Sukses

80 Persen BTS Telkom Pulih Usai Gempa di Sulawesi Tengah

Untuk mempercepat pemulihan, Telkom mengerahkan ratusan tenaga teknis terlatih, termasuk memobilisasi mobile genset dan mobile BTS.

Liputan6.com, Donggala - Jaringan telekomunikasi usai gempa yang melanda sejumlah wilayah Sulawesi Tengah, berangsur membaik.

PT Telkom Indonesia (Telkom) sebagai salah satu operator, mengumumkan telah memulihkan sebagian besar layanan seluler di wilayah tersebut.

Dalam keterangan resmi yang diterima Tekno Liputan6.com Senin (8/10/2018), ada sekitar 80 persen base transceiver station (BTS) yang sudah pulih.

Kondisi ini menyusul jaringan backbone Telkom rute Palu, Donggala, Makassar dan rute Palu, Parigi, Manado yang sebelumnya sudah pulih 100 persen.

“Kami bersyukur saat ini Telkom Group telah berhasil memulihkan jaringan backbone dari dan menuju Palu serta 80 persen site BTS layanan seluler. Kami terus memberikan yang terbaik hingga seluruh layanan telekomunikasi di Palu dan sekitarnya kembali seperti sediakala,” ujar Vice President Corporate Communication Telkom Arif Prabowo.

Jumlah ini naik dari sebelumnya yang menyebut sebanyak 885 BTS atau sekitar 70 persen BTS Telkomsel telah kembali pulih usai gempa.

Ketika itu, disebutkan sekitar 83 persen layanan suara dan 63 persen layanan data sudah dapat digunakan.

Untuk mempercepat proses pemulihan, Telkom Group mengerahkan ratusan tenaga teknis terlatih, termasuk memobilisasi mobile genset dan mobile BTS.

Selain itu, operator berpelat merah ini juga bekerja sama dengan PLN dan Pertamina, terutama untuk pemulihan catuan listrik dan penyediaan bahan bakar untuk genset.

Bersama dengan tujuh BUMN lain, yakni PLN, Pertamina, Pelindo, BRI, Bank Mandiri, BNI, dan BTN, Telkom Group juga telah mendirikan posko BUMN Peduli Bencana Sulteng untuk menyalurkan bantuan bagi masyarakat yang terdampak gempa

Hingga sekarang, posko ini telah menyalurkan sejumlah bantuan berupa tenda dan selimut, pakaian, bahan makanan dan dapur umum, air bersih dan MCK, layanan medis dan obat-obatan serta bantuan lainnya senilai Rp. 22,5 milyar.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Telkom Sediakan WiFi Gratis

Sebelumnya, Telkom turut mengirim WiFi gratis ke 157 lokasi di wilayah terdampak bencana gempa dan tsunami, mulai dari Palu, Donggala, Ampana, Banggai, Luwuk, Marisa, Parigi, Poso, dan Toli dengan SSID TelkomPeduli. 

Direktur Utama Telkom Alex J. Sinaga, juga menyerahkan 1.000 unit kartu Simpati kepada Polda Sulawesi Tengah untuk membantu polisi dan relawan melakukan koordinasi setelah gempa.

Telkom juga juga menyiapkan fasilitas telepon gratis di Posko TNI/Pemda, Posko Korem, Posko Bandara, Posko Kantor Walikota, Posko Kantor Gubernur, dan RS Undata Palu.

Untuk layanan seluler bagi warga Sulawesi Tengah, Telkom Group melalui Telkomsel memberikan paket gratis nelpon dan SMS ke semua operator 24 jam yang berlaku selama seminggu, bagi seluruh pelanggan di Palu dan Donggala.

Paket gratis nelpon dan SMS dapat diaktifkan dengan menu UMB *888*20# atau SMS, Ketik SULTENG Kirim ke 8999. Pelanggan akan mendapatkan 50 menit dan 200 SMS Gratis ke seluruh operator dan berlaku selama seminggu.

Paket bisa diaktivasi melalui dial number *888*20#. Setiap aktivasi berlaku selama 7 hari dan paket layanan gratis ini dapat digunakan untuk 14 hari ke depan.

3 dari 3 halaman

Fasilitas Telepon Gratis dari Telkomsel

Telkomsel pun menyediakan fasilitas telepon gratis di GraPARI Palu yang beralamat di Jalan Professor Muhammad Yamin No. 9, Palu Selatan, Kota Palu. 

Direktur Network Telkomsel Bob Apriawan menjelaskan, TelkomGroup terus mengupayakan percepatan pemulihan infrastruktur dan layanan telekomunikasi, khususnya untuk layanan seluler Telkomsel.

“Hingga saat ini, recovery jaringan Telkomsel sudah mencapai 70 persen. Layanan komunikasi SMS dan voice sudah normal, demikian juga layanan internet 4G juga sudah berangsur pulih di kabupaten dan kota terdampak bencana, seperti di Palu, Donggala, dan Luwuk,” jelas Bob.

(Dam/Jek)

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini: 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • Kependekan dari grup vokal Bangtan Boys asal Korea Selatan.
    Kependekan dari grup vokal Bangtan Boys asal Korea Selatan.

    BTS

  • Gempa adalah peristiwa bergetar atau bergoncangnya bumi karena pergerakan atau pergeseran lapisan batuan pada kulit bumi secara tiba‐tiba.

    Gempa

  • Telkom