Sukses

Jangan Tertipu Aplikasi Abal-Abal, Begini Cara Membandingkan dengan yang Asli

Tahukah kamu kalau ternyata ada ratusan aplikasi palsu yang 'berseliweran' di App Store dan Google Play Store?

Liputan6.com, Jakarta - Aplikasi memang bisa diunduh secara bebas baik dari platform iOS dan Android.

Namun, tahukah kamu ternyata ada ribuan aplikasi palsu yang 'berseliweran' di App Store dan Google Play Store?

Yang mengejutkan lagi, deretan aplikasi abal-abal ini bisa mengancam dengan mencuri informasi pribadi pengguna dengan cara yang licik.

Agar kamu tidak menjadi korban aplikasi abal-abal, Tekno Liputan6.com memberikan tips yang dapat dilakukan untuk membedakan mana aplikasi asli dan yang palsu, berikut caranya sebagaimana dikutip Gadgets Now, Rabu (13/11/2018)

1. Periksa aplikasi dari situs pengembang resmi

Apabila kamu ingin mengunduh aplikasi, pastikan terlebih dahulu mengecek nama pengembang (developer) dan sumber aplikasi tersebut dari situsnya.

2. Periksa deskripsi aplikasi

Aplikasi abal-abal bisa dicek dengan deskripsi yang terdengar janggal, atau juga memiliki kesalahan ejaan baik dari judul maupun deskripsinya. Maka itu, cek kembali deskripsi aplikasi yang ada di App Store atau Google Play Store sebelum mengunduh.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Ulasan Aplikasi

(ilustrasi/www.techwyse.com)

3. Periksa Ulasan Aplikasi

Apabila kamu ingin mengunduh aplikasi, ada baiknya untuk membaca ulasan atau review-nya di App Store atau Google Play Store. Sudah pasti aplikasi palsu biasanya dijejali ulasan negatif dan keluhan dari para pengguna.

4. Periksa Latar Belakang Pengembang

Mengunjungi situs web aplikasi resmi termasuk cara yang penting. Sebab, hal tersebut dapat memudahkan kamu untuk mengecek identitas dan latar belakang pengembang, dan tahu akan hal–hal yang mencurigakan.

5. Periksa Jumlah Unduhan

Memperhatikan jumlah unduhan juga tidak kalah pentingnya. Pasalnya, jumlah unduhan yang cukup tinggi membuktikan keaslian dari aplikasi yang hendak diunduh.

(Vivi Hartini/Jek)

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.