Sukses

Pemerintah Targetkan 8 Juta UMKM Berbasis Digital Pada Tahun Depan

Kemkominfo menargetkan sebanyak delapan juta UMKM akan menjalankan bisnis berbasis pada aplikasi teknologi digital pada akhir 2019.

Liputan6.com, Jakarta - Kemajuan teknologi digital mendorong pemerintah untuk ikut mengembangkannya di dalam Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM). Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemkominfo) menargetkan sebanyak delapan juta UMKM akan menjalankan bisnis berbasis pada aplikasi teknologi digital pada akhir 2019.

Target tersebut lebih cepat daripada sebelumnya yang diharapkan terealisasi pada 2020. Saat ini sekira 6,5 juta UMKM atau setara dengan 82 persen dari target delapan juta, telah memanfaatkan teknologi digital.

"Mudah-mudahan akhir tahun 2019 semua UMKM sudah merambah ke teknologi digital. Kita juga sama-sama tahu sekitar 50 persen ekonomi Indonesia berasal dari UMKM," tutur Menkominfo, Rudiantara, seperti dikutip dari keterangan resminya, Kamis (25/10/2018).

Proses digitaliasi UMKM, kata Rudiantara, sebenarnya sudah dapat dilihat melalui berbagai platform e-commerce startup, seperti Bukalapak dan Tokopedia. Menurutnya, kedua platform secara jelas turut serta menyumbang dan mendorong pertumbuhan perekonomian Indonesia.

"Dari Tokopedia saja sudah membantu proses digitalisasi sebanyak 2 juta UMKM, kemudian Bukalapak juga seperti itu, pelapaknya atau merchant itu kan kebanyakan UMKM," ujar Rudiantara.

Berdasarkan data Badan Pusat Statistik (BPS) 2017, kontribusi UMKM terhadap ekonomi Indonesia dapat dikategorikan sangat besar yakni 64,41 persen atau mencapai Rp 850 triliun per tahun pada produk domestik bruto (PDB).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Infrastruktur TIK

Guna mencapai target digitalisasi UMKM, Rudiantara menilai perlu kesiapan infrastruktur Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) agar dapat membangun konektivitas yang berdampak kepada produktivitas pelaku bisnis startup, UMKM dan UKM, untuk turut mendorong perekonomian bangsa.

Pembangunan TIK juga bertujuan meningkatkan kualitas Sumber Daya Manusia (SDM) di daerah Terluar, Terdepan dan Tertinggal (3T).

"Pemerintah melalui Kemenkominfo sedang dalam proses untuk membangun satelit Palapa Ring sebagai siasat untuk memberikan akses internet ke seluruh kantor desa, sekolah dan puskesmas di wilayah 3T," jelasnya.

Rudiantara memperkirakan satelit tersebut tersebut sudah dapat beroperasi pada akhir 2022. Sampai saat ini, katanya, sudah ada 61.000 desa yang terhubung internet 4G dari keseluruhan 75.000 desa di Indonesia.

Satelit Palapa Ring merupakan proyek infrastruktur telekomunikasi pembangunan serat optik di seluruh Indonesia sepanjang 36.000 kilometer.

Palapa Ring terdiri dari tujuh lingkar kecil serat optik untuk wilayah Sumatera, Jawa, Kalimantan, Nusa Tenggara, Papua, Sulawesi, dan Maluku, serta satu backhaul menghubungkan semuanya.

(Din/Ysl)

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.