Dorong Revolusi Industri 4.0, Teknologi Cloud Rambah Industri Manufaktur

Oleh Jeko I. R. pada 18 Okt 2018, 20:00 WIB
Cloud Storage

Liputan6.com, Jakarta - Era revolusi industri 4.0, menciptakan ekosistem di mana semua industri harus siap dengan adopsi teknologi digital yang lebih mapan.

Dalam hal ini, tren cloud pun semakin meningkat dan diimplementasikan ke berbagai sektor.

Setelah sebelumnya memperkenalkan layanan cloud solusi Azure Stack serta menjadi penyedia jasa end-to-end yang pertama di Indonesia, ViBiCloudkini menawarkan solusi berbasis cloud  businessready solution untuk mendukung proses bisnis industri manufaktur, jasa keuangan serta kesehatan.

Business-ready solution adalah sebuah layanan di mana industri tertentu seperti industri pelayanan kesehatan, bank dan pemasaran digital menyediakan solusi bisnis dengan bekerjasama dengan para pengembang di bidang industri tersebut.

Layanan baru business–ready solution ini juga mendukung setiap perusahaan dalam proses bisnis sehingga dapat berjalan lebih sederhana, cepat dan dapat diandalkan serta dalam mendukung implementasi dari program Kementerian Perindustrian Indonesia yaitu Industri 4.0.

Sebagai bentuk dukungan dalam program industri 4.0, ViBiCloud berikeinginan untuk menjadi jembatan bagi para pengembang dan startup lokal sehingga dapat memajukan ekosistem industri di Indonesia.

Alfonsus Bram, CEO & Founder ViBiCloud, berkata kalau layanan ViBiCloud business-ready solution menghadirkan layanan inovasi solusi demi mempercepat pengembangan dan penyebaran untuk transformasi digital di dalam Industri 4.0.

Selain itu pula, kerjasama dengan para pengembang untuk industri manufaktur, bank, jasa keuangan serta kesehatan dapat mempercepat adopsinya sehingga para pemilik bisnis hanya berfokus pada core business mereka.

"Dengan ini pula, kami sangat terbuka untuk dapat bekerjasama dengan industri lainnya.” kata Alfonsus.

2 of 3

Menjaga Keamanan Data

Ilustrasi Startup, Perusahaan Teknologi, Cloud, Komputasi Awan
Ilustrasi Startup, Perusahaan Teknologi, Cloud, Komputasi Awan. Kredit: Freepik

ViBiCloud juga menegaskan menjaga keamanan data perusahaan pelanggan. Komitmen ini telah dibuktikan melalui sertifikasi ISO 27001 yang telah diraih.

ISO 27001 adalah standar internasional dalam penerapan sistem manajemen kemanan informasi atau lebih dikenal dengan Information Security Management Systems (ISMS). 

Dengan pengalaman serta portofolio lengkap untuk para pelanggan korporat di bidang industri manufaktur, jasa keuangan, dan juga kesehatan serta lebih dari 100 pelanggan, 5.000 aplikasi di lebih dari 10 negara didunia, ViBiCloud juga didukung oleh dan bermitra dengan merek teknologi ternama seperti HPE (Hewlett Packard Enterprise), Microsoft dan AiChat sebagai penyedia cloud service ternama.

"Pertumbuhan teknologi cloud ini membawa manfaat besar bagi perusahaan dalam hal proses yang lebih disederhanakan, penyimpanan data yang lebih aman juga lebih efisien serta layanan yang lebih cepat," jelas Mulia Dewi Karnadi, Chief Partner Officer & Director of Small Medium Corporate Segment, Microsoft Indonesia.

"Teknologi hybrid Microsoft dalam Azure Stack memungkinkan pelanggan mendapatkan manfaat dari semua keuntungan yang dimiliki solusi cloud tetapi tetap menginginkan komputasi awan mereka tetap di dalam perangkat lokal (on-premise) dan terjangkau," tambahnya.

 

3 of 3

Kecerdasan Buatan Kepada Kebutuhan Bisnis

Machine learning
Ilustrasi word cloud penyakit Alzheimer dan algoritma, machine learning, serta artificial intelligence. Liputan6.com/Mochamad Wahyu Hidayat

Pada kesempatan yang sama, Sudono Salim, Country Manager Indonesia, AiChat menuturkan kalau perusahaan saat ini seyogyanya mengetahui bahwa kecerdasan buatan bukan lagi masa depan.

Kecerdasan buatan, menurutnya justru lebih kepada kebutuhan bisnis untuk tetap relevan di dunia yang sangat kompetitif sekarang ini.

Dengan mewujudkan kesamaan visi dari Satya Nadella (CEO Microsoft), AiChat mendemokratisasikan AI agar lebih mudah diakses untuk para pengguna bisnis juga para pecinta IT.

"Dengan teknologi AiChat, kami menyediakan kemampuan untuk para pengguna bisnis mengelola AI dengan cepat dan mudah. Selain itu pula, dengan layanan jasa Azure Stack dari VibiCloud, kami menjadi platform AI conversational yang pertama dengan pusat data di Indonesia," ujar Sudono.

ViBiCloud sendiri berkomitmen ingin membantu pelanggan memaksimalkan proses transformasi digital mereka melalui berbagai layanan yang disediakannya, termasuk memberikan jasa konsultasi dan perencanaan untuk menyusun investasi TI pelanggan dan perencanaan dalam mengembangkan bisnis pelanggan di masa depan.

Selain itu, tim lokal ViBiCloud juga akan menawarkan layanan Virtual Data Center, Virtual Desktop Infrastructure, dan Backup and Disaster Recovery bagi seluruh pelanggan di wilayah nusantara.

(Jek/Ysl)

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

Lanjutkan Membaca ↓

Live Streaming

Powered by