Smartphone Lipat 5G Huawei Bakal Meluncur 2019

Oleh Agustin Setyo Wardani pada 20 Okt 2018, 10:00 WIB
Huawei Mate 20 Pro

Liputan6.com, Jakarta - Di sela peluncuran flagship smartphone Huawei terbaru, yakni Huawei Mate 20 dan Huawei Mate 20 Pro, CEO Huawei Richard Yu mengonfirmasi kabar lain tentang smartphone lipat mereka.

Sebagaimana dikutip Tekno Liputan6.com dari Phone Arena, Sabtu (20/10/2018), Richard Yu menyebutkan rencana perusahaan Tiongkok itu merilis smartphone lipat tahun depan.

Yu juga menyebutkan, smartphone lipat ini akan mendukung jaringan 5G.

Keterangan yang diberikan Yu ini cukup sejalan dengan pejabat eksekutif Huawei lainnya, yakni Ken Hu. Bulan lalu, di World Economic Forum, Ken Hu mengatakan, smartphone 5G pertama Huawei memiliki merupakan sebuah smartphone lipat.

Dia bahkan mengatakan, smartphone lipat 5G akan dirilis setidaknya pada Juni 2019.

Bulan lalu, Richard Yu pernah mengatakan, nantinya smartphone lipat bisa menggantikan komputer, karena smartphone lipat bisa disimpan di saku pakaian pengguna dan dikeluarkan saat ingin dipakai.

Layarnya pun bisa menjadi lebih besar saat dibuka, mungkin ukuran layarnya bisa seukuran layar tablet.

2 of 3

Smartphone Lipat Samsung

Samsung MWC
Pengunjung booth Samsung di MWC 2018 melihat-lihat ekosistem Smart Home. (Liputan6.com/ Agustin Setyo W)

Smartphone lipat memang kini jadi produk yang tengah dikembangkan oleh banyak vendor smartphone. Samsung, perusahaan teknologi asal Korea Selatan juga beberapa kali dilaporkan segera merilis smartphone lipatnya.

Bahkan dalam laporan terbaru, Samsung akan jadi vendor pertama yang merilis smartphone lipatnya yang namanya disebut-sebut sebagai Galaxy F.

Beberapa spesifikasi perangkat lipat Samsung kabarnya akan diumumkan pada konferensi pengembang Samsung, 7 November mendatang.

Kabarnya, Samsung akan merilis smartphone lipatnya pada Januari 2019 di ajang Consumer Electronics Show di Las Vegas.

Sekadar informasi, saat Galaxy F dalam kondisi terlipat, layarnya memiliki ukuran 4,6 inci. Namun begitu layar dibuka, layar Galaxy F bisa mengembang hingga 7,3 inci.

3 of 3

Smartphone Lipat Berjaringan 5G

DJ Koh, Head of IT & Mobile Communications (IM) Division saat berbicara di atas panggung peluncuran Samsung Galaxy S9 di Fira Barcelona Gran Via, Spanyol. Liputan6.com/Agustin Setyo W
DJ Koh, Head of IT & Mobile Communications (IM) Division Samsung saat berbicara di atas panggung peluncuran Samsung Galaxy S9 di Fira Barcelona Gran Via, Spanyol. Liputan6.com/Agustin Setyo W

Pada Agustus lalu, Presiden Divisi Mobile Samsung DJ Koh mengatakna, Galaxy S10 bukanlah smartphone pertama perusahaan yang didukung jaringan 5G.

Dari kabar ini, Galaxy F yang kemungkinan akan menjadi smartphone 5G pertama perusahaan.

(Tin/Isk)

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

Lanjutkan Membaca ↓