Sukses

Perbedaan iPhone 5 dan 5s, Dari Segi Fisik Sampai Spesifikasi

Serupa tapi tak sama, mungkin kata inilah yang memang pantas disandangkan untuk kedua seri iPhone 5 ini.

Liputan6.com, Jakarta iPhone merupakan salah satu smartphone yang banyak diminati oleh masyarakat. Sejak peluncurannya pada tahun 2007 silam, Apple telah menghadirkan 11 generasi baru dari iPhone dengan sederet inovasi yang menggebrak pasar ponsel dunia. Inovasi itu berupa desain, fitur, hingga ukuran layar. Berbagai inovasi inilah yang akhirnya membuat iPhone jadi trendsetter di industri smartphone. Menariknya ponsel keluaran Apple ini selalu laku keras di pasaran. Tak cuma produk keluaran terbarunya yang menjadi incaran, iPhone lawas pun masih diburu oleh masyarakat.

Beberapa produk iPhone yang masih kerap diburu para penggemar dan pecinta iPhone adalah iPhone 5 dan iPhone 5S. iPhone 5 dan iPhone 5s punya bentuk yang sangat mirip jika dilihat secara sepintas. Serupa tapi tak sama, mungkin kata inilah yang memang pantas disandangkan untuk kedua seri iPhone 5 ini. Jika dilihat sekilas dari bagian depan, iPhone series ini hampir memiliki bentuk yang sama. Namun sebenarnya ada perbedaan iphone 5 dan 5s jika dicek dengan teliti.

Bahkan beberapa perbedaan iphone 5 dan 5s mudah terlihat kok. Perbedaan iphone 5 dan 5s ini sangat penting untuk diketahui jika Anda ingin memiliki perangkat tersebut. Mekipun secara fisik mirip, spesifikasi hardware yang ada di dalam kedua ponsel tersebut berbeda cukup jauh. Walaupun kedua ponsel ini hadir sebagai 'saudara', tetapi tetap ada perbedaan iphone 5 dan 5s yang membuat masing-masing jenis memiliki keistimewaan dan cirinya sendiri. Nah, berikut ini Liputan6 rangkum dari berbagai sumber perbedaan iphone 5 dan 5s dari segi fisik sampai spesifikasinya

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 6 halaman

Desain

Mengetahui perbedaan iphone 5 dan 5s bisa dilihat dari bentuk tampilan fisiknya. Perbedaan iPhone 5 dan 5s yang pertama dapat dilihat dari bentuk flashnya. Masing-masing iPhone ini mempunyai flash, bedanya panel flash iPhone 5s lebih lonjong. Perbedaan iphone 5 dan 5s berikutnya adalah pada tombol home. Pada iPhone 5 tombol home memiliki gambar atau simbol kotak di tengahnya dan pinggirannya tidak ada lapisan, sedangkan pada iPhone 5S tidak ada gambar kotak namun ada lapisan seperti cincin pada pinggirannya yang melingkari tombol home.

Meskipun perbedaan ini tidak begitu mencolok, tetapi hal ini cukup membedakan. Hal ini dapat memudahkan Anda mengenali perbedaan iphone 5 dan 5s. Perbedaan iphone 5 dan 5s lainnya bisa dilihat dari varian warnanya. Untuk iPhone 5 hanya terdiri dari 2 warna yaitu Black dan White. Sedangkan iPhone 5s menggunakan warna Space Gray, Silver, Gold.

Anda juga bisa membedakan kedua smartphone ini dengan melihat bodi bagian belakangnya. Perbedaan iphone 5 dan 5s bisa dilihat dengan jelas dengan melihat Model Number yang tertera di bodi bagian belakang tiap ponsel. Model Number yang dibuat oleh Apple untuk setiap jenis iPhone 5 adalah A1428, A1429, A1442. Sementara Model Number iPhone 5s: A1453, A1457, A1518, A1528, A1530, A1533. Model number tersebut bisa dilihat jika ponsel tersebut back covernya belum pernah diganti.

3 dari 6 halaman

Prosesor

Perbedaan iPhone 5 dan 5s yang mencolok selanjutnya ada pada prosesornya. IPhone 5 menggunakan chip Apple A6 sedangkan iPhone 5S menggunakan Apple A7. Di mana Apple A7 memiliki fitur yang bisa membuat kinerjanya jauh lebih cepat dari Apple A6. Apple A7 sudah memiiki dukungan 64-bit, sedangkan A6 hanya memiliki dukungan 32-bit saja.

Bukan cuma itu, A7 juga dilengkapi dengan co-prosesor M7 yang berfungsi secara khusus untuk menangani beragam fungsi sensor di iPhone. Jadi, tugas prosesor A7 dan co-prosesor M7 akan saling berbagi dan mendukung satu sama lainnya. Dengan prosesor ini IPhone 5S jelas jauh lebih cepat dari iPhone 5. Perbedaan iPhone 5 dan 5s selanjutnya terletak pada sisi RAM.

Kedua ponsel ini memang sama-sama memiliki kapasitas RAM 1 gb, namun iphone 5s memiliki kenerja jauh lebih cepat dibanding iphone 5. Hal ini karena RAM pada iphone 5s sudah DDR3 sedangkan pada iphone 5 hanya DDR2 . Kemudian untuk performa iPhone 5S, perbandingan benchmarking lebih komprehensif dan terasa lebih cepat dari pada iPhone 5. Memang setiap ponsel keluaran terbaru biasanya memiliki kinerja yang lebih baik, iPhone 5S dapat membuka aplikasi dan halaman web jauh lebih cepat.

4 dari 6 halaman

Kamera

Kedua smartphone keluaran Apple ini sama-sama memiliki kamera beresolusi 8MP. Perbedaan iPhone 5 dan 5s adalah, iPhone 5s mampu mengambil gambar lebih tepat sasaran dan fokus. Hal ini karena kamera iPhone 5s dilengkapi teknologi True Tone LED flash. Selain itu perbedaan iPhone 5 dan 5s terletak pada pada aperture kamera belakang. Dimana pada iPhone 5 mempunyai aperture f/2. 4, 33mm, sedangkan pada iPhone 5s datang dengan aperture f/2. 2, 29mm. Perbedaan iPhone 5 dan 5s pada sektor fotografi selanjutnya ada pada fitur Slo-Mo atau video slow motion. Fitur ini hanya tersedia di iPhone 5s dengan resolusi 720p (120fps).

5 dari 6 halaman

Fitur pendukung

Cara mengetahui perbedaan iPhone 5 dan 5s yang paling gampang terletak pada teknologi Touch ID. iPhone 5s dapat memindai sidik jari dalam hitungan kurang dari 5 detik. Touch ID adalah fitur yang memanfaatkan sensor sidik jari sebagai identitas pemiliknya. Kamu bisa menggunakan sidik jari kamu untuk beragam keperluan seperti membuka iPhone, otentifikasi pembelian App Store dan iTunes, dan lain sebagainya.

6 dari 6 halaman

Baterai

Perbedaan iphone 5 dan 5s selanjutnya adalah dari daya tahan baterai. Meski sama-sama hadir dengan baterai bertipe Non-removable, namun daya iphone 5s lebih unggul dibanding iphone 5. iPhone 5s dibekali baterai berdaya lebih besar yakni 1560 mAh . Sementara kapasitas daya iPhone 5 hanya 1440 mAh.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.