Nokia 6.1 Akhirnya Dapat Android 9.0 Pie

Oleh Andina Librianty pada 01 Nov 2018, 12:00 WIB
Diperbarui 01 Nov 2018, 21:15 WIB
Nokia 6.1 Plus

Liputan6.com, Jakarta - HMD Global (HMD) menepati janji dengan merilis pembaruan ke Android 9.0 Pie untuk Nokia 6.1 pada bulan ini.

Para pengguna Nokia 6.1 dilaporkan sudah mulai mendapatkan OS terbaru itu.

Dilansir GSM Arena, Kamis (1/11/2018), pembaruan ke Android 9.0 Pie itu diberikan melalui sistem over the air (OTA). Software baru itu memakan memori penyimpanan sebesar 1.462MB.

Akan ada sejumlah perubahan melalui OS tersebut, termasuk dari sisi visual. Beberapa di antaranya termasuk sistem navigasi baru, optimalisasi baterai, serta UI baru.

Sama seperti pembaruan OS lain, para pengguna disarankan untuk mengunduh software ini menggunakan konektivitas WiFi. Hal ini disebabkan besarnya ukuran data yang diunduh.

"Para pengguna disarankan untuk mengunakan WiFi untuk mengunduh pembaruan. Jika ingin menggunakan jaringan selular mobile, kemungkinan akan ada biaya tambahan," demikian keterangan yang ada pada pembaruan OS tersebut.

Adapun setelah Nokia 6.1, Android 9.0 Pie diprediksi akan segera hadir untuk varian Plus. Kemudian pada bulan depan, Nokia 8 dan Nokia 8 Sirocco akan segera bergabung.

2 of 2

Android Pie Belum Nongol di Daftar Distribusi OS

Android P
Android Pie. Liputan6.com/ Yuslianson

Google kembali merilis data distribusi OS Android. Berdasarkan data baru, Android 9 Pie masih belum bertengger di daftar distribusi OS tersebut.

Oreo merupakan versi Android kedua yang kini paling banyak digunakan dengan total 21,5 persen perangkat. Jumlahnya naik 2,3 persen dibandingkan satu bulan lalu.

Marshmallow bergeser satu peringkat ke nomor tiga dengan porsi 21,3 persen.

Sementara, Nougat sebagai versi Android 2016 mendominasi dengan distribusi sebesar 28,2 persen, tapi mengalami penurunan yang cukup besar dari 29,3 persen pada bulan lalu.

Android Lollipop berada di posisi empat dengan 17,9 persen dan KitKat menutup peringkat lima besar dengan 7,6 persen.

Selanjutnya, OS Android Jelly Bean masih dijalankan pada 3 persen smartphone Android, Ice Cream Sandwich 0,3 persen, dan Gingerbread 0,2 persen.

Data baru ini dikumpulkan selama tujuh hari, yang berakhir pada 26 Oktober 2018. Versi Android dengan distribusi kurang dari 0,1 persen tidak ditampilkan dalam laporan ini.

Android 9 Pie tidak berada dalam daftar, disebabkan belum begitu banyak vendor smartphone merilis pembaruan ke OS tersebut.

(Din/Jek)

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

Lanjutkan Membaca ↓