Bos Baru Indosat Ooredoo Bicara Peluang Konsolidasi

Oleh Andina Librianty pada 18 Okt 2018, 15:57 WIB
Chris Kanter

Liputan6.com, Jakarta - Direktur Utama Indosat Ooredoo, Chris Kanter, menilai konsolidasi operator seluler sebagai salah satu peluang untuk memperkuat posisi perusahaan di industri telekomunikasi.

Kendati demikian, ia menegaskan Indosat Ooredoo tidak akan tergesa-gesa untuk melakukannya.

"Konsolidasi sudah menjadi sebuah keharusan, dan kami siap untuk membeli apabila itu memang bagus. Semua cara akan kita pakai untuk cepat menjadi nomor dua," ungkap Chris dalam acara Farewell & Welcoming President Director & CEO Indosat Ooredoo di kawasan Jakarta, Kamis (18/10/2018).

Dijelaskannya, bagian dari Ooredoo Group tersebut sebetulnya sudah tertarik untuk mengakuisisi operator seluler lain, setidaknya sejak dua tahun lalu.

Ketika masih menduduki kursi Komisaris, ia mengaku memang ada permintaan agar perusahaan melakukan akuisisi.

Sayangnya, Chris enggan merinci rencana masa lalu tersebut.

"Memang pernah ada permintaan untuk akuisisi dua tahun lalu. Saat itu, Indosat Ooredoo ingin ngambil (mengakuisisi operator)," jelas mantan Wakil Ketua Kamar Dagang dan Industri (KADIN) ini.

Lebih lanjut, Chris mengungkapkan untuk peluang akuisisi saat ini, pihaknya akan melihat berbagai kemungkinan jika memang hal tersebut perlu dilakukan.

Dukungan dari Ooredoo Group sebagai pemilik mayoritas saham, katanya, akan membuat proses akuisisi semakin mudah.

"Semua kemungkinan akan saya lihat, termasuk akuisisi merchant. Qatar (lokasi kantor pusat Ooredoo) memiliki banyak uang, akan lebih mudah untuk melakukannya (akuisisi)," tutup pria yang sebelumnya menjabat sebagai Komisaris Indosat Ooredoo selama delapan tahun itu.

2 of 3

Chris Kanter Resmi Jadi Dirut Baru Indosat Ooredoo

Chris Kanter
Joy Wahyudi bersama Chris Kanter, Dirut Indosat Ooredoo. Liputan6.com/Andina Librianty

Sepeninggal Joy Wahyudi sebagai Direktur Utama (Dirut) Indosat Ooredoo, posisinya kini akhirnya resmi dialihkan ke Chris Kanter.

Pengangkatan Chris Kanter sebagai Dirut Indosat Ooredoo ditetapkan dalam Dewan Direksi dan Dewan Komisaris pada Rapat Umum Pemegang Saham Luar Biasa (RUPSLB) yang berlangsung di Jakarta pada Rabu (17/10/2018).

RUPSLB juga menyetujui pengangkatan Eyas Naif Assaf dan Arief Musta’in sebagai Direktur Perseroan.

Selain itu RUPSLB menerima pengakhiran masa jabatan Joy Wahjudi, sebagai Direktur Utama Perseroan serta Caba Pinter dan Herfini Haryono, sebagai Direktur Perseroan.

Chris Kanter sebelumnya merupakan Komisaris Indosat Ooredoo sejak 2010 hingga 2018.

Ia adalah pengusaha Indonesia dan pemimpin di komunitas bisnis, yang berada di lini depan agenda reformasi ekonomi nasional di Indonesia.

Chris Kanter memiliki berbagai pengalaman di industri telekomunikasi, pemerintahan dan dunia bisnis serta organisasi, di antaranya Kadin.

Pengalaman ekstensif yang dimiliki Chris Kanter dari berbagai forum nasional serta internasional diharapkan akan mendukung Chris dalam memimpin pelaksanaan strategi perusahaan yang telah disiapkan oleh manajemen untuk memasuki era baru Indosat Ooredoo menjadi perusahaan telekomunikasi Indonesia yang terdepan.

Pada rapat ini, Perseroan juga mengangkat Hilal Suleiman Malawi, Andrew Tor Oddvar Kvalseth dan Ahmad Abdulaziz A A Al-Neama, sebagai komisaris perseroan serta menerima pengakhiran masa jabatan Ajay Bahri, Damian Philip Chappell, dan Chris Kanter sebagai komisaris perseroan.

 

3 of 3

Susunan Anggota Dewan Komisaris dan Anggota Direksi Perseroan

Chris Kanter
Chris Kanter, Dirut Indosat Ooredoo. (Foto: Indosat Ooredoo)

Dengan demikian, susunan anggota Dewan Komisaris dan anggota Direksi Perseroan setelah ditetapkan oleh rapat adalah sebagai berikut.

Susunan Dewan Komisaris:

1. Waleed Mohamed Ebrahim Alsayed, Komisaris Utama

2. Hans Anthony Kuropatwa, Komisaris

3. Hilal Suleiman Malawi, Komisaris

4. Heru Pambudi, Komisaris

5. Edy Sudarmanto, Komisaris

6. Andrew Tor Oddvar Kvalseth, Komisaris

7. Ahmad Abdulaziz A A Al-Neama, Komisaris

8. Syed Maqbul Quader, Komisaris Independen

9. Elisa Lumbantoruan, Komisaris Independen

10. Wijayanto Samirin, Komisaris Independen

Susunan anggota Direksi Perseroan:

1. Chris Kanter, Direktur Utama

2. Eyas Naif Assaf, Direktur

3. Arief Musta’in, Direktur

4. Haroon Shahul Hameed, Direktur

5. Irsyad Sahroni, Direktur Independen

(Din/Jek)

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

Lanjutkan Membaca ↓