Keren, Fotografer Ini Ciptakan Lensa Kamera dari Batu Es

Oleh Liputan6.com pada 30 Okt 2018, 09:30 WIB
Ilustrasi Es Batu

Liputan6.com, Islandia - Pernahkah terpikir olehmu, terbuat dari material apakah objek lensa kamera? Ya, biasanya lensa kamera dibuat dari material gelas atau plastik.

Namun tahukah kamu kalau ada juga lensa kamera yang dibuat dari material batu es? Ya, siapa sangka, lensa kamera ini diciptakan dari material gunung es yang berasal dari pegunungan.

Adalah Mathieu Stern, seorang fotografer amatir yang berhasil menciptakan lensa kamera dari batu es.

Ia telah bermimpi selama dua tahun untuk menciptakan lensa kamera dari material dingin ini.

Mathieu mengutarakan, apabila kaca bisa memfokuskan cahaya. maka es pasti juga bisa melakukannya.

Dikutip Geek, Selasa (30/10/2018), ia mencetak lensa kamera dengan menggunakan printer 3D, yang berfungsi menahan es sebagai elemen lensa utamanya.  

Sementara itu, Mathieu juga memanfaatkan perangkat ice ball maker untuk merancang bagian optik.

Untuk mendapatkan lensa kamera berkualitas jernih, ia pun pergi pantai Jokulsarlon di Islandia dan mencari material batu es terbaik.

Selama proses merancang, Mathieu butuh waktu lima jam upaya untuk dapat mencetak lensa dengan kualitas wahid.

 

2 of 2

Ajaib, Lensa Ini Bisa Sulap Kamera Smartphone Jadi Mikroskop

Ajaib, Lensa Ini Bisa Sulap Kamera Smartphone Anda Jadi Mikroskop
Blips memiliki ukuran yang sangat tipis dan menggunakan kemampuan electrostatic agar dapat menempel pada lensa kamera smartphone Anda.

Banyaknya aksesori lensa yang hadir untuk kamera smartphone kini dapat membantu hasil foto mendapatkan efek unik.

Sebut saja lensa fish eye yang bisa memberikan efek cembung dan lensa wide yang dapat menyulap ruang foto menjadi lebar.

Nah, untuk lensa yang satu ini memiliki keunikan sendiri. Berbentuk seperti tape isolasi, lensa tersebut bisa menyulap kamera smartphone berfungsi menjadi sebuah mikroskop!

Lensa yang bermerek Blips ini memang dirancang untuk membuat lensa kamera smartphone mampu membidik objek mikroskopik.

Mengutip informasi laman Gizmodo, Rabu (18/5/2016), Blips tersedia dalam dua versi, lensa makro dengan kemampuan magnification (pembesaran) sebanyak 10 kali, dan lensa mikro yang mampu menangkap objek mikroskopik dari dekat.

Lensa Blips diklaim memiliki ukuran yang sangat tipis dan menggunakan kemampuan electrostatic agar dapat menempel pada lensa kamera smartphone kamu.

Cara kerjanya juga mudah, tempel lensa tersebut seperti kamu menempelkan tape isolasi, sedangkan cara melepasnya pun sangat praktis.

Hanya saja, kemampuan lensa ini tergantung dari kemampuan lensa dan sensor kamera kamu bekerja. Jika kamu penasaran dengan hasil jepretan lensa Blips, kamu bisa lihat foto-fotonya di bawah ini.

(Vivi Hartini/Jek)

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

Lanjutkan Membaca ↓