Sukses

Tak Lagi 1TB, Flickr Bakal Batasi Pengguna Unggah Maksimal 1.000 Foto

Pengguna Flickr kini dibatasi untuk mengunggah maksimal 1.000 foto di website Flickr.

Liputan6.com, Jakarta - April lalu, Flickr dibeli oleh layanan hosting foto profesional SmugMug.

Kini, beberapa bulan setelahnya sebuah perubahan besar terjadi di layanan Flickr dan sangat berpengaruh terhadap pengguna.

Pengguna Flickr pun pasti merasakan ada penurunan layanan dari keputusan tersebut.

Pasalnya, sebagaimana dikutip Tekno Liputan6.com dari The Verge, Senin (5/11/2018), pengguna Flickr kini dibatasi untuk mengunggah maksimal 1.000 foto di website Flickr.

Padahal, sebelum diakuisisi oleh SmugMug, pengguna berhak untuk mengunggah foto hingga penyimpanan 1TB secara gratis.

Hal inipun diumumkan oleh Flickr melalui keterangan resminya kepada media.

"Sayangnya, layanan 'gratis' jarang yang benar-benar gratis untuk pengguna. Pengguna membayar dengan data mereka atau dengan waktu mereka. Kami lebih suka pengaturan transparan," kata Flickr dalam pernyataannya.

Kemudian, Flickr juga menyebut, dengan memberikan layanan gratisan hingga 1TB, membuat kesulitan.

"Bagaimanapun juga, server tidaklah gratis, namun memberikan pengguna gratis lebih dari 1.000 foto itu tidaklah ideal," katanya.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Berlaku Setelah 8 Januari 2019

Pengguna gratisan yang memiliki lebih dari 1.000 foto di Flickr harus memperbarui layanan ke versi Pro (premium) setelah 8 Januari 2019 nanti.

Setelah 8 Januari 2019, pengguna gratisan yang punya lebih dari 1.000 foto tak akan lagi bisa mengunggah foto ke akun Flickr-nya.

Kemudian, pada 5 Februari 2019, pemilik akun-akun gratisan yang masih mengunggah melebihi batas akan mendapati konten-kontennya dihapus otomatis oleh Flickr.

Flickr juga akan menambahkan perubahan lainnya, yakni biaya layanan Flickr Pro menjadi USD 49,99 per tahun.

Meski begitu, pengguna berbayar akan diberikan akses penyimpanan tanpa batas untuk foto dan video dengan resolusi penuh.

3 dari 3 halaman

Tak Perlu Saksikan Iklan

Selain itu, bagi pengguna premium tak akan lagi menyaksikan iklan dan adanya data tambahan mengenai kinerja foto mereka.

Para pengguna premium juga bisa mengunggah video hingga 10 menit, diskon mitra dari Adobe, SmugMug, Peak Design, dan lain-lain.

Untuk menarik pengguna berbayar, Flickr juga menawarkan diskon 30 persen di tahun pertama Flickr Pro hingga 30 November nanti.

(Tin/Ysl)

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.