Samsung Siapkan GPU Khusus untuk Smartphone Gaming

Oleh Agustinus Mario Damar pada 23 Okt 2018, 17:30 WIB
Diperbarui 23 Okt 2018, 18:17 WIB
Samsung Galaxy A9

Liputan6.com, Jakarta - Kabar mengenai smartphone gaming Samsung kembali terdengar. Kali ini, informasi terbaru menyebut bahwa perusahaan asal Korea Selatan itu menyiapkan GPU khusus untuk perangkat ini.

Informasi pertama kali diungkap oleh akun Ice Universe yang kerap membocorkan informasi perangkat terbaru.

Dikutip dari Phone Arena, Selasa (23/10/2018), keputusan untuk menghadirkan GPU khusus ini tidak lepas dari keberhasilan perusahaan.

Sebelumnya, pada Juni 2018, Samsung memang sedang mengembangkan GPU baru yang digunakan untuk perangkat low-end.

Penggunaan GPU buatan sendiri memang menjadi opsi bagi perusahaan yang ingin memangkas biaya produksi.

Mengingat keberhasilan tersebut, ada kemungkinan Samsung berencana mengembangkan GPU tersebut untuk perangkat kelas atas.

Karenanya, sebagai produk awal, Samsung memilih smartphone gaming besutannya untuk memakai GPU itu.

Sayangnya, hingga sekarang belum ada informasi lengkap seputar smartphone gaming tersebut.

Namun, ada kemungkinan perangkat ini berhubungan dengan model Samsung Galaxy A yang akan dipersenjatai dengan chipset Snapdragon 845.

Seperti diketahui, selain chipset kelas mumpuni, perangkat kabarnya akan dibekali RAM 8GB dan memori internal 128GB. Ada pula yang menyebut varian memori internal 64GB dan 256GB akan tersedia.

Untuk menunjang performanya, smartphone tersebut akan didukung baterai berkapasitas 4.000mAh dan menjalankan Android 8.1 Oreo. Tidak lupa, Samsung juga akan menyertakan sistem water carbon cooling mirip yang ada di Galaxy Note 9.

Sementara dari sisi desain, perangkat ini akan mengadopsi tampilan Galaxy A7 dan Galaxy A9 yang baru saja rilis. Jadi, akan ada paduan kaca dan aluminium sebagai pembungkus bodi dengan desain layar Infinity Display.

2 dari 3 halaman

Ikuti Jejak Razer dan Xiaomi, Samsung Juga Garap Smartphone Gaming?

Samsung MWC
Booth Samsung di gelaran Mobile World Congress 2018. (Liputan6.com/ Agustin Setyo W)

Kabar mengenai smartphone gaming ini sebenarnya sudah diketahui sejak Juli 2018. Informasi itu terkuak dari akun Twitter MMDDJ_. Ia mengungkap Samsung memang benar-benar mempersiapkan smartphone gaming

Sayangnya, pembocor rahasia terpercaya di industri smartphone tersebut tidak memberikan informasi lebih lanjut, seperti spesifikasi atau fitur unggulan apa yang akan diusung.

Berkaca dari kemampuan hardware Razer Phone dan Xiaomi Black Shark, sudah pasti jika perusahaan asal Korea Selatan tersebut bakal menggunakan spesifikasi terbaik di kelasnya.

Bila tidak menggunakan spesifikasi hardware terbaik di kelasnya, kemungkinan smartphone gaming besutan Samsung ini tidak berbedad dari seri Galaxy S ataupun Galaxy Note.

3 dari 3 halaman

Ubah Strategi, Samsung Pilih Benamkan Teknologi Baru di Seri Galaxy A

Samsung Galaxy Note 9
Head of IT and Mobile Communications Division Samsung, DJ Koh, ungkap Galaxy Note 9.

Apabila Samsung benar-benar ingin memperkenalkan smartphone gaming lewat model Galaxy A, berarti perusahaan benar-benar serius untuk menghadirkan teknologi terbarunya di perangkat kelas menengah. 

Perubahaan strategi ini diketahui dari pernyataan President Mobile Communications Samsung Electronics DJ Koh dalam wawancara dengan CNBC beberapa waktu lalu.

Menurut Koh, sebelumnya Samsung lebih memilih membenamkan teknologi baru di perangkat kelas premium.

Namun saat ini, perusahaan asal Korea Selatan tersebut memilih untuk menggesernya ke perangkat kelas menengah.

Dengan kata lain, teknologi terkini dari Samsung akan lebih dulu menyambangi model Galaxy A sebagai perangkat kelas menengah. Adapun perangkat pertama dari perubahan keputusan ini akan meluncur pada akhir 2018.

"Sebelumnya, kami selalu membawa teknologi baru ke model flagship dan membawanya ke perangkat menengah. Namun, kami telah mengubah strategi itu dengan membawa teknologi baru ke model kelas menengah," tuturnya seperti dikutip dari CNBC.

(Dam/Jek)

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini: 

Lanjutkan Membaca ↓