Review Xiaomi Pocophone F1, Spesifikasi Mumpuni Minim Fitur Terkini

Oleh Agustinus Mario Damar pada 05 Nov 2018, 08:00 WIB
Diperbarui 07 Nov 2018, 07:13 WIB
Pocophone F1

Liputan6.com, Jakarta - Xiaomi baru saja memperkenalkan smartphone terbarunya untuk pasar Indonesia, yakni Pocophone F1. Sejak awal kehadirannya, smartphone ini berhasil menarik perhatian pasar karena spesifikasi yang diusung.

Seperti diketahui, Pocophone F1 hadir dengan chipset Snapdragon 845 yang dipadukan RAM 4GB. Paduan jeroan macam itu lantas dibanderol dengan harga Rp 4.499.000, membuat perangkat ini tampil begitu menarik.

Namun apakah smartphone ini benar-benar tampil memikat sesuai dengan spesifikasinya? Tekno Liputan6.com berkesempatan untuk menjajal kemampuan smartphone ini selama beberapa minggu.

Penasaran seperti apa pengalaman selama memakai smartphone ini? Berikut ini ulasan singkat mengenai Pocophone F1 besutan Xiaomi.

Desain

Dari segi desain, Pocophone F1 mengusung gaya smartphone kekinian dengan notch di bagian atas layar. Kendati demikian, Xiaomi memberi opsi untuk menghilangkan notch tersebut lewat pengaturan di smartphone.

Memiliki layar 6,19 inci, smartphone ini cukup nyaman digenggam dan dioperasikan satu tangan. Namun dalam beberapa kondisi, penggunaan dua tangan juga diperlukan untuk menjangkau bagian atas layar.

Sisi kanan smartphone ini diisi dengan tombol volume dan power, sedangkan sisi kirinya bersih dari tombol fisik. Bagian kiri smartphone ini hanya terdapat tray kartu SIM hybrid.

Bagian bawah Pocophone F1 terdiri dari port USB Type-C dan speaker grill. Sementara bagian atasnya diletakkan jack headphone 3,5mm.

Pemindai sidik jari diletakkan di bagian belakang, tepat di bawah kamera utama. Salah satu yang menarik perhatian adalah aksen merah di sisi lensa kamera, membuat kedua lensa Pocophone F1 tampil mencolok.

Kebetulan Tekno Liputan6.com mendapat perangkat Pocophone F1 yang berwarna hitam. Paduan warna hitam dan bahan aluminium alloy harus diakui membuat smartphone ini tampil kokoh.

2 dari 5 halaman

Performa

Pocophone F1
Tampilan Xiaomi Pocophone F1 (liputan6.com/Agustin S. Wardani)

Dibekali Snapdragon 845 dan RAM 6GB, membuat kinerja smartphone tak perlu dipertanyakan lagi. Perpindahan antar aplikasi mampu dilalui dengan lancar.

Pengukuran dengan aplikasi AnTuTu Benhcmark, Pocophone F1 berhasil mencatat angka di kisaran 260ribuan. Keberadaan sensor di smartphone ini juga lengkap, mulai dari accelerometer hingga gyroscope.

Berbeda dari Xiaomi kebanyakan yang memakai MIUI, Pocophone F1 menggunakan launcher khusus bernama Poco Laucher yang berbasis Android Oreo. 

Tangkapan layar menu dari Pocophone F1

Launcher ini mengadopsi gaya Android Stock yang memerlukan gerakan menyapu ke atas untuk membuka daftar aplikasi. Sementara penggunaan ikon tampak mirip dengan MIUI. 

Saat dijajal untuk bermain gim berat, macam PUBG Mobile, Injustice 2, PES 2018, hingga Vainglory tidak ada kendala berarti. Semua dapat dijalankan dengan baik.

Hanya, tidak seluruh gim tersebut kompatibel dengan notch yang ada di bagian atas layar. Karenanya, akan ada bagian layar yang sedikit terpotong saat bermain gim.

Berbekal baterai 4.000mAh, penggunaan smartphone ini juga dapat dikatakan memuaskan. Alasannya, daya tahan perangkat ini mampu mencapai 10 jam saat dipakai normal, seperti media sosial atau sekadar bermain gim.

Tidak hanya itu, Pocophone F1 juga sudah dibekali dengan fitur pengisian daya cepat. Berdasarkan pengalaman dalam waktu 30 menit pengisian daya, daya yang bertambah mencapai 50 persen.

3 dari 5 halaman

Kamera

Pocophone F1
Tampilan Xiaomi Pocophone F1 (liputan6.com/Agustin S. Wardani)

Pocophone F1 memiliki lensa ganda beresolusi 12MP dan 5MP sebagai kamera utama. Serupa dengan seri smartphone lain, kedua kamera ganda itu dapat menghasilkan foto bokeh.

Sebagai tambahan, Xiaomi juga menyertakan dukungan kecerdasan buatan. Jadi, kamera ini mampu mengenali objek dan menyesuaikan pengaturan untuk memberikan hasil foto optimal.

Selama penggunaan, kami merasa kemampuan kameranya cukup baik untuk menangkap gambar saat kondisi terang. Meski dalam kondisi minim cahaya, kamera smartphone ini harus diakui kewalahan. 

Sementara untuk keperluan selfie, Xiaomi membekali Pocophone F1 dengan kamera depan beresolusi 20MP. Tanpa perlu berpanjang lebar, berikut ini beberapa hasil foto tangkapan Pocophone F1.

Pocophone F1

Pocophone F1

Pocophone F1

Pocophone F1

Pocophone F1

Pocophone F1

Pocophone F1

Pocophone F1

4 dari 5 halaman

Fitur

Pocophone F1
Tampilan Xiaomi Pocophone F1 (liputan6.com/Agustin S. Wardani)

Dari sisi fitur, Pocophone F1 harus dimaklumi tidak hadir dengan dukungan smartphone premium lain. Salah satu yang paling terlihat adalah absennya fitur NFC.

Selain itu, smartphone ini juga tidak memiliki dukungan sertifikasi tahan air atau debut. Fitur yang cukup banyak hadir di seri smartphone premium lain.

Kendati demikian, ketidakhadiran dua fitur itu dapat dimengerti, mengingat smartphone ini memang berada di kisaran Rp 4 jutaan. Terlebih, tidak seluruh pengguna akan memanfaatkan kedua fitur tersebut.

Namun bukan berarti, smartphone ini tidak memiliki fitur andalan. Pocophone F1 sebenarnya sudah hadir dengan fitur pemindai wajah untuk membuka perangkat.

Berdasarkan penggunaan dalam beberapa kondisi, kemampuan fitur ini terbilang cepat. Bahkan, smartphone masih dapat mengenali wajah dalam keadaan minim cahaya.

5 dari 5 halaman

Kesimpulan

Pocophone F1
Tampilan Xiaomi Pocophone F1 (liputan6.com/Agustin S. Wardani)

Pocophone F1 harus diakui hadir sebagai smartphone yang menawarkan keunggulan dari sisi performa. Bagi kamu yang menginginkan performa super ngebut, perangkat ini bisa menjadi jawaban.

Terlebih, perangkat ini dibanderol dengan harga Rp 4 jutaan, membuatnya menjadi smartphone dengan Snapdragon 845 paling murah saat ini.

Selain performa, Pocophone F1 juga didukung kemampuan kamera yang cukup apik. Berbekal kemampuan scene recognition, hasil tangkapannya Pocophone tidak mengecewakan untuk ukuran smartphone 4 juta.

Namun, smartphone ini memang tidak ditujukan untuk kamu yang mencari smartphone premium dengan beragam fitur tambahan, seperti NFC atau sertifikasi anti air.

Kendati demikian, harus diakui Pocophone F1 menawarkan performa smartphone dengan spesifikasi kelas wahid dengan harga terjangkau, meski minim fitur terkini.

(Dam/Ysl)

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini: 

Lanjutkan Membaca ↓