Cara Unduh Gim Fortnite untuk Perangkat Android

Oleh Agustinus Mario Damar pada 15 Okt 2018, 19:00 WIB
Fortnite

Liputan6.com, Jakarta - Epic Games akhirnya mengumumkan gim Fortnite resmi tersedia untuk pengguna perangkat Android dan dapat diunduh bebas.

Sebelumnya, pengembang hanya mengizinkan sejumlah pemain yang sudah mendapatkan undangan terlebih dulu.

Seperti yang sudah diketahui, Epic memilih untuk tidak memasarkan gim ini lewat Google Play Store. Jadi, pengguna Android yang ingin memain Fortnite harus mengunduhnya langsung dari tautan yang disediakan oleh Epic.

Dikutip dari Game Spot, Senin (15/10/2018), pengguna Android harus mengunjungi situs resmi Fortnite untuk mengunduh installer-nya terlebih dulu. Setelah itu, pengguna tinggal memasangnya dan melanjutkan proses pengunduhan gim sebelum memainkannya.

Namun, perlu diketahui bukan berarti gim Fortnite ini kompatibel dengan seluruh model perangkat Android. Alasannya, gim ini sebenarnya baru benar-benar dapat digunakan di perangkat dengan spesifikasi tinggi.

Epic sendiri memiliki spesifikasi minimal untuk perangkat Android yang dapat memainkan Fortnite, seperti sistem operasi yang direkomendasikan adalah Android 8.0 Pie atau versi di atasnya.

Perangkat tersebut juga setidaknya harus memiliki RAM 3GB, dengan kapasitas yang disarankan RAM 4GB. Sementara untuk kemampuan grafis, perangkat itu sebaiknya didukung Adreno 530 atau di atasnya, Mali-G71 MP20, Mali-G72 MP12 hingga versi terkini.

2 of 3

Daftar Perangkat Android yang Mendukung Fortnite

Fortnite
Fortnite akuisisi perusahaan pembuat software anti-cheat di dalam gim. (Doc: Epic Games)

Untuk mengetahui lebih lengkap model smartphone yang dapat menjalankan Fortnite, berikut ini ada daftar lengkap perangkat Android yang sudah mendukungnya.

Samsung : Galaxy S7, Galaxy S7 Edge, Galaxy S8/Galaxy S8 Plus, Galaxy S9/Galaxy S9 Plus, Galaxy Note 9, Tab S3, dan Tab S4

Google : Pixel/Pixel XL dan Pixel 2/Pixel 2 XL

Asus : ROG Phone, Zenfone 4 Pro, Zenfone 5Z, Zenfone V

Huawei: Honor 10, Honor Play, Mate 10/Pro, Mate RS, Nova 3, P20 / Pro, V10

LG: G5, G6, G7 ThinQ, V20, V30/V30+

Nokia: 8

Razer: Phone

Xiaomi: Blackshark, Mi 5/5S/5S Plus, 6/6 Plus, Mi 8/8 Explorer / 8SE, Mi Mix, Mi Mix 2, Mi Mix 2S, Mi Note 2

Lenovo: Moto Z/Z Droid, Moto Z2 Force

Sony: Xperia XZ/Premium, XZs, XZ1/Compact, XZ2/Premium/Compact, XZ3

OnePlus: 5/5T,6

Essential: PH-1

ZTE: Axon 7/7s, Axon M, Nubia Z17 / Z17s, Nubia Z11

HTC: 10, U Ultra, U11/U11+, U12+

3 of 3

Fortnite Berlaga di Android Tanpa Jalur Play Store

Fortnite
Fortnite resmi meluncur di perangkat Android. Liputan6.com/ Yuslianson

Tidak seperti pengembang gim lain, Epic Games selaku pengembang Fortnite mengambil jalur berbeda dalam hal pendistribusian pada pengguna Android.

Dikutip dari The Verge, Senin (6/8/2018), gim Fortnite tidak akan tersedia di Play Store. Epic Games memilih untuk merilis gim ini langsung melalui situs resminya.

Nantinya, pengguna tinggal mengunduh program installer Fortnite untuk memasang gim di perangkat yang kompatibel.

Keputusan ini, menurut CEO Epic Games Tim Sweeney, tidak lepas dari upaya perusahaannya untuk berhubungan langsung dengan pemain.

"Epic menginginkan hubungan langsung dengan pengguna di seluruh platform yang memungkinkan. Hal ini dimungkinkan dengan adanya internet," tutur Sweeney.

Alasan lain yang membuat Epic tidak merilis Fortnite di Play Store adalah alasan finansial. Epic tidak ingin membayar biaya toko aplikasi sebesar 30 persen ke Google.

"Untuk platform seluler, 30 persen tidak proporsional dengan biaya layanan yang dilakukan toko, seperti pemrosesan pembayaran, bandwidth unduhan, dan layanan pelanggan," ujar Sweeney.

(Dam/Ysl)

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini: 

Lanjutkan Membaca ↓

Live Streaming

Powered by