Sukses

Smartphone Samsung Galaxy Bakal Punya Notch ala iPhone X?

Menurut laporan baru, Samsung akan menghadirkan notch pada seri Galaxy.

Liputan6.com, Jakarta - Samsung merupakan salah satu vendor yang enggan menggunakan desain notch. Namun menurut laporan baru, perusahaan akan menghadirkan notch pada seri Galaxy.

Dilansir Softpedia, Jumat (23/11/2018), [Samsung]( 3697249 "") diperkirakan akan menghadirkan notch pada smartphone Galaxy M, yang disebut sebagai percampuran seri Galaxy J, On, dan C.

Berdasarkan data benchmark di Geekbench yang beredar, Samsung SM-M205F disokong prosesor Exynos 7885, RAM 3GB, dan Android 8.1 Oreo.

Kemudian, model yang sama juga muncul di AnTuTu dengan keterangan resolusi layar 2.340 x 1.080 piksel. Kemiripan resolusi layar dengan Honor Play atau Oppo R17 pun dinilai kian menguatkan kehadiran notch pada smartphone Samsung tersebut. Kedua smartphone tersebut memiliki notch.

Jika laporan ini benar, maka kehadiran notch pada Galaxy M akan membuka peluang bagi Samsung untuk menerapkan desain "poni" tersebut ke sejumlah perangkat lainnya. Namun, kemungkinan besar tidak akan dimiliki seri flagship Galaxy S.

Adapun seri Galaxy S terbaru, S10, diprediksi akan memiliki layar dengan bezel sangat tipis dan sensor sidik jari di dalam layar. Smartphone ini dijadwalkan rilis pada kuartal I 2019.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Banyak Smartphone Samsung Baru Bakal Punya Fingerprint di Dalam Layar?

Lebih lanjut, Samsung dilaporkan tidak hanya akan menyertakan fitur pemindai sidik jari (fingerprint) di dalam layar untuk seri flagship Galaxy S pada tahun depan. Fitur baru itu disebut juga akan ada pada smartphone segmen menengah.

Samsung telah memesan sensor fingerprint ultrasonik dari Qualcomm. Pengiriman pertama dilaporkan akan mendarat pada akhir 2018 atau awal 2019, sehingga Samsung bisa mengimplementasikannya untuk Galaxy S10 dan smartphone kelas menengah terbaru.

Rencana Samsung ini cukup menarik. Pasalnya, pemindai sidik jari di dalam layar saat ini masih terbatas untuk perangkat premium.

Persoalan lainnya, kemampuan sensor optik yang ada sekarang masih sedikit lambat dan kurang akurat. Solusi sensor ultrasonik dari Samsung diprediksi memiliki kemampuan yang lebih canggih.

Sejauh ini, pihak Samsung belum memberikan konfirmasi tentang kehadiran sensor sidik jari di dalam layar.

Namun, mengingat pengiriman perdana akan dilakukan pada awal 2019, kemungkinan smartphone segmen menengah dengan sensor sidik jari di dalam layar akan diumumkan bersama Galaxy S10 di Mobile World Congress (MWC) pada Februari 2019.

(Din/Isk)

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.