Deretan Ponsel Huawei Ini Bisa Ikuti Program Beta Android 9 Pie

Oleh Andina Librianty pada 27 Okt 2018, 09:00 WIB
Diperbarui 27 Okt 2018, 09:00 WIB
Android Pie

Liputan6.com, Jakarta - Huawei menambah jumlah perangkat yang akan mendapatkan pembaruan OS ke Android 9 Pie. Setelah gelombang pertama sebanyak 9 varian, kini ada 13 perangkat lain yang mencakup smartphone dan tablet.

Dilansir Phone Arena, Sabtu (27/10/2018), perangkat yang termasuk dalam gelombang kedua tersebut adalah Huawei Mate 9, Huawei Mate 9 Porsche Design, Huawei Mate 9 Pro, Huawei P10, Huawei P10 Plus, Huawei Nova 3 dan Huawei Nova 2S.

Kemudian ada Honor Note 10, Honor V9, Honor 9, Huawei MediaPad M5 8.4, Huawei MediaPad M5 10.8, dan Huawei MediaPad M5 Pro 10.8.

Seluruh perangkkat tersebut untuk saat ini bisa mengikuti program beta Android 9 Pie.

Biasanya setelah melalui program ini, baru bisa mencicipi versi final OS terbaru itu. Program beta ini sudah bisa dijajal oleh pengguna di Tiongkok, kemudian setelahnya secara perlahan dirilis di Eropa.

Sebelumnya, Huawei beberapa bulan lalu mengumumkan akan ada sembilan smartphone yang mendapatkan pembaruan OS ke Android 9 Pie pada akhir tahun ini. Beberapa sudah menerima pembaruan, sedangkan yang lain masih berada di dalam program beta Android 9 Pie.

Adapun sembilan smartphone tersebut adalah Huawei Mate 10, Huawei Mate10 Porsche Design, Huawei Mate 10 Pro, Huawei Mate RS Porsche Design, Huawei P20, Huawei P20 Pro, Honor 10 (Honor View 10), Honor V10, dan Honor Play.

Beberapa perangkat yang sekarang sedang dalam program beta, kemungkinan akan merima versi final Android 9 Pie pada akhir tahun ini. Namun, sejauh ini belum ada rincian waktu peluncurannya.

2 dari 2 halaman

Huawei Tidak Bakal Jual Mate 20 di AS

Huawei Mate 20
Peluncuran Huawei Mate 20 dan Mate 20 Pro di London. (Doc: Huawei)

Lebih lanjut, keinginan Huawei untuk memasuki pasar smartphone Amerika Serikat (AS) masih belum tercapai karena isu keamanan nasional. Oleh sebab itu, perusahaan juga tidak bisa merilis smartphone flagship barunya, Mate 20, di negara tersebut.

Pihak Huawei mengatakan kepada Business Insider, perusahaan tidak berencana menjual varian seri Mate 20 apa pun di AS. Berdasarkan pernyataan itu, maka konsumen di sana tidak akan bisa membeli seri Mate 20 secara resmi atau langsung dari Huawei.

Kendati demikian, bukan berarti konsumen Negeri Paman Sam tidak bisa benar-benar memiliki smartphone tersebut. Mereka kemungkinan masih bisa menemukan varian internasional Mate 20 di berbagai ritel online.

Jika demikian, Huawei mengingatkan konsumen agar membaca dengan seksama soal garansi dan kompatibilitas jaringan sebelum membeli Mate 20.

Di sisi lain, Huawei akan menjual Watch GT di AS. Harga jual smartwatch ini akan diumumkan dalam waktu dekat.

Adapun Mate 20 merupakan seri smartphone baru yang diumumkan oleh Huawei pada 16 Oktober di London, Inggris. Keluarga besar Mate 20 hadir dalam tiga varian,yakni Mate 20, Mate 20 Pro dan Mate 20 X.

Mate 20 merupakan seri flagship kedua yang dirilis Huawei pada tahun ini. Sebelumnya, flagship lain yakni Huawei P20, diumumkan pada semester I 2018.

(Din/Ysl)

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

Lanjutkan Membaca ↓