Gahar, Ini 3 Smartphone dengan RAM 10GB

Oleh Agustinus Mario Damar pada 27 Okt 2018, 08:00 WIB
Diperbarui 27 Okt 2018, 08:00 WIB
Xiaomi Black Shark Helo

Liputan6.com, Jakarta - Perkembangan smartphone harus diakui sulit dibendung. Baik dari spesifikasi atau fitur, setiap vendor smartphone tak ragu untuk jor-joran membenamkan yang terbaik.

Salah satu yang terlihat perkembangannya adalah penggunaan RAM di smartphone saat ini. Beberapa tahun lalu, RAM yang dibenamkan berkisar 2GB atau 3GB, tapi kini RAM 4GB hingga 6GB sudah menjadi hal yang lumrah.

Bahkan, sejumlah vendor smartphone kini sudah menggunakan RAM lebih yang besar, yakni 10GB. Meski belum banyak diadopsi vendor, penggunaan RAM 10GB bukan tidak mungkin akan makin berkembang di masa depan.

Alasannya, kebutuhan komputasi dengan smartphone akan makin tinggi dan biasanya diimbangi spesifikasi kelas premium.

Untuk mengetahui model smartphone apa saja yang sudah menggunakan RAM 10GB, berikut beberapa model yang sudah dihimpun Tekno Liputan6.com, Sabtu (27/10/2018).

1, Black Shark Halo

Smartphone gaming terbaru Xiaomi ini baru saja diperkenalkan beberapa hari lalu. Kendati demikian, Black Shark Halo mengusung spesifikasi RAM di atas rata-rata smartphone kebanyakan.

Alasannya, varian yang paling tinggi dipersenjatai oleh RAM 10GB dan memori internal 256GB. Sama seperti smartphone premium lain, Xiaomi memakai chipset Snapdragon 845 untuk mempersenjatai perangkat ini.

Dari sisi fotografi, Black Shark Helo memiliki dual camera 12MP+20MP (masing-masing mempunyai aperture f/1.8) dan kamera selfie 20MP dengan aperture f / 2.2.

Sayangnya, harga Black Shark Helo versi 10GB dengan ROM 256GB belum diungkap. Selain varian 10GB, smartphone yang menjalankan Android 8.1 Oreo ini juga memiliki model dengan RAM 6GB dan 8GB.

2 dari 3 halaman

2. Mi Mix 3

Xiaomi Mi Mix 3
Xiaomi Mi Mix 3 (Foto: screenshot The Verge)

Tidak hanya Black Shark Halo, Xiaomi juga memiliki varian smartphone lain dengan RAM 10GB, yakni Mi Mix 3. Hadir sebagai flagship smartphone, Mi Mix 3 memiliki rasio screen-to-body sebesar 93,4 persen.

Mirip Black Shark Halo, varian RAM 10GB Mi Mix 3 juga didukung dengan chipset Snapdragon 845.

Varian RAM 10GB dengan memori internal 256GB ini merupakan versi khusus 'Forbidden City Palace Museum' yang dijual dengan harga US$ 720 (Rp 10,9 juta).

Secara keseluruhan, Mi Mix 3 memiliki empat kamera, dua di depan dan dua di belakang. Kamera depannya beresolusi 24MP dan 2MP, sedangkan dua kamera belakangnya sama-sama beresolusi 12MP.

Xiaomi turut membenamkan tombol khusus yang berfungsi untuk mengaktifkan asisten virtual Xiao AI. Smartphone ini dibekali dengan multi-function NFC, dual frequency GPS, dan 4x4 MIMO.

3 dari 3 halaman

3. Oppo Find X

Oppo Find X
Tampilan depan Oppo Find X. Liputan6.com/ Agustin Setyo Wardani

Awalnya, Oppo Find X disebut-sebut akan menjadi smartphone pertama yang memiliki RAM 10GB. Namun begitu Xiaomi merilis Black Shark dan Mi Mix 3, prediksi itu dipastikan meleset.

Kendati tidak sesuai prediksi sejumlah pihak, bukan berarti Oppo membatalkan kehadiran Find X varian RAM 10GB ini hadir ke pasaran. Terlebih, perangkat ini sudah terdaftar di TENAA (badan sertifikasi Tiongkok).

Berdasarkan daftar TENAA, varian RAM 10GB ini akan dipadukan dengan memori internal 256GB. Sementara dari sisi jeroan lain, smartphone ini masih dibekali dengan chipset Snapdragon 845.

Oppo Find X dibekali kamera utama ganda dengan resolusi 16MP dan 20MP. Sementara untuk kamera depannya, Oppo membekali Find X dengan kamera selfie 25MP.

(Dam/Isk)

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

Lanjutkan Membaca ↓