Sukses

Bukan Samsung, Vendor Tiongkok Ini Rilis Smartphone Layar Lipat Pertama di Dunia

Liputan6.com, Jakarta - Smartphone layar lipat yang dikembangkan dan telah diberitakan sejak bertahun-tahun lamanya telah terwujud.

Meski begitu, bukan vendor smartphone besar seperti Samsung, LG, dan lain-lain yang menghadirkan smartphone layar lipat.

Terbaru, mengutip laman The Verge, Kamis (1/11/2018), perusahaan Tiongkok bernama Royole Corporation yang merilis smartphone layar lipat pertama di dunia.

Smartphone layar lipat yang dimaksud bernama FlexPai. Perangkat ini merupakan smartphone yang lebarnya sebesar tablet yang dapat ditekuk menjadi seukuran notebook.

Dalam sebuah video yang beredar di internet, smartphone ini tak bisa dilipat dengan rata. Dengan demikian, bentuknya masih cukup besar saat dikemas.

Selain itu, perangkat lipat ini juga tampaknya bukanlah versi finalnya. Hal ini karena software smartphone terlihat tidak mulus (tampilan berkedip dan orientasi belum sempurna) ketika layar dilipat.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Spesifikasi Smartphone Layar Lipat Pertama di Dunia

Bicara spesifikasi, FlexPai dibekali prosesor Snapdragon seri 8 dan RAM seluas 6GB. Soal harga, ITHome memperkirakan harganya sekitar USD 1.290 (setara Rp 19,5 jutaan).

Perusahaan membuka pre-order untuk smartphone layar lipat besutan Tiongkok ini mulai 31 Oktober 2018 dan rencananya akan mulai dikirimkan pada Desember 2018.

Meski jadi smartphone layar lipat pertama di dunia, kemungkinan perangkat ini bakal segera mendapatkan saingan. Pasalnya, smartphone layar lipat Samsung diperkirakan akan rilis beberapa minggu lagi di konferensi pengembang tahunan Samsung.

Sementara itu, LG maupun Huawei dikabarkan tengah mengembangkan perangkat layar lipat mereka sendiri dan peluncurannya akan dilakukan kemudian.

3 dari 3 halaman

Samsung Gandeng Google Besut Smartphone Layar Lipat

Sebelumnya, Samsung bergerak cepat mempersiapkan smartphone lipat besutannya. Salah satu yang tengah dikembangkan adalah sistem operasi khusus untuk perangkat tersebut.

Berdasarkan laporan Bloomberg, Samsung telah bekerja sama dengan Google untuk mengembangkan sistem operasi Android khusus perangkat layar lipatnya.

Hal ini dilakukan karena pengembangan smartphone itu sudah mendekati tahap akhir. Dikutip dari ZDNet, Selasa (30/10/2018), tampilan antarmuka sistem operasi ini masih belum ditentukan.

Alasannya, Samsung masih memilliki dua opsi model yang belum final, yakni smartphone layar lipat yang memanjang ke vertikal atau horizontal.

Kendati demikian, Samsung sudah menyiapkan kode nama untuk smartphone layar lipat tersebut. Dari laporan terbaru, smartphone ini memiliki kode nama 'Winner'.

Sekadar informasi, kabar mengenai smartphone layar lipat Samsung ini sudah berhembus sejak beberapa bulan lalu. Keberadaannya pun sudah diamini oleh DJ Koh selaku Head of IT & Mobile Communications (IM) Division Samsung.

Kabar terbaru juga mengungkap kalau perusahaan asal Korea Selatan itu bakal memperlihatkan prototipe smartphone layar lipatnya saat gelaran konferensi developer Samsung pada November 2018.

Menurut posting-an di akun Twitter perusahaan pekan lalu, Samsung akan mengumumkan perangkat baru dengan tagline: "The crossroads between the present and the future."

Tak hanya itu, perusahaan juga menampilkan sebuah grafik dua garis yang membentuk sebuah panah menghadap ke kanan. 

Dengan grafik tersebut, Samsung diduga kuat hendak menggambarkan teknologi smartphone layar lipat besutannya.

(Tin/Ysl)

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.