Daftar Smartphone Xiaomi yang Siap Adopsi Android Pie

Oleh Agustinus Mario Damar pada 27 Okt 2018, 10:00 WIB
Diperbarui 29 Okt 2018, 06:13 WIB
Logo Xiaomi

Liputan6.com, Jakarta - Xiaomi akhirnya merilis jadwal peluncuran pembaruan Android Pie dan Android Oreo untuk kuartal keempat 2018. Informasi ini diketahui dari daftar perusahaan yang muncul di internet beberapa waktu lalu. 

Smartphone yang masuk dalam daftar ini disebut akan mendapatkan setidaknya versi beta terlebih dulu dan mendapatkan versi utuhnya pada akhir 2018.

Dikutip dari GSM Arena, Jumat (26/10/2018), kebanyakan smartphone dalam daftar ini merupakan perangkat yang sudah menjalankan Android Oreo. Sementara masih sedikit model yang menjalankan Android Pie.

Model smartphone Xiaomi yang sudah mendapatkan pembaruan ke Android Pie berdasarkan daftar ini adalah Mi Mix 2S, Mi 8, dan Mi 8 Explorer. Sementara Mi 8 SE, Mi 8 Pro, dan Mi Max 3 akan memperolehnya akhir kuartal ini.

Informasi lain dari daftar ini adalah penundaan adopsi Oreo untuk Mi 5s Plus karena ada masalah yang belum selesai. Model lain seperti Redmi 5, Redmi 5A, Redmi 5 Plus, dan Mi 5X akan mendapatkan Oreo pada kuartal keempat 2018.

Xiaomi juga menyebut perangkat yang sudah mendapatkan dua kali pembaruan besar-besar akan absen merasakan Androd Pie. Sejumlah smartphone dengan model lawas juga dipastikan tidak mendapat pembaruan.

Sayangnya, Xiaomi tidak mengungkapkan model smartphone mana saja yang tidak akan mendapatkan pembaruan Android Pie. Karenanya, menarik untuk menunggu pengumuman lebih lanjut dari perusahaan asal Tiongkok tersebut.

2 of 3

Android Pie Siap Sambangi Xiaomi Mi A1?

Mi A1
Xiaomi Mi A1. Liputan6.com/Iskandar

Sebelumnya, Xiaomi juga dilaporkan tengah bersiap menggulirkan pembaruan Android Pie untuk Mi A1.

Informasi ini diketahui dari situs pengukuran benchmark Geekbench beberapa waktu lalu.

Dikutip dari Gizmochina, daftar Geekbench menunjukkan ada model Mi A1 yang menjalankan Android 9.0 Pie.

Skor pengujian memperlihatkan angka 932 poin untuk tes singlecore, sedangkan untuk tes multicore tercatat angka 4.470.

Catatan pengujian skor di Geekbench menunjukkan angka yang lebih tinggi dari versi sebelumnya.

Ada kemungkinan sistem operasi terbaru yang dibenamkan turut berpengaruh pada performanya.

Namun, hingga saat ini Xiaomi sendiri belum mengungkap jadwal perilisan Android 9 Pie untuk smartphone-nya.

Karenanya, dibutuhkan waktu beberapa bulan sebelum perusahaan asal Tiongkok itu merilis pembaruan sistem operasi ke Mi A1.

3 of 3

Google Ungkap Alasan Pakai Nama Android Pie

Android Pie
Android Pie. (Doc: Android Guys)

Android adalah sistem operasi besutan Google yang kerap mengusung nama-nama kudapan manis. Ambil contoh seperti Nougat, Oreo, hingga yang terbaru: Android Pie.

Lantas, apa alasan Google memiliki nama kue pie sebagai nama sistem operasi terbarunya ini?

Disampaikan Engineering Director Google, Andrei Popescu, alasan mengapa raksasa teknologi yang dipimpin Sundar Pichai memilih Android Pie sebagai nama sistem operasi Android 9.0 tak lain karena menilai kesederhanaan dari kue pie itu sendiri.

“Pemilihan nama ini adalah tujuan yang sama kami usung bersama Android,” kata Andre, sebagaimana dikutip dari BBC, Rabu (8/8/2018).

“Android Pie adalah tentang kecerdasan buatan dan User Interface (UI) yang lebih sederhana dan intuitif, kami pikir itu sesuai dengan karakteristik kue pie yang sederhana dan tidak repot membuatnya,” lanjutnya.

(Dam/Isk)

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini: 

Lanjutkan Membaca ↓