Sukses

Peran Penting Data Center yang Bersifat Always On

Perusahaan berprinsip dan berharap bahwa layanan yang disediakan provider dapat diperoleh secara real-time dan kapan pun mereka inginkan secara Always On

Liputan6.com, Jakarta - Peran data center tentunya sangat vital bagi perusahaan karena berfungsi sebagai infrastruktur yang mendukung proses bisnis operasional data. Hal ini pun menuntut perusahaan harus cermat dalam menentukan penyedia layanan data center yang tepat dan dapat diandalkan.

CEO Telkomsigma, Iskriono Windiarjanto mengatakan layanan data center harus diserahkan kepada provider dengan track-record terbaik dari segi aspek ketahanan dan keamanan layanan yang dikelola secara best practice dan mengacu pada standar internasional.

"Jika melihat kacamata konsumen, mereka tentu tidak peduli apa itu server down, gangguan teknis dan sebagainya. Mereka berprinsip dan berharap bahwa layanan yang disediakan provider dapat diperoleh secara real-time dan kapan pun mereka inginkan secara Always On," ujar Iskriono dalam keterangannya, Sabtu (20/10/2018).

Telkomsigma memiliki tiga data center enterprise yang berada di Serpong, Sentul, dan Surabaya. Fasilitas itu diklaim dapat menyediakan layanan data center yang bersifat “Always On”.

"Layanan Data center Telkomsigma dirancang dengan mengacu pada standar internasional Uptime Institute Tier III dan Tier IV, berikut didukung konektivitas dari Telkom Indonesia dengan cakupan yang sangat besar," ucapnya memaparkan.

Untuk kebutuhan pelanggan small and medium-sized enterprises (SME), Telkomsigma menyediakan layanan data center di 12 kota yang tersebar di Indonesia yaitu Jakarta, Serpong, Bandung, Semarang, Yogyakarta, Surabaya, Batam, Medan, Bali, Balikpapan, Makassar, dan Manado.

Lokasi data center Telkomsigma dipastikan akan terus bertambah seiring meningkatnya kebutuhan solusi ICT di industri 4.0 dan juga untuk mendukung teknologi Edge Computing.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Pengakuan dari Lembaga Sertifikasi Internasional

Di level Asia Tenggara, Telkomsigma juga telah memperoleh pengakuan dari Lembaga sertifikasi internasional, Uptime Institute, sebagai data center yang pertama menerima Sertifikat Tier III OPERATIONS dengan Peringkat GOLD. Sertifikasi ini memperkuat kemampuan data center Telkomsigma untuk menghindari kesalahan, menjaga fungsionalitas TI, dan mendukung operasional yang efektif.

Proses Sertifikasi Tier memastikan operasional selaras dengan tujuan bisnis organisasi, ekspektasi availability.

Selain itu, keberhasilan data center Telkomsigma Surabaya tahun ini dalam melalui proses audit Tier Certification of Constructed Facility (TCCF) dari Uptime Institute, akan menjadi perolehan Sertifikat Tier IV FACILITY pertama bagi penyedia layanan data center di Indonesia.

Telkomsigma juga memiliki ketersediaan layanan data center secara menyeluruh dan bersifat carrier neutral. Data center yang dikelola Telkomsigma tersebar di seluruh Indonesia dan dirancang khusus untuk memenuhi kebutuhan layanan pusat data, baik untuk bisnis berskala SME hingga enterprise.

Dengan keunggulan tersebut, Telkomsigma siap melakukan take action guna mengelola seluruh data center services berbagai perusahaan dari segala segmen industri yang ingin berfokus pada bisnis utama, dengan proses migrasi singkat hanya dalam hitungan jam.

(Isk/Jek)

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.