Mario Segale, Sosok Inspirasi Karakter Ikonik Nintendo Meninggal Dunia

Oleh Yuslianson pada 04 Nov 2018, 10:00 WIB
Diperbarui 05 Nov 2018, 17:14 WIB
Super Mario Odyssey

Liputan6.com, Jakarta - Bagi kamu yang pernah main gim Super Mario pasti sudah tidak asing lagi dengan sosok Mario.

Meski banyak gamer yang tidak mengetahui, ternyatanya nama 'Mario' terinspirasi dari sosok pria di dunia nyata, yakni Mario Segale.

Jadi sosok inspirasi untuk salah satu maskot gim paling terkenal di dunia, dengan berat hati harus mengabarkan, Mario Segale, telah meninggal dunia pada 27 Oktober 2018.

Berdasarkan laporan Kotaku, Minggu (4/11/2018), Segale yang berumur 84 tahun itu menghembuskan napas terakhir dikelilingi oleh keluarganya di Tukwila, Washington, Amerika Serikat.

Informasi, peranan Segale dalam pengembangan karakter 'Mario' di gim Nintendo ataupun dalam industri gim hingga saat ini sangat penting.

 

2 dari 3 halaman

Cikal Bakal Nama Mario di Super Mario

Super Mario Odyssey, gim terbaru Nintendo untuk Switch. (Sumber: Nintendo)

Lebih lanjut, Nintendo sebetulnya sudah memperkenalkan karakter 'Mario' di dalam gim Donkey Kong yang dibuat oleh Shigeru Miyamoto.

Namun kala itu, karakter tersebut hanya diberi nama Jumpman.

Kurang menarik dan tidak 'menjual', para petinggi Nintendo pun memutuskan untuk mencari nama yang cocok untuk karakter di dalam gim yang bakal mereka luncurkan. 

Seakan sudah takdirnya, Segale yang merupakan pengembang real estate dan menyewakan gedung miliknya ke Nintendo datang untuk menagih uang sewa.

Saat bertemu dengan Minoru Arakawa, selaku founder sekaligus mantan presiden Nintendo dan beberapa petinggi perusahaan, mereka pun terkesan dengan sosok Segale.

Berawal dari pertemuan tersebut, Nintendo akhirnya memutuskan mengubah nama Jumpman menjadi Mario di gim berikutnya, yakni Super Mario.

 

3 dari 3 halaman

Seri Gim Terlaris Sepanjang Masa

Super Mario Run. Sumber: Nintendo

Kini, gim Mario menjadi salah satu seri terlaris sepanjang masa, dan menginspirasi puluhan gim dalam rentang waktu lebih dari tiga dekade industri gim.

Meskipun Segale awalnya sempat menolak hubungannya dengan karakter Nintendo karena takut menodai bisnisnya secara keseluruhan, dia masih merupakan seni dari karakter Nintendo yang kita kenal dan cintai.

Selamat jalan Mario Segale.

(Ysl/Isk)

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

Lanjutkan Membaca ↓

Video Pilihan Hari Ini

Unboxing Asus ROG Phone 2