Tombol Home Fisik Bakal Absen di iPad Pro Terbaru?

Oleh Agustinus Mario Damar pada 29 Okt 2018, 18:30 WIB
Diperbarui 30 Okt 2018, 09:16 WIB
iPad Pro 9.7

Liputan6.com, Jakarta - Rumor mengenai iPad Pro terbaru besutan Apple kembali muncul.

Dalam bocoran kali ini, Apple disebut-sebut akan mengusung fitur serupa dengan iPhone X.

Fitur yang dimaksud seperti dikutip dari Tech Radar, Selasa (30/10/2018) adalah navigasi berbasis gestur. Jadi, Apple akan menghilangkan tombol fisik Home dan bezel lebih tipis.

Informasi ini pertama kali diketahui dari iOS12 versi developer. Berdasarkan informasi di sistem operasi terbaru, ikon tablet itu tampil dengan sudut yang lebih membulat, tidak ada tombol Home, dan tanpa notch.

Absennya tombol Home membuat iPad Pro kemungkinan besar akan menerapkan fitur Face ID.

Alasannya, Apple besar kemungkinan masih dapat menyematkan kamera depan di bagian atas tablet dengan bezel yang lebih tipis.

Kendati demikian, tombol power tetap berada di bagian atas tablet dan tombol volume di sisi samping. Selain dua hal tersebut, besar kemungkinan tidak ada perubahan lain yang dilakukan perusahaan.

Sebelumnya, juga sempat tersiar kabar bahwa iPad Pro terbaru juga akan mengambil desain khas iPhone 5. Nantinya, tablet ini akan tersedia dalam dua pilihan ukuran, yakni 10,5 dan 12,9 inci.

2 of 3

iPad Pro dengan Gaya iPhone 5

iPad Pro
Tampilan iPad Pro versi 9,7 inci (sumber: techradar.com)

Keputusan untuk memilih desain iPhone 5 tidak lepas dari kepopulerannya. Sejumlah penggemar Apple meyakini iPhone 5 merupakan handset berpenampilan tampilan terbaik yang pernah didesain Apple.

Jika mirip dengan iPhone 5, maka iPad Pro kemungkinan memiliki bentuk sisi sedikit melengkung.

Terlepas dari desain, tablet baru ini dilaporkan tidak akan memiliki notch, tapi dilengkapi fitur Face ID dalam mode portrait dan landscape.

Bezelnya akan lebih tipis dan layar LCD kedua tablet memiliki desain edge-to-edge. Selain itu, juga akan terdapat port USB-C.

iPad Pro terbaru juga akan kompatibel dengan aksesoris Apple Pencil 2, dan akan diumumkan pada hari yang sama dengan tablet tersebut.

3 of 3

Sebar Undangan, Apple Bakal Luncurkan iPad dan Mac Baru

Apple
Apple sebar undangan acara untuk 30 Oktober 2018. (Doc: Apple)

Apple sendiri sudah menyebarkan undangan untuk sebuah acara di Brooklyn, New York, Amerika Serikat, pada Selasa, 30 Oktober 2018. Dalam acara ini, perusahaan diyakini akan mengumumkan iPad dan perangkat Mac baru.

Seperti acara-acara sebelumnya, Apple tidak memberikan rincian informasi tentang yang akan diumumkan.

Beberapa bocoran menyebutkan, Apple pada acara itu akan memperkenalkan iPad Pro baru dengan fitur Face ID, desain baru, konektor magnetik, dan kemungkinan meninggalkan port Lightning untuk USB-C.

Selain iPad Pro baru, Apple juga diprediksi mengumumkan MacBook versi murah. Namun, bocoran tentang perangkat ini tidak begitu banyak beredar.

(Dam/Jek)

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini: 

Lanjutkan Membaca ↓

Live Streaming

Powered by