Sukses

Mengenal Bugdroid, Robot Hijau Maskot Android

Belum mengenal kisah mengenai Bugdroid, maskot dari Android? Simak artikelnya berikut ini.

Liputan6.com, Jakarta - Setiap merek kenamaan pasti memiliki maskot atau logo yang ikonik, tak terkecuali Android. Sistem operasi besutan Google ini identik dengan robot berwana hijau yang harus diakui sudah diingat banyak orang.

Kendati demikian, tidak semua orang mengenal nama maskot tersebut. Alasannya, seperti dikutip dari Digital Trends, Sabtu (3/11/2018), maskot Android itu ternyata memang tidak memiliki nama resmi.

Dari cerita yang berkembang, maskot Android sempat dipanggil dengan nama Andy. Sayangnya, tidak ada yang tahu alasan pemberian nama tersebut. Sejumlah pihak menyebut Andy merujuk pada Andy Rubin sebagai kreator Android.

Kemudian, tim internal Android menyebut logo atau maskot tersebut sebagai Bugdroid. Alasan di balik pemberian nama itu juga belum jelas, tapi nyatanya nama tersebut terus dipakai hingga saat ini.

Adapun logo Android sendiri dibuat oleh desainer Irina Blok saat bekerja di Google. Ide awalnya adalah membuat gambaran sebuah open source untuk komunitas pengembang.

Seperti diketahui, Android merupakan sistem operasi berbasis open source. Jadi, logo ini menggambarkan sebuah platform yang terbuka untuk siapa pun dan dapat diubah sesuai dengan kebutuhannya.

Desain Blok yang sederhana dengan cepat membuat ikon ini dikenal publik luas, melebihi sasaran awal, yakni komunitas pengembang. Usai Google, Blok bekerja di Adobe, Apple, dan Facebook.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Kisah Unik Kepopuleran Bugdroid

Selapas rilis ke publik, Bugdroid pun dengan cepat menjadi viral. Banyak pihak yang memodifikasi logo ini menjadi beragam bentuk, mulai dari ninja, bajak laut, dan kucing.

Hal itu terjadi karena Google tidak mengklaim kepemilikian logo tersebut atau melarang modifikasi. Dengan demikian, logo ini mudah dikenali dan muncul dalam beberapa bentuk, mulai dari kaos hingga gantungan kunci.

Hingga saat ini, Bugdroid pun masih menjadi maskot ikonik dari Android. Biasanya, Google akan menyertakan Bugdroid untuk setiap model Android terbaru.

Bahkan, Google memiliki patung Bugdroid khusus yang biasanya digambarkan bersama Android versi terbaru. Untuk merayakan 10 tahun Android, perusahaan juga merilis gim peramban khusus dengan Bugdroid sebagai karakter utamanya.

3 dari 3 halaman

2 Miliar Perangkat Android

Kini, di 10 tahun kehadirannya, sudah ada lebih dari 2 miliar perangkat Android yang aktif.

Yang paling penting, Android telah berkembang jauh tak hanya sebatas pada smartphone dalam satu dekade terakhir.

Kamu bisa lihat Android telah bersarang di manapun. Sebut saja tablet, jam pintar, smart TV, belum lagi lemari es, oven, hingga virtual reality (VR) headset.

(Dam/Ysl)

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini: 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.