Sukses

Buka Lowongan Kerja, Apple Bakal Garap Chip Modem Sendiri?

Menurut laporan Bloomberg, Apple telah membuka sejumlah lowongan kerja yang menandakan perusahaan memiliki rencana mengembangkan chip modem sendiri.

Liputan6.com, Jakarta - Apple dikabarkan sedang bersiap untuk mengurangi ketergantungan dengan perusahaan pihak ketiga sebagai pemasok komponen iPhone besutannya. Hal ini diketahui dari laporan Bloomberg baru-baru ini.

Dikutip dari Phone Arena, Sabtu (17/11/2018), setelah CPU dan GPU, perusahaan berencana untuk membuat modem perangkatnya sendiri. Kabar ini juga diperkuat dengan lowongan pekerjaan yang dibuka Apple dalam beberapa bulan terakhir.

Salah satu yang sedang dicari perusahaan adalah software dan hardware engineer yang bekerja untuk komponen wireless. Selain itu, Apple juga mencari orang yang berpengalaman dalam hal LTE dan bluetooth.

Sebagai tambahan, perusahaan yang berbasis di Silicon Valley itu juga mencari seseorang yang mengerti mengenai teknologi jaringan masa depan, seperti 5G dan milimeter wave.

Menilik sejumlah poin itu, perusahaan diperkirakan sedang berupaya untuk membangun modem yang siap digunakan untuk iPhone masa depan.

Sekadar informasi, Apple memang disebut-sebut memiliki rencana untuk menghadirkan iPhone yang mendukung jaringan 5G pada 2020. Kabarnya, teknologi ini akan disediakan oleh Intel sebagai mitra Apple untuk urusan model iPhone.

Namun dari sumber anonim, baik Apple dan Intel saat ini sedang mengalami sedikit masalah terkait panas baterai saat penerapan model 560G 8060.

Sebelumnya, Apple bekerja sama dengan Qualcomm untuk kebutuhan chip modem, tapi adanya masalah panas di perangkat membuat perusahaan mengganti kemitraan. 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Ada Masalah dengan Modem 5G Intel

Fast Company melaporkan, Apple rencananya akan menggunakan chip modem 8161 milik Intel untuk iPhone 2020-nya. Intel pun berencana untuk membuat chip modem 8161 menggunakan proses fabrikasi 10nm, yang meningkatkan kepadatan transistor untuk kecepatan efisiensi.

Jika semua berjalan sesuai rencana, Intel pun bakal menjadi penyedia tunggal untuk modem iPhone.

Namun, sebelumnya Intel telah mengembangkan pendahulu chip 8161, yakni 8060 yang dipakai untuk membuat prototipe iPhone 5G.

Sayangnya, chip 8060 tersebut tak mampu menahan suhu panas. Sementara, banyak operator termasuk Verizon dan AT & T pada awalnya mengandalkan gelombang milimeter spektrum 28Ghz dan 38Ghz untuk menghubungkan smartphone ke jaringan 5G.

Kendati demikian, sinyal gelombang milimeter membutuhkan pengangkatan berat dari chip modem.

Hal ini membuat pelepasan tingkat energi panas yang lebih tinggi dari kondisi normal dalam ponsel. Karena chip 8060 tak bisa menahan panas dari pelepasan suhu tersebut, bagian luar smartphone pun mengalami panas.

3 dari 3 halaman

Siapkan Plan B

Apple kabarnya juga menyiapkan rencana cadangan jika Intel tak bisa mengatasi permasalahan tersebut dengan chip modemnya.

Rencana cadangan itu adalah ancang-ancang untuk bekerja sama dengan pembesut chip lainnya yakni MediaTek, yang mungkin bakal didapuk jadi pembesut chip modem 5G untuk Apple.

MediaTek memang selama ini mengembangkan modem 5G, namun biasanya perusahaan ini membesut modem untuk perangkat mid-range, bukan flagship, termasuk iPhone.

(Dam/Ysl)

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini: 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.