Sukses

AWS Luncurkan Produk Baru di re:Invent 2018, Apa Saja?

Dapat mengurangi biaya pemakaian hingga 75 persen, Amazon Elastic Inference menjadi produk andalan AWS pada ajang re:Invent 2018.

Liputan6.com, Las Vegas - Amazon Web Services (AWS) mengumumkan sejumlah produk terbarunya terkait machine learning, Internet of Things (IoT), dan lainnya pada Rabu (28/11/2018) waktu setempat.

Salah satu produk yang jadi perhatian yaitu Amazon Elastic Inference, chip untuk proyek machine learning yang diluncurkan pada 2019. Produk ini diklaim dapat mengurangi biaya pemakaian hingga 75 persen.

"Amazon Elastic Inference akan murah untuk diproduksi dan cepat. Performanya tinggi dan sangat efektif," ujar Chief Executive Officer (CEO) Andy Jassy di dalam keynote-nya di AWS re:Invent 2018, Las Vegas, Amerika Serikat (AS).

Selain itu, AWS juga mengembangkan produk layanan blockchain. Anak usaha Amazon.com ini menawarkan dua blockchain, yakni Amazon Quantum Ledger Database dan Amazon Managed Blockchain. Produk ini untuk developer yang menggunakan jasa cloud computing.

"Kami baru melirik blockchain. Secara umum AWS tidak membangun untuk optics. Kami habiskan sumber untuk sesuatu yang mereka mengerti masalahnya, dan berupaya untuk menemui jalan menyelesaikannya," tutur dia.

Jassy menambahkan, kalau pihaknya merespons permintaan pelanggan yang sudah ada untuk luncurkan produk tersebut. Permintaan itu dari institusi keuangan, bisnis kecil, pemberi pinjaman properti dan ritel.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Produk AWS Lainnya

AWS Ground Station. Liputan6.com/ Agustina Melani

Produk lainnya yang tak kalah menarik yaitu Amazon Textract. Adapun Amazon textract ini menggunakan machine learning, yang penggunaannya untuk mengurangi proses memasukkan data. "Jadi ini membuat file lebih terorganisir, dan tidak akan banyak form," ujar Jassy.

Ada juga produk untuk prediksi sesuatu hal secara mudah dengan machine learning. Salah satunya lewat Amazon Forecast.

Dalam blog Amazon disebutkan tujuan dari ramalan itu untuk prediksi nilai masa depan dari data yang bergantung pada waktu, seperti penjualan mingguan, tingkat persediaan harian dan lalu lintas web per jam.

Tak hanya itu, pada acara re:Invent 2018 ini, AWS mengumumkan produk lainnya antara lainnya S3 Glacier Deep Archive, Amazon FSx for windows file server, Amazon FSx for Lutre, Amazon DynamoDB on-demand, Amazon SageMaker Ground Truth.

Selain itu, Amazon SageMaker RL, Amazon DeepRacer, Amazon Personalize, Kemudian perseroan juga mengumumkan produk antara lain VMWare Cloud, AWS Outpost, AWS Control Tower, Amazon Aurora, AWS Security Hub, AWS Lake Information, Amazon Timestream.

(Agustina Melani/Ysl)

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini :

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.