Sukses

Terapkan AI, Line Hadirkan Fitur Ubah Gambar ke Teks

Line menerapkan AI pada berbagai fiturnya, mulai dari video call, personalisasi ragam berita di Line Today, dan speaker pintar Clova AI.

Liputan6.com, Tokyo - Gelaran Line Developer Day 2018 jadi ajang Line memamerkan teknologi-teknologi di balik layanannya. Salah satu fokus Line adalah teknologi kecerdasan (artificial intelligence, AI).

Teknologi AI memang menjadi tren tersediri di dunia teknologi, bagaimana tidak, kini semua perusahaan teknologi gembar-gembor dengan AI mereka. Jika di smartphone AI diterapkan pada kamera atau asisten pintar, lain lagi dengan aplikasi chatting Line.

Perusahaan Jepang ini menerapkan AI pada berbagai fiturnya, mulai dari video call yang disertai dengan filter-filter wajah lucu, personalisasi ragam berita di Line Today, dan speaker pintar Clova AI.

Meski begitu, Chief Technology Officer Line, Park Ibin mengatakan, Line terus mengembangkan teknologi AI mereka.

"Kami juga membuka API AI kami untuk pengembang-pengembang, selain itu kami juga mengembangkan teknologi AI, dengan demikian nantinya lebih banyak fitur berbasis AI yang meningkatkan pengalaman pengguna," tutur Park dalam sesi Next Line New World Created by Line di Line Developer Day 2018 yang berlangsung di Tokyo, Jepang, Rabu (21/11/2018) waktu setempat.

Melanjutkan Park Ibin, Senior Executive Officer Head of Service Development Line, Tomohiro Ikebe, menyebut dalam waktu dekat Line akan meluncurkan fitur OCR (optical character recognition).

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

OCR Jadi Teknologi Andalan

Dalam waktu dekat Line akan meluncurkan fitur OCR (optical character recognition). Liputan6.com/ Agustin Setyo Wardani

Ikebe mengatakan, OCR adalah fitur yang memungkinkan pemindaian foto atau gambar berisi teks kemudian diterjemahkan menjadi teks atau huruf-huruf. Dengan begitu, teks nantinya bisa disunting atau diterjemahkan menggunakan aplikasi lain.

"Fitur ini memanfaatkan teknologi pengenalan gambar gambar dan teks, saat ini sudah ada di aplikasi Line versi terbaru. Kami terus investasi agar teknologi AI Line makin berkembang," katanya.

Engineer Line bidang Media Platform, Hae Seong Choi mengatakan, fitur ini sudah ada di aplikasi Line di beberapa negara, namun di Indonesia dan Thailand fitur ini baru akan hadir kemudian.

"OCR ini sudah bisa membaca beberapa bahasa seperti Jepang, bahasa Inggris, bahasa mandarin, dan bahasa Korea. Selanjutnya Line OCR akan hadir di Indonesia dan Thailand," katanya dalam sebuah sesi.

(Tin/Ysl)

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini :

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini