Sukses

Samsung Akan Adopsi Pembagian Memori Eksternal Lewat Android Pie

Samsung akhirnya akan mengadopsi pembagian memori eksternal dengan meriilsnya lewat Android Pie.

Liputan6.com, Jakarta - Fungsi membagi memori eksternal untuk keperluan memperluas kapasitas memori internel sudah lama dihadirkan Google di Android, tepatnya di Android Marshmallow.

Dengan cara ini, pengguna tidak hanya memfungsikan memori eksternal untuk menyimpan file media, tapi juga aplikasi yang ada di smartphone.

Sayangnya, Samsung tidak menghadirkan fitur tersebut di seluruh perangkat, dengan alasan fitur ini hanya berguna untuk perangkat kelas low end dengan memori terbatas.

Namun dalam laporan terbaru, perusahaan asal Korea Selatan itu berencana untuk mengubahnya. Dikutip dari GSM Arena, Kamis (15/11/2018), fungsi pembagian ini akan tersedia lewat Android Pie untuk Galaxy S9 dan Galaxy Note 9.

Informasi ini pertama kali diketahui dari unggahan XDA Developers beberapa waktu lalu. Fungsi ini ditemukan dalam bocoran firmware Galaxy Note 9, meski saat ini belum berfungsi normal.

Temuan ini jelas menjadi kabar baik bagi para pengguna smartphone Galaxy besutan Samsung. Meski kebanyakan perangkat kelas premiumnya sudah memiliki memori internal yang cukup lega, fitur ini dapat menjadi opsi menarik bagi pengguna.

Sekadar informasi, Samsung sendiri baru saja mengumumkan pembaruan OS Android terbaru untuk ketiga perangkat flagship terbarunya, yakni Galaxy Note 9, Galaxy S9, dan Galaxy S9 Plus.

Dikutip Tekno Liputan6.com, Samsung mengumumkan akan menghadirkan Android Pie untuk ketiga perangkat tersebut pada Januari 2019.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Samsung Buka Akses Beta Android Pie

Samsung menyebut, program beta terbuka Android Pie-nya akan tersedia akhir bulan ini.

Program itu digelar untuk wilayah Amerika Serikat, Korea Selatan, dan Jerman. Selanjutnya, program beta ini akan mengarah ke negara-negara Eropa dan Asia.

Saat Galaxy Note 9, Galaxy S9, dan Galaxy S9 Plus di-update ke Android Pie, tidak akan ada lagi antarmuka Samsung Experience, sebab Samsung menghadirkan UI baru yakni One UI.

Perusahaan sempat mempresentasikan One UI di konferensi pengembang Samsung 2018.

Salah satu perbedaannya adalah pengalaman yang dihadirkan saat pengguna memakai antarmuka tersebut serta modus malam di seluruh sistemnya.

3 dari 3 halaman

Sejumlah Perubahan di Android Pie

Sebelumnya, memang sempat terdengar kabar bahwa sedang dilakukan pengujian Galaxy S9+ yang menggunakan Android Pie.

Kehadiran update Android Galaxy Pie pada perangkat Samsung tidak akan dilakukan setidaknya hingga Januari 2019.

Mengutip Phone Arena, hal ini didasarkan pada pesan terbaru yang dikirimkan kepada Samsung Members di Prancis.

Saat itu juga, Samsung bakal menghadirkan fitur kamera baru yang baru ada di Galaxy S9 dan Galaxy Note 9, kemudian bakal diikuti oleh Galaxy S8 dan Note 8.

Saat ini, Samsung dikabarkan masih terus mengoptimalisasi fitur-fitur di Android Pie agar sesuai dengan perangkatnya.

(Dam/Isk)

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini: 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.