Mi A2 Lite dan Nokia 7.1 Mulai Terima Pembaruan Android Pie

Oleh Agustin Setyo Wardani pada 29 Nov 2018, 09:30 WIB
Diperbarui 29 Nov 2018, 10:15 WIB
Android Pie

Liputan6.com, Jakarta - Update Android Pie mulai menjalar ke berbagai smartphone. Selain flagship smartphone, kini dua smartphone kelas menengah yakni Nokia 7.1 dan Xiaomi Mi A2 Lite, mulai menerima pembaruan Android Pie.

HMD Global mengumumkan kalau perangkatnya, Nokia 7.1 mulai kebagian Android Pie. Sementara, Xiaomi memilih untuk tidak mengumumkan hal ini, pasalnya update Android Pie belum bergulir untuk semua pengguna.

Sebagaimana dikutip Tekno Liputan6.com dari Gizmochina, Kamis (29/11/2018), kapasitas update Android Pie untuk Nokia 7.1 sebesar 1,3GB.

Ada sejumlah pembaruan yang ditambahkan, yakni sistem navigasi yang baru, tingkat kecerahan adaptif, baterai adaptif, dan patch keamanan untuk bulan November ini.

Sementara itu, kapasitas update Android Pie untuk Mi A2 Lite adalah 1002MB dengan pembaruan fitur serupa dengan yang ada pada Nokia 7.11, ditambah dengan FM Radio.

XDA Developer selaku media pertama yang melaporkan bahwa Mi A2 Lite mendapatkan pembaruan Android Pie tahu dari pengguna pertama yang kebagian update ini tinggal di Polandia.

Sekadar diketahui, baik Nokia 7.1 maupun Xiaomi Mi A2 Lite merupakan smartphone Android One dan keduanya menjalankan versi Android murni alias Android stock.

Meski begitu, Nokia 7.1 merupakan smartphone yang lebih mahal ketimbang Xiaomi Mi A2 Lite. Nokia 7.1 dijual dua kali lipat ketimbang harga Mi A2 Lite.

2 of 3

Smartphone Xiaomi yang Kebagian Android Pie

Android
Android Pie. (Foto: Google)

Terlepas dari update di atas, Xiaomi belum lama ini merilis jadwal peluncuran pembaruan Android Pie dan Android Oreo untuk kuartal keempat 2018.

Informasi ini diketahui dari daftar perusahaan yang muncul di internet beberapa waktu lalu. 

Smartphone yang masuk dalam daftar ini disebut akan mendapatkan setidaknya versi beta terlebih dulu dan mendapatkan versi utuhnya pada akhir 2018.

Dikutip dari GSM Arena, kebanyakan smartphone dalam daftar ini merupakan perangkat yang sudah menjalankan Android Oreo. Sementara masih sedikit model yang menjalankan Android Pie.

Model smartphone Xiaomi yang sudah mendapatkan pembaruan ke Android Pie berdasarkan daftar ini adalah Mi Mix 2S, Mi 8, dan Mi 8 Explorer. Sementara Mi 8 SE, Mi 8 Pro, dan Mi Max 3 akan memperolehnya akhir kuartal ini.

3 of 3

Penundaan Adopsi Android Oreo

Android P
Android Pie. Liputan6.com/ Yuslianson

Informasi lain dari daftar ini adalah penundaan adopsi Oreo untuk Mi 5s Plus karena ada masalah yang belum selesai.

Model lain seperti Redmi 5, Redmi 5A, Redmi 5 Plus, dan Mi 5X akan mendapatkan Oreo pada kuartal keempat 2018.

Xiaomi juga menyebut perangkat yang sudah mendapatkan dua kali pembaruan besar-besar akan absen merasakan Androd Pie. Sejumlah smartphone dengan model lawas juga dipastikan tidak mendapat pembaruan.

Sayangnya, Xiaomi tidak mengungkapkan model smartphone mana saja yang tidak akan mendapatkan pembaruan Android Pie.

Karenanya, menarik untuk menunggu pengumuman lebih lanjut dari perusahaan asal Tiongkok tersebut.

(Tin/Jek)

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

Lanjutkan Membaca ↓