Pengembang Gim Fortnite Dapat Kucuran Dana Rp 19 Triliun

Oleh Yuslianson pada 28 Okt 2018, 09:00 WIB
Fortnite

Liputan6.com, Jakarta - Epic Games, pengembang gim battle royale berjudul Fortnite ini dikabarkan telah menerima pendanaan sekitar US$ 1,25 miliar atau sekira Rp 19 triliun.

Dikutip dari laman Venture Beat, Minggu (28/10/2018), investor yang menyuntikkan dana ke dalam perusahaan, termasuk KKR, ICONIQ Capital, Smash Ventures, aXiomatic, Vulcan Capital, Kleiner Perkins, dan Lightspeed Venture Partners.

Berdasarkan laporan Digi-Capital, ini merupakan investasi gim terbesar kedua dalam sejarah, setelah IPO (initial public offering) Netmarbel mendapat dana senilai US$ 2,3 miliar (sekira Rp 35 triliun) pada 2017.

Sedangkan untuk kasus Epic Games, ini merupakan investasi non-IPO tertinggi yang pernah ada.

Berkat gim Fortnite, perusahaan yang berbasis di Karolina Utara, Amerika Serikat tersebut mendapatkan kesuksesan yang luar biasa.

Berhasil bersaing ketat dengan gim sejenisnya, seperti PlayerUnknown's Battlegrounds (PUBG), Fortnite dimainkan di banyak platform gim mulai dari konsol, PC, dan terkini di smartphone.

Informasi, gim tersebut sudah dimainkan dan diunduh hingga ratusan juta kali. Disebutkan, Fortnite sudah meraup pendapatan lebih dari US$1 miliar (sekira Rp 15 triliun).

 

2 of 3

Cara Unduh Gim Fortnite untuk Perangkat Android

Fortnite sudah meluncur resmi di Android. Liputan6.com/ Yuslianson

Epic Games akhirnya mengumumkan gim Fortnite resmi tersedia untuk pengguna perangkat Android dan dapat diunduh bebas.

Sebelumnya, pengembang hanya mengizinkan sejumlah pemain yang sudah mendapatkan undangan terlebih dulu.

Seperti yang sudah diketahui, Epic memilih untuk tidak memasarkan gim ini lewat Google Play Store. Jadi, pengguna Android yang ingin memain Fortnite harus mengunduhnya langsung dari tautan yang disediakan oleh Epic.

Dikutip dari Game Spot, Senin (15/10/2018), pengguna Android harus mengunjungi situs resmi Fortnite untuk mengunduh installer-nya terlebih dulu. Setelah itu, pengguna tinggal memasangnya dan melanjutkan proses pengunduhan gim sebelum memainkannya.

Namun, perlu diketahui bukan berarti gim Fortnite ini kompatibel dengan seluruh model perangkat Android. Alasannya, gim ini sebenarnya baru benar-benar dapat digunakan di perangkat dengan spesifikasi tinggi.

Epic sendiri memiliki spesifikasi minimal untuk perangkat Android yang dapat memainkan Fortnite, seperti sistem operasi yang direkomendasikan adalah Android 8.0 Pie atau versi di atasnya.

Perangkat tersebut juga setidaknya harus memiliki RAM 3GB, dengan kapasitas yang disarankan RAM 4GB. Sementara untuk kemampuan grafis, perangkat itu sebaiknya didukung Adreno 530 atau di atasnya, Mali-G71 MP20, Mali-G72 MP12 hingga versi terkini.

 

3 of 3

Daftar Perangkat Android yang Mendukung Fortnite

Gim Fortnite di Galaxy Note 9 (Liputan6.com/ Agustin Setyo W)

Untuk mengetahui lebih lengkap model smartphone yang dapat menjalankan Fortnite, berikut ini ada daftar lengkap perangkat Android yang sudah mendukungnya.

Samsung : Galaxy S7, Galaxy S7 Edge, Galaxy S8/Galaxy S8 Plus, Galaxy S9/Galaxy S9 Plus, Galaxy Note 9, Tab S3, dan Tab S4

Google : Pixel/Pixel XL dan Pixel 2/Pixel 2 XL

Asus : ROG Phone, Zenfone 4 Pro, Zenfone 5Z, Zenfone V

Huawei: Honor 10, Honor Play, Mate 10/Pro, Mate RS, Nova 3, P20 / Pro, V10

LG: G5, G6, G7 ThinQ, V20, V30/V30+

Nokia: 8

Razer: Phone

Xiaomi: Blackshark, Mi 5/5S/5S Plus, 6/6 Plus, Mi 8/8 Explorer / 8SE, Mi Mix, Mi Mix 2, Mi Mix 2S, Mi Note 2

Lenovo: Moto Z/Z Droid, Moto Z2 Force

Sony: Xperia XZ/Premium, XZs, XZ1/Compact, XZ2/Premium/Compact, XZ3

OnePlus: 5/5T,6

Essential: PH-1

ZTE: Axon 7/7s, Axon M, Nubia Z17 / Z17s, Nubia Z11

HTC: 10, U Ultra, U11/U11+, U12+

(Ysl/Isk)

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

Lanjutkan Membaca ↓