Banyak Smartphone Samsung Baru Bakal Punya Fingerprint di Dalam Layar?

Oleh Andina Librianty pada 14 Nov 2018, 09:30 WIB
Diperbarui 14 Nov 2018, 09:30 WIB
Samsung MWC
Perbesar
Pengunjung booth Samsung di MWC 2018 melihat-lihat ekosistem Smart Home. (Liputan6.com/ Agustin Setyo W)

Liputan6.com, Jakarta - Samsung dilaporkan tidak hanya akan menyertakan fitur pemindai sidik jari (fingerprint) di dalam layar untuk seri flagship Galaxy S pada tahun depan. Fitur baru itu disebut juga akan ada pada smartphone segmen menengah.

Dikutip dari Phone Arena, Rabu (14/11/2018), Samsung telah memesan sensor fingerprint ultrasonik dari Qualcomm.

Pengiriman pertama dilaporkan akan mendarat pada akhir 2018 atau awal 2019, sehingga Samsung bisa mengimplementasikannya untuk Galaxy S10 dan smartphone kelas menengah terbaru.

Rencana Samsung ini cukup menarik. Pasalnya, pemindai sidik jari di dalam layar saat ini masih terbatas untuk perangkat premium.

Persoalan lainnya, kemampuan sensor optik yang ada sekarang masih sedikit lambat dan kurang akurat. Solusi sensor ultrasonik dari Samsung diprediksi memiliki kemampuan yang lebih canggih.

Sejauh ini, pihak Samsung belum memberikan konfirmasi tentang kehadiran sensor sidik jari di dalam layar.

Namun, mengingat pengiriman perdana akan dilakukan pada awal 2019, kemungkinan smartphone segmen menengah dengan sensor sidik jari di dalam layar akan diumumkan bersama Galaxy S10 di Mobile Wolrd Congress (MWC) pada Februari 2019.

2 dari 2 halaman

Galaxy S10 Bakal Hadir dengan 6 Pilihan Warna

Samsung
Perbesar
Salah satu model di peluncuran Galaxy S9 dan Galaxy S9 Plus di Jakarta, Jumat (9/3/2018). Liputan6.com/ Agustin Setyo Wardani

Samsung sendiri tengah menyiapkan flagship terbarunya, Galaxy S10, yang akan diumumkan pada awal 2019. Bocoran informasi tentang perangkat tersebut pun telah banyak beredar di internet.

Akun pembocor informasi soal gadget, @OnLeaks, mengungkapkan Galaxy S10 memiliki enam pilihan warna. Hal ini diungkapkannya melalui Twitter.

"Menurut sejumlah sumber saya, hitam, abu-abu, biru, merah, hijau dan kuning telah dipastikan menjadi warna final Galaxy S10," tulisnya.

Sebelumnya, @OnLeaks pada awal tahun ini, mengatakan Samsung mempertimbangkan sembilan warna untuk Galaxy S10, termasuk versi gradasi. Namun rencana tersebut ternyata berubah.

Pilihan warna itu dinilai tidak mengejutkan. Pasalnya, Galaxy S9 juga tersedia dalam enam pilihan warna, yakni hitam, abu-abu, biru, merah, ungu dan emas.

Lebih lanjut, Galaxy S10 dilaporkan memiliki tiga varian dengan salah satunya dibanderol harga lebih terjangkau. Varian "murah" itu memiliki layar berukuran 5,8 inci, satu atau dua kamera belakang, dan sensor sidik jari di bodi belakang.

(Din/Jek)

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

Lanjutkan Membaca ↓