Sukses

Xbox Akan Rilis Konsol Tanpa Disc Drive?

Menurut kabar, Microsoft akan merilis Xbox yang menggunakan gim digital untuk bermain.

Liputan6.com, Jakarta - Microsoft dilaporkan berencana untuk merilis Xbox anyar dengan pendekatan berbeda. Maksudnya, perusahaan dikabarkan ingin merilis konsol yang fokus pada gim berbasis digital.

Informasi ini diketahui salah seorang sumber yang mengetahui hal tersebut. Dengan kata lain, perusahaan disebut-sebut bakal merilis Xbox tanpa disc drive.

Dikutip dari CNET, Minggu (18/11/2018) konsol ini sebenarnya Xbox One S yang dihilangkan disc drive. Absennya disc drive membuat harga konsol ini diprediksi lebih murah dari Xbox standar.

Meski mengadopsi sistem tanpa disc drive, pengguna Xbox yang masih memiliki piringan fisik gim tidak akan dikecewakan. Alasannya, Microsoft memiliki program khusus.

Melalui program ini, pengguna yang masih memiliki gim fisik dapat menukarnya dengan kode digital di sejumlah toko tertentu.

Selain meluncurkan konsol anyar, Microsoft juga disebut-sebut memiliki konsol Xbox One S dengan disc drive tapi memiliki harga yang lebih rendah.

Sayangnya, hingga saat ini, rencana tersebut masih belum dipastikan, mengingat Microsoft sendiri belum memberikan pernyataan resmi. Oleh sebab itu, menarik untuk menunggu kabar langsung dari perusahaan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Xbox Generasi Terbaru Bakal Meluncur 2020?

Microsoft disebut tengah bersiap untuk memperkenalkan konsol terbarunya. Berdasarkan rumor yang beredar, Xbox generasi terbaru ini akan meluncur setidaknya dua tahun lagi.

Dikutip dari The Verge, Senin (18/6/2018), Kepala Divisi Xbox Phil Spencer mengakui perusahaan tengah merancang Xbox generasi selanjutnya. Dari laporan terkini, konsol itu disebut akan merilis pada 2020.

Microsoft sendiri disebut telah menyiapkan konsol ini dengan kode nama 'Scarlett'. Lebih lanjut disebutkan proyek ini tak akan menghadirkan satu perangkat saja, melainkan sebuah platform.

Sayangnya, tak banyak informasi yang dapat diketahui soal Xbox terbaru ini. Namun ada kemungkinan Microsoft mulai beralih dari sekadar konsol tapi juga menghadirkan layanan streaming gim.

Meski perusahaan tak menyebut informasi seputar konsol baru ini, Spencer memastikan pengalaman pengguna akan menjadi perhatian utama perusahaan.

"Kami berkomitmen, kalian akan memiliki pengalaman terbaik saat bermain di Xbox," tuturnya saat berbicara dalam gelaran E3 2018. 

Laporan semacam ini sebenarnya pernah diketahui menjelang gelaran E3 2016. Ketika itu, Microsoft disebut akan memperkenalkan Xbox TV.

Akan tetapi, hingga saat ini perangkat mirip Chromecast tersebut tak pernah diperkenalkan. Memiliki kode Project Hobart, perangkat ini awalnya diperuntukkan untuk mengakses gim Xbox One langsung melalui TV.

(Dam/Ysl)

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini: 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.