Galaxy S9, S9 Plus, dan Note 9 Kebagian Android Pie Januari 2019

Oleh Agustin Setyo Wardani pada 13 Nov 2018, 11:30 WIB
Diperbarui 13 Nov 2018, 12:13 WIB
Galaxy Note 9

Liputan6.com, Jakarta - Meskipun konferensi pengembang Samsung berfokus pada smartphone layar lipatnya, Samsung tak lupa pada jajaran perangkatnya yang sudah ada di pasaran.

Ya, Samsung akan menggulirkan update OS Android terbaru untuk ketiga perangkat flagship terbarunya, yakni Galaxy Note 9, Galaxy S9, dan Galaxy S9 Plus.

Sebagaimana dikutip Tekno Liputan6.com dari GSM Arena, Selasa (13/11/2018), Samsung mengumumkan akan menghadirkan Android Pie untuk ketiga perangkat tersebut pada Januari 2019.

Samsung menyebut, program beta terbuka Android Pie-nya akan tersedia akhir bulan ini untuk wilayah Amerika Serikat, Korea Selatan, dan Jerman. Selanjutnya, program beta ini akan mengarah ke negara-negara Eropa dan Asia.

Saat Galaxy Note 9, Galaxy S9, dan Galaxy S9 Plus di-update ke Android Pie, tidak akan ada lagi antarmuka Samsung Experience, sebab Samsung menghadirkan UI baru yakni One UI.

Perusahaan sempat mempresentasikan One UI di konferensi pengembang Samsung 2018.

Salah satu perbedaannya adalah pengalaman yang dihadirkan saat pengguna memakai antarmuka tersebut serta modus malam di seluruh sistemnya.

2 of 3

Sejumlah Perubahan di Android Pie

Galaxy Note 9
Galaxy Note 9 (Liputan6.com/ Agustin Setyo W)

Sebelumnya, memang sempat terdengar kabar bahwa sedang dilakukan pengujian Galaxy S9+ yang menggunakan Android Pie.

Kehadiran update Android Galaxy Pie pada perangkat Samsung tidak akan dilakukan setidaknya hingga Januari 2019.

Mengutip Phone Arena, Kamis (18/10/2018), hal ini didasarkan pada pesan terbaru yang dikirimkan kepada Samsung Members di Prancis.

Saat itu juga, Samsung bakal menghadirkan fitur kamera baru yang baru ada di Galaxy S9 dan Galaxy Note 9, kemudian bakal diikuti oleh Galaxy S8 dan Note 8.

Saat ini, Samsung dikabarkan masih terus mengoptimalisasi fitur-fitur di Android Pie agar sesuai dengan perangkatnya.

3 of 3

Hadirkan Add-On

Samsung Galaxy Note 9 Resmi Dipasarkan di Indonesia
Samsung Galaxy Note 9 hadir dibekali dengan kecanggihan dari seri sebelumnya. Misalnya saja dari sisi baterai yang kini berkapasitas 4000 mAh, storage, RAM besar, S Pen dengan fitur terbaru dan canggih. (Liputan6.com/Faizal Fanani)

Tak hanya itu, perusahaan yang bermarkas di Korea Selatan ini juga mengembangkan sejumlah add-ons.

Sejauh ini Samsung tengah mengembangkan pembaruan antarmuka Samsung Experience 10 dengan berbagai fitur.

Sebut saja fitur identifikasi penelepon, dukungan VoLTE, dukungan untuk SIM card kedua pada Galaxy Note 8 Duos, dan peningkatan fitur voice recorder.

(Tin/Jek)

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

 

Lanjutkan Membaca ↓