Smartphone Baru Samsung Dibekali Snapdragon 710?

Oleh Agustinus Mario Damar pada 22 Okt 2018, 18:00 WIB
Samsung MWC

Liputan6.com, Jakarta - Samsung dikenal sebagai salah satu vendor yang memilih untuk memakai chipset produksi sendiri untuk smartphone-nya.

Kebijakan ini berlaku untuk smartphone kelas bawah, menengah, hingga premium.

Namun, strategi Samsung diketahui sudah mulai berubah, khususnya untuk perangkat kelas menengah.

Alasannya, perusahaan asal Korea Selatan itu memilih untuk menyematkan Snapdragon 660 di Galaxy A9, smartphone pertama dengan empat kamera utama.

Kini, seperti dikutip dari Phone Arena, Senin (22/10/2018), keputusan untuk menggunakan chipset besutan Snadragon di perangkat kelas menengah kembali dilakukan.

Seorang sumber anonim menyebut Samsung sedang menyiapkan smartphone dengan Snapdragon 710.

Melihat spesifikasi yang diusung, smartphone ini akan diposisikan berada sebagai generasi A paling tinggi. Sayangnya, informasi lain seputar spesifikasi perangkat ini belum terungkap.

Kendati demikian, dapat dipastikan smartphone ini akan mengusung spesifikasi yang tidak berbeda jauh dari model Galaxy A lain. Salah satunya adalah desain layar Infinity Display.

Menurut prediksi, smartphone akan mulai dijual pada awal Januari tahun depan. Oleh sebab itu, Samsung besar kemungkinan akan memperkenalkan produk ini pada Desember 2018.

2 of 3

Samsung Galaxy A9 Resmi Melenggang dengan 4 Kamera Utama

Samsung Galaxy A9. Liputan6.com/Jeko I.R
Bodi belakang Samsung Galaxy A9. Liputan6.com/Jeko I.R

Samsung akhirnya resmi memperkenalkan smartphone terbarunya di kuartal ketiga 2018.

Seri yang dimaksud tak lain adalah Galaxy A9, yang ditujukan khusus untuk segmen mid range alias kelas menengah.

Sesuai dengan rumor yang sudah berseliweran di media sosial selama beberapa pekan terakhir, Galaxy A9 benar hadir dengan empat kamera utama.

Masing-masing lensa dibekali kemampuan spesifik. Dengan demikian, Samsung Galaxy A9 bisa dikatakan dapat menjadi smartphone pertama yang hadir dengan empat kamera utama di kelasnya.

"Kami merancang inovasi terbaru pada model anyar smartphone Samsung khusus untuk pengguna yang gemar travel dan selfie," ujar Eugene Goh VP, Samsung South East Asia and Oceania di acara 4x Fun di Kuala Lumpur, Malaysia, Kamis (11/10/2018).

"Galaxy A9 juga merupakan smartphone pertama di dunia yang hadir dengan empat kamera utama," tambahnya.

Empat kamera utama tersebut, meliputi lensa ultra wide dengan resolusi 8MP, bukaan f/2.4 dalam sudut 120 derajat, lalu lensa telephoto beresolusi 10MP, bukaan f/2.4 dengan Optical Zoom 2x.

Kemudian, ada juga lensa utama 24MP dengan bukaan f/1.7, dan lensa Depth Camera dengan resolusi 5MP, bukaan f/2.2 dengan Live Focus. Sementara, kamera selfie-nya beresolusi 24MP.

3 of 3

Baterai Besar

Galaxy A9
Samsung Galaxy A9. Liputan6.com/ Jeko Iqbal Reza

Terkait detail berikutnya, Galaxy A9 mengusung bentang layar berukuran 6,3 inci Super AMOLED.

Smartphone ini diperkuat baterai 3.800mAh dengan USB type C, yang dilengkapi teknologi pengisian daya cepat Quick Charge 2.0.

Galaxy A9 juga ditenagai prosesor Qualcomm Snapdragon 660 dengan RAM 6 GB serta dan internal 128 GB. Kurang luas? Tenang, masih ada slot microSD yang mendukung hingga 512 GB.

Untuk ketersediaan produk, DJ Koh, Head of IT & Mobile Communications (IM) Division Samsung, mengatakan Galaxy A9 akan tersedia pada November 2018. 

(Dam/Jek)

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

Lanjutkan Membaca ↓