018, di Las Vegas, Amerika Serikat (AS).

AWS merupakan salah satu anak usaha Amazon.com yang berkontribusi cukup besar terhadap kinerja keuangan Amazon.

Pendapatan AWS tumbuh 46 persen menjadi US$ 6,68 miliar pada kuartal III 2018. Kontribusi AWS mencapai 12 persen terhadap pendapatan Amazon.com. Mengutip laman CNBC, AWS melaporkan laba operasional hingga US$ 2,1 miliar pada kuartal III 2018.

AWS pun menikmati pertumbuhan 31 persen dari marjin operasi pada kuartal III 2018. Pertumbuhan itu tertinggi lebih dari empat tahun. AWS melirik pasar Asia Pasifik untuk mengembangkan bisnisnya. Andy menuturkan, pertumbuhan bisnis di Asia Pasifik sangat cepat. "

Begitu luas dan cepat pertumbuhan bisnis di Asia Pasifik. Bisnis ini tumbuh di Tiongkok, India, Asia Tenggara, Singapura dan Australia," ujar Andy dalam konferensi pers.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Kebutuhan Pelanggan

AWS fokus untuk memberikan apa yang dibutuhkan oleh pelanggannya di tengah gencarnya perusahaan teknologi lain untuk berkembang di Asia Pasifik.

"Amazon sangat terobsesi dengan pelanggan. Memikirkan apa yang pelanggan butuhkan dan membuat mereka bahagia, " ujar Head of Business Development APAC AWS, Conor McNamara.

Untuk mengembangkan bisnis di Asia Pasifik, Conor menyatakan, pihaknya memberikan pelatihan dan edukasi kepada perusahaan, perusahaan rintisan sehingga ekosistemnya pun menjadi terbentuk.

Selain itu, menurut Conor untuk mendorong perusahaan rintisan di Asia Pasifik agar dapat bersaing di pasar global dengan memberikan akses sama untuk mendapatkan teknologi sehingga dapat menciptakan inovasi.

Untuk mengembangkan bisnisnya dan mengedukasi mengenai cloud atau komputasi awan, AWS juga menyediakan pelatihan dan pengembangan kepada pelanggan dan mahasiswa soal cloud di Indonesia.

"Saya pikir dengan memberikan pelatihan dan pengembangan kepada pelanggan di Indonesia dan siswa. Selain itu berhubungan dengan tim lokal sangat menarik," tutur dia.

3 dari 3 halaman

AWS Kembali Gelar re:Invent 2018 di Las Vegas

Seperti diwartakan sebelumnya, AWS kembali menggelar acara tahunan untuk komunitas cloud computing dunia, AWS re:Invent 2018 di Las Vegas, Amerika Serikat (AS).

Pada konferensi tersebut, sejumlah manajemen AWS termasuk CEO AWS, Andy Jassy dan CTO Amazon.com, Werner Vogels dipastikan bakal memberikan insight dan keynotes menarik.

Konferensi ini memiliki acara lainnya, seperti AWS certification lounge, AWS certification Exams, hands-on labs, spotlight labs, worldwide public sector breakfast, dan masih banyak lagi.

Acara digelar dari 26 November hingga 30 November 2018 ini diprediksi dihadiri sekitar 51 ribu peserta.

Jumlah tersebut lebih besar dari gelaran 2017 yang dihadiri sekitar 43 ribu peserta.

Selain itu, AWS juga bakal mengumumkan layanan terbarunya, yaitu AWS RoboMaker. Ini merupakan layanan baru untuk mempermudah developer dalam mengembangkan, menguji, dan menerapkan soal fungsi robotics menggunakan jasa cloud.

(Agustina Melani/Jek)

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.