Sukses

Peran Teknologi untuk Kemajuan Koperasi

Berkat teknologi, koperasi dinilai akan menjadi semakin kuat dan besar sehingga bisa menopang pertumbuhan ekonomi nasional.

Liputan6.com, Jakarta - Koperasi dianggap tetap vital sebagai soko guru perekonomian nasional, sehingga harus dikelola dengan baik dan mengikuti perkembangan teknologi. Berkat teknologi, koperasi dinilai akan menjadi semakin kuat dan besar sehingga bisa menopang pertumbuhan ekonomi nasional.

Menyadari pentingnya teknologi untuk kemajuan koperasi, Kospin Pracico (Koperasi Simpan Pinjam Pracico Inti Sejahtera dan Koperasi Simpan Pinjam & Pembiayaan Syariah Pracico Inti Utama) meluncurkan Pracico Privilege, belum lama ini di Jakarta.

Pracico Privilege merupakan kartu keanggotaan (membership card) yang diimplementasikan dalam bentuk aplikasi, khusus untuk anggota Kospin Pracico.

Menurut Tedy Agustiansjah, Chairman MIS Group, aplikasi Pracico Privilege dirancang berbasis Android dan iOS. Nantinya anggota koperasi dapat menikmati berbagai penawaran yang diberikan Pracico Privilege dalam nuansa kemewahan di merchant-merchant rekanan.

"Salah satu layanan eksklusif yang diberikan Pracico Privilege yaitu free entry airport lounge serta merchant lainnya yang bekerja sama dengan Pracico," kata Tedy dalam keterangannya, Minggu (18/11/2018).

Ia menjelaskan, Pracico Privilege terdiri dari tiga macam, sesuai kelompok setoran simpanan berjangka. Di antaranya Silver (simpanan Rp 250 juta hingga < Rp 1 miliar), Gold (simpanan Rp 1 miliar hingga < Rp 5 miliar), dan Platinum (simpanan Rp 5 miliar atau lebih).

Ketika member meningkatkan investasinya, kartu digital langsung menyesuaikan dengan kategori member yang baru, misalnya dari Silver ke Gold bahkan Platinum.

"Khusus untuk Silver dan Gold bisa digunakan di sejumlah bandara di Indonesia, sedangkan Platinum bisa digunakan untuk sejumlah bandara di Indonesia dan Singapura," ujar Tedy.

 

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

User Friendly

Aplikasi Pracico Privilege diklaim user friendly, di mana transaksi hanya dengan Scan QR Code, sudah langsung bisa menikmati fasilitas airport lounge. Selain itu, kegunaan lain Pracico Privilege atau kartu digital ini untuk memberikan informasi tentang produk, merchant, notifikasi, dan data profil keanggotaan.

Untuk mengaksesnya, cukup login menggunakan nomor ponsel dan password yang dirancang sistematis. Pemegang kartu dapat langsung memilih Airport Lounge favorit, kemudian langsung melakukan transaksi di airport lounge.

Kelebihan Pracico Privilege adalah member Pracico tidak perlu membawa kartu membership fisik lagi, tetapi cukup men-download aplikasi Pracico Privilege dan dapat langsung digunakan.

Dalam aplikasi membership Pracico sudah tersedia e-card sebagai identitas kategori member. Selain itu, informasi tentang produk Pracico juga tersedia pada aplikasi sehingga member dapat melihat update produk Pracico terbaru.

Menanggapi kehadiran Pracico Privilege, Meliadi Sembiring Sesmenkop UKM, mengatakan di era lnternet of Things (IoT) semua serba menggunakan internet. Sesuai imbauan pemerintah, koperasi harus beradaptasi dan bergerak cepat di era digital.

Apalagi bila melihat beberapa koperasi yang sukses di dunia seperti Fonterra, Ace Hardware, dan FC Barcelona yang berperan dalam pertumbuhan ekonomi di sejumlah negara.

"Saya berharap peran koperasi dan wirausaha di Indonesia, yang merupakan elemen penting dalam pembangunan ekonomi nasional, bisa berkontribusi pada peningkatan pemerataan kesejahteraan," kata Meliadi.

(Isk/Ysl)

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.