Sukses

Begini Cara Ubah Kertas Dokumen ke Format Digital via Aplikasi

Tekno Liputan6.com merekomendasikan sebuah aplikasi yang dapat membantu kamu ketika akan mengubah sebuah dokumen ke format digital dengan labih mudah.

Liputan6.com, Jakarta - Meski gaya hidup paperless (tanpa kertas) semakin populer di masyarakat, ternyata kertas dokumen masih jadi bagian penting dari kehidupan sehari-hari.

Entah saat menandatangani kontrak kerja, mengirim tanda terima, atau nota belanja, selalu ada momen di mana kamu harus mengubah dokumen fisik menjadi digital dengan singkat.

Ya, kamu dapat mengambil foto dokumen dengan menggunakan kamera smartphone, tetapi seringkali hasilnya sulit dibaca atau nge-blur.

Mengatasi hal tersebut, Tekno Liputan6.com merekomendasikan sebuah aplikasi yang dapat membantu kamu ketika akan mengubah sebuah dokumen ke format digital dengan labih mudah, yakni CamScanner.

Tanpa panjang lebar, simak ulasan singkatnya sebagaimana dikutip dari laman The Next Web, Senin (19/11/2018).

1. Unduh Aplikasi

Sebelum mulai, pastikan kamu sudah mengunduh aplikasi CamScanner baik di perangkat iOS atau Android. Jangan khawatir, aplikasi ini gratis kok.

2. Pilih Sumber Foto

Aplikasi CamScanner. Liputan6.com/ Yuslianson

Selain dapat mendigital dokumen dari foto-foto yang tersimpan di gallery smartphone, kamu juga dapat mengubah kertas dokumen dengan memotretnya menggunakan kamera perangkat.

3. Potret Langsung

Seperti disebutkan di atas, kamu dapat men-scan kertas dokumen hanya berbekal kamera smartphone. Yang perlu kamu lakukan adalah mengklik ikon kamera.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

4. Pilih Bagian yang Ingin di Scan

Aplikasi CamScanner hadir di iOS dan Android. Liputan6.com/ Yuslianson

Tidak seperti aplikasi serupa yang lain, CamScanner memungkinkan kamu untuk men-crop foto.

5. Nyalakan Fitur 'Magic Color'

Agar tulisan di dokumen mudah dibaca, kamu bisa menyalakan filter 'Magic Color'. Setelah itu, klik panah di kanan bawah untuk melanjutkan.

6. Scan Lagi atau Bagikan?

Pada layar berikutnya, kamu dapat memutuskan apakah ingin menambah foto baru atau langsung men-share hasil scan ke seseorang.

Jikalau klik ikon email di bawah, kamu bisa kirim foto tersebut ke diri sendiri dalam bentuk JPEG atau PDF.

Bagaimana, mudah bukan? Selamat mencoba kawan.

(Ysl/Isk)

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini :

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.