Ingin Cegah Kecanduan Smartphone? Aplikasi Ini Patut Kamu Pakai

Oleh Yuslianson pada 24 Okt 2018, 08:00 WIB
Diperbarui 25 Okt 2018, 10:14 WIB
[Bintang] Ilustrasi Main Handphone atau Smartphone

Liputan6.com, Jakarta - Entah ingin update status di media sosial, buka email, atau chatting, ada saja alasan yang digunakan untuk memakai smartphone.

Lainnya, beralasan sulit melepaskan diri dari smartphone karena kebutuhan untuk menghabiskan waktu, dengan bermain gim atau yang lainnya.

Meski memang berfungsi untuk mengakomodir berbagai kebutuhan, kamu harus mengingat agar dapat mengatur waktu sehingga tidak terlalu sering menggunakan smartphone dan berujung menjadi kecanduan.

Jika kamu termasuk pengguna yang sudah sulit lepas dari perangkat mobile tersebut, maka ada baiknya untuk menggunakan aplikasi Quality Time.

Informasi, Quality Time merupakan aplikasi gratis yang memiliki kemampuan untuk melacak penggunaan perangkat mobile kamu.

Uniknya, aplikasi ini memiliki kemampuan untuk melacak pola penggunaan perangkat secara real time dan berjalan secara otomatis.

Untuk sebuah aplikasi pelacak pola penggunaan perangkat, Quality Time hadir dengan tampilan yang sederhana dan sangat mudah dipakai.

 

2 dari 3 halaman

Laporan Data Pengguna Lengkap

Aplikasi Qulity Time. (Doc: Istimewa)

Meski memiliki tampilan muka (user interface, UI) yang sederhana, aplikasi ini mampu memberikan laporan secara terperinci hingga hitungan detik.

Tak hanya berdasarkan harian, kamu juga akan mendapatkan laporan lengkap setiap minggunyaa. Kamu juga bisa mengetahui aplikasi apa saja yang paling sering digunakan.

Karena mampu mendata aplikasi apa saja yang sering digunakan, kamu bisa memberikan batasan waktu yang paling wajar ketika membuka aplikasi tersebut.

3 dari 3 halaman

Fitur Take a Break

Aplikasi Quality Time. (Doc: Istimewa)

Selain beberapa fitur yang disebutkan di atas, Quality Time juga memiliki fitur "Take a Break".

Dengann menyalakan fitur ini, kamu dapat memblokir notifikasi dan panggilan yang masuk ke smartphone ketika sedang menghabiskan waktu bersama keluarga ataupun teman.

**Artikel ini merupakan hasil kerja sama Tekno Liputan6.com dengan situs teknologi JalanTikus.com. Untuk informasi mengenai tips dan ulasan teknologi, kunjungi www.jalantikus.com.

(Ysl/Jek)

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

Lanjutkan Membaca ↓