Harga Asus Zenfone 5 Series Terbaru, Smartphone Murah dengan Desain Mewah

Oleh Septika Shidqiyyah pada 18 Okt 2018, 20:09 WIB
Diperbarui 20 Okt 2018, 12:13 WIB
zenfone 5 series

Liputan6.com, Jakarta Pasar smartphone semakin panas. Ponsel pintar dengan fitur unggulan semakin bertebaran. Salah satunya adalah smartphone keluaran Asus. Asus merupakan perusahaan multinasional di bidang teknologi, hardware dan elektronik yang berasal dari Taiwan.

Di pasar smartphone, Asus memang tergolong baru. Sebelumnya Asus dikenal sebagai produsen komputer PC dan laptop, namun sejak 2014 nama mereka sudah tertera sebagai merek ponsel pintar. Bahkan hanya selang setahun setelah pertama kali hadir di pasaran, termasuk di Indonesia, menurut laporan IDC Asus kini telah mengambil posisi lima besar dan menggeser pesaingnya yang lebih dulu hadir dari berbagai brand ataupun jenis OS yang digunakan.

Asus telah cukup banyak menghadirkan smartphone dari seri Asus Zenfonenya, tercatat ditahun 2018 Asus sudah merilis secara resmi beberapa produk terbarunya. Di antaranya Asus meluncurkan produk smartphone terbarunya yang menjadi penerus keluarga Zenfone. Melalui ajang bergengsi Mobile World Congress (MWC) 2018 yang digelar di Barcelona pada Februari 2018 lalu, Asus resmi merilis tiga varian Zenfone 5 sekaligus, yakni Zenfone 5, Zenfone 5Z, dan Zenfone 5 Lite.

Banyak yang menyebut bahwa Asus Zenfone 5 bisa menjadi jawaban bagi pendamba iPhone X yang tidak bisa membelinya karena harga yang tinggi. Dengan kata lain, Asus Zenfone 5 dan Zenfone 5Z adalah jawaban bagi kamu yang ingin gaya namun dengan budget seadanya. Harga Asus Zenfone 5 ini memang cukup terjangkau. Berikut ulasan Liputan6.com yang sudah dirangkum dari berbagai sumber, Kamis (18/10/18). 

2 dari 4 halaman

Asus ZenFone 5 ZE620KL

zenfone 5 series
Asus ZenFone 5 ZE620KL (sumber: androidcentral)

Zenfone 5 mengusung dual kamera yang terdiri dari kamera utama 12 MP dengan piksel berukuran 1,4 mikrometer dan bukaan f/1.8, ditambah dengan kamera sekunder wide angle 120 derajat, stabilisasi gambar optik empat sumbu (OIS) dan fitur kamera AI-enhanced, termasuk AI Scene Detection untuk 16 scene, AI Photo Learning, Potret Real-time dan Real-time Beautification. Sedangkan pada bagian depan, disematkan kamera 8MP yang mengemas aperture f/2.0 dan sudut pandang 84 derajat. Untuk layar Asus Zenfone 5 memiliki bentang layar seluas 6,2 inci dengan aspek rasio 18:9. Dengan membawa panel IPS LCD dengan resolusi 1080x2280 piksel.

Meski harga Asus Zenfone 5 masuk dalam kelas menengah, spesifikasinya tak main-main. Asus Zenfone 5 menjalankan sistem operasi Android 8.0 Oreo dengan polesan interface ZenUI 5.0. Performanya didukung oleh Qualcomm Snapdragon 638 yang disandingkan dengan RAM 4GB atau 6GB dan internal storage sebesar 64 GB serta tak ketinggalan grafis Adreno 509. Untuk konektivitas seluler tersedia dual-SIM (Nano).

Asus mengklaim, lini Zenfone 5 ini memiliki berbagai fitur otomatis yang berbasis AI. Mulai dari mode auto kamera yang akan secara otomatis memilih warna yang terbaik. Selain itu terdapat fitur AI Photo yang dapat membaca setelan edit foto dan mengaplikasikannya kemudian.

Tidak hanya itu, ada pula AI Boost yang dapat meningkatkan performa smartphone, yakni dengan memutus berbagai pekerjaan yang tidak diprioritaskan di smartphone. Makin lengkap, Asus Zenfone 5 memiliki mode pengisian daya cerdas, yang akan memilih mode isi daya cepat atau isi daya semalaman. Dengan semua keunggulannya, harga Asus Zenfone 5 ini sekitar Rp 4,4 jutaan.

3 dari 4 halaman

Asus Zenfone 5Z

zenfone 5 series
Asus Zenfone 5Z (sumber: fonearena)

Seperti seri standarnya, Asus Zenfone 5Z memiliki layar 6,2 inci full-HD+ (1080×2246 pixels) dengan aspek rasio 19: 9. Bicara performa, smartphone ini berani diadu dengan dua flagship tersebut berkat adanya chipset Qualcomm Snapdragon 845 SoC dengan AIE (Artificial Intelligence Engine) dan Adreno 630 GPU. Asus Zenfone 5Z hadir dalam tiga varian, yakni RAM 4GB disandingkan dengan memori 64GB, RAM 6GB disandingkan dengan penyimpanan 128GB, kemudian ada memori internal sebesar 256GB yang dijodohkan dengan RAM 8GB.

Di bagian konektivitas, smartphone Dual-SIM ini mendukung fitur-fitur pendukung antara lain GPS, Wi-Fi, Bluetooth v5.0, NFC dan lain-lain. Asus juga menggunakan speaker dual-magnet ganda untuk meningkatkan pengalaman multimedia dan audio. Didukung oleh baterai 3300mAh, Zenfone 5Z mendukung teknologi pengisian daya ASUS BoostMaster dan AI. Di belakang terdapat pula sensor sidik jari sebagai fitur tambahan bagi fitur pengenal wajah untuk membuka akses perangkat.

Selain pada spesifikasinya, perbedaan lain Asus Zenfone 5 dengan Asus Zenfone 5Z terletak pada harganya. Harga Asus Zenfone 5Z lebih tinggi daripada Asus Zenfone 5. Untuk harga Asus Zenfone 5Z ini di pasaran berkisar di angka Rp 6,6 jutaan.

4 dari 4 halaman

Asus ZenFone 5 Lite

zenfone 5 series
Asus ZenFone 5 Lite (sumber: fonearena)

ZenFone 5 Lite adalah perangkat dari model standar yang disederhanakan. Asus Zenfone 5 Lite, smartphone ini dibekali dengan layar penuh 6 inci yang beresolusi Full HD+ (2.160 x 1.080 piksel), berteknologi IPS, dengan aspek rasio layar 18:9. Asus Zenfone 5 Lite hadir dalam dua varian, yakni ponsel yang memiliki chipset dengan pilihan Qualcomm Snapdragon 430 Octa-core atau Snapdragon 630 Octa-core dengan grafis Adreno 505 GPU. Serta RAM dengan pilihan 3 GB atau 4 GB, dan internal storage dengan pilihan 32 GB atau 64 GB yang mampu diekspansi dengan microSD hingga 400 GB.

Asus Zenfone 5 Lite dilengkapi dengan 4 kamera sekaligus yang terdiri atas dua kamera belakang dan dua kamera depan. Pada dua kamera belakang memiliki kombinasi kamera primer 16 MP dengan aperture f/2.2, gyro EIS, PDAF, LED Flash + kamera sekunder wide angle 120 derajat yang diklaim dapat menghasilkan foto dengan sempurna.

Sementara dua kamera depannya memiliki kombinasi kamera primer 20 MP dengan aperture f/2.0, gyro EIS, LED Flash + kamera sekunder wide angle 120 derajat yang dapat mengakomodasi foto selfie atau wefie dengan hasil memuaskan. Selain itu, Asus Zenfone 5 Lite diberikan baterai sebesar 3.300 mAh yang juga dilengkapi fitur keamanan canggih yaitu Face Recognition dan Fingerprint. Ponsel ini juga sangat nyaman digenggam, pasalnya hanya memiliki ukuran dimensinya 160.6 x 76.2 x 7.8 mm dengan bobotnya hanya 168 gram saja.

Zenfone 5 Lite menjadi varian yang paling terjangkau dari semua seri Zenfone 5. Harga Asus Zenfone 5 Lite ini berkisar Rp 3,3 jutaan.

Dengan semua fiturnya yang mumpuni, harga Asus Zenfone 5 Series cukup terjangkau bukan!

Lanjutkan Membaca ↓