SEA Games 2019 Resmi Pertandingkan Cabang Olahraga Esports

Oleh Yuslianson pada 27 Nov 2018, 13:30 WIB
Diperbarui 29 Nov 2018, 00:13 WIB
Ilustrasi eSports

Liputan6.com, Jakarta - Sukses di Asian Games 2018, esports dipastikan bakal menjadi salah satu cabor (cabang olahraga) yang dipertandingkan pada SEA Games 2019 di Filipina.

Dalam laporan terkini, esports masuk ke dalam Kategori 3 dari daftar acara olahraga untuk SEA Games yang diusulkan oleh Komite Penyelenggara SEA Games Filipina atau PHISGOC.

Esport bergabung dengan cabang olahraga lainnya, seperti arnis, floorball, jiu-jitsu, kickboxing, kurash, lawn bowling/petanque, netball, obstacle course, sambo/vovinam, underwater hockey, wakeboarding.

Seperti kabar sebelumnya, SEA Games tahun depan bakal mempertandingkan enam judul gim.

"Info terakhir akan ada 6 judul gim, yang terdiri dari PC, mobile, dan konsol," ungkap Ketua IeSPA, Eddy Lim, kepada Tekno Liputan6.com saat dihubungi, Selasa (27/11/2018).

"Saya akan diinformasikan title-nya minggu ini. Setelah sudah ada, baru kita akan decide bagaimana persiapannya."

Informasi, esports sendiri sempat dipertandingkan di ajang Asian Games 2018 di Jakarta-Palembang baru-baru ini. Namun karena masuk dalam cabor eksibisi, medali di masing-masing kategori gim tidak masuk ke dalam perolehan medali utama.

 

2 of 2

Tim Esports yang Juara Mendapatkan Medali

Eksibisi eSports Asian Games 2018. Liputan6.com/Yuslianson

Resmi dipertandingkan sebagai cabor SEA Games 2019, pria yang akrab dipanggil koh Eddy ini mengonfirmasi tim esports yang menang di masing-masing kategori bakal mendapatkan medali. "Iya, tim esports yang menang akan mendapat medali."

"Kita tidak akan mengadakan proses qualifier dan tim pemenang mewakili Indonesia, tetapi kita akan tunjuk pemain-pemain terbaik agar bergabung bergabung dalam pelatnas," katanya.

Lalu kapan proses pelatnas tim esports Indonesia dimulai? "Begitu Komite SEA Games mengumumkannya pada 7 Desember 2018, kita akan mengumumkan pelatnas esports juga," tandasnya.

(Ysl/Isk)

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini :

Lanjutkan Membaca ↓