Sukses

Dari NASA hingga Angkasa Pura, Ini Pemenang Hitachi Transformation Awards 2018

Selain pengumuman para pemenang Hitachi Transformation Awards 2018, Hitachi Vantara juga mengumumkan tiga perusahaan yang mendapatkan honorable award, salah satunya adalah PT Angkasa Pura II (Persero).

Liputan6.com, Jakarta - Hitachi Vantara, anak perusahaan Hitachi, baru saja mengumumkan penghargaan bagi para pemenang dari Hitachi Transformation Awards 2018.

Penghargaan tersebut, menganugerahi organisasi-organisasi terkemuka yang bertransformasi dengan cara inovatif dengan dukungan solusi teknologi Hitachi.

Para pemenang diumumkan dalam upacara penghargaan di konferensi pelanggan tahunan kedua Hitachi Vantara, NEXT 2018, yang diadakan pada 25-27 September 2018, di San Diego, California, Amerika Serikat (AS).

Selain pengumuman para pemenang Hitachi Transformation Awards 2018, Hitachi Vantara juga mengumumkan tiga perusahaan yang mendapatkan honorable award, salah satunya adalah PT Angkasa Pura II (Persero).

Karena solusi video analytics dari Hitachi Vantara, Angkasa Pura II berhasil meningkatkan kinerja manajemen operasional mereka dan menyajikan layanan yang lebih berkualitas bagi lebih dari 100 juta pelanggannya setiap tahun.

Angkasa Pura II merupakan salah satu Badan Usaha Milik Negara (BUMN) yang bergerak dalam bidang usaha pelayanan jasa kebandarudaraan dan pelayanan jasa terkait bandar udara di wilayah Indonesia Barat.

Sejak 13 Agustus 1984, perusahaan telah mendapatkan kepercayaan dari Pemerintah Republik Indonesia untuk mengelola dan mengupayakan pengusahaan Pelabuhan Udara Jakarta Cengkareng, yang kini berubah nama menjadi Bandara Internasional Jakarta Soekarno-Hatta serta Bandara Halim Perdanakusuma.

Hingga saat ini, Angkasa Pura II telah mengelola 14 bandara yang tersebar di seluruh wilayah Indonesia.

Kedua pelanggan lainnya yang juga disebut Hitachi Vantara adalah Deluxe dan City of Las Vegas. Deluxe, perusahaan layanan keuangan dan pemasaran UKM, yang telah berhasil mengelola biaya dan mencapai target bisnis menggunakan ekosistem cloud managed-services dari Hitachi Vantara.

Sementara, kota Las Vegas disebut telah berhasil mewujudkan kota cerdas dan terhubung untuk mendorong inovasi, efisiensi, dan beragam metode baru pemerintahan untuk meningkatkan kualitas kehidupan masyarakat, pebisnis, dan pengalaman pengunjung kota Las Vegas.

Pemenang Hitachi Transformation Awards sendiri dipilih berdasarkan hasil bisnis substansial yang dicapai dengan cara mempercepat transformasi bisnis, meningkatkan pengalaman pengguna, berinovasi dengan data dan menggunakan internet of things (IoT).

Adapun kategori penghargaan diberikan, meliputi Transformasi Perusahaan (Enterprise Transformation), Keunggulan dalam IoT (Excellence in IoT), dan Inovasi Sosial (Social Innovation).

“Penghargaan Transformasi Hitachi (Hitachi Transformation Awards) memberikan kami sebuah peluang besar untuk memamerkan pelanggan kami yang luar biasa dan mengakui keberhasilan yang telah mereka capai dalam mentransformasi bisnis mereka dengan menggunakan kekuatan data mereka,” kata Scott Kelly, Chief Operating Officer dan Chief Transformation Offier Hitachi Vantara.

“Para pemenang tahun ini telah menunjukkan kreativitas dan kepemimpinan di bidangnya masing-masing untuk mengubah cara mereka bekerja, dan Hitachi Vantara bangga bermitra dengan mereka dan menghormati pencapaian luar biasa ini," lanjutnya.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Daftar Pemenang

Enterprise Transformation

NASA Johnson Space Center

Selaku badan independen milik pemerintah Amerika Serikat, NASA bertanggung jawab atas program luar angkasa warga sipil, serta penelitian aeronautika dan aerospace.

Sebagai bagian penting dari misi NASA yang lebih besar, Johnson Space Center adalah rumah bagi korps astronomi, pengawasan misi, dan program Orion, kru Komersial dan Stasiun Luar Angkasa Internasional.

Dengan rangkaian tanggung jawab yang luas, Johnson Space Center menghasilkan kumpulan-kumpulan data dalam jumlah signifikan, mencakup berbagai gambar yang diunduh dari stasiun luar angkasa.

Bermimpi untuk berevolusi menjadi arsitektur penyimpanan berbasis cloud, Johnson bermitra dengan Hitachi Vantara untuk merancang dan menerapkan repositori digital unik yang kompleks untuk gambar-gambar misi.

Sistem hybrid ini menyediakan repositori tahan lama yang memungkinkan akses instan dari pengguna yang berwenang di seluruh dunia, cocok untuk program stasiun ruang angkasa dan banyak mitra bisnis internasionalnya.

Excellence in IoT

Pemerintahan Real-Time di Provinsi Andhra Pradesh

Dengan tagline ‘people-first,' pemerintah Andhra Pradesh, India bekerja keras untuk menyediakan sistem penyediaan layanan publik yang gesit dan efisien yang bermanfaat bagi hampir 50 juta warga dalam pendekatan siklus hidup 360 derajat (360-degree life cycle) melalui inisiatif Real Time Governance (Pemerintahan Real-Time) mereka.

Dengan bantuan inisiatif RTG, kini Andhra Pradesh dapat dengan cepat menyelesaikan keluhan warga dan memantau proyek-proyek infrastruktur, kecelakaan, cuaca dan perubahan iklim di seluruh wilayahnya secara real-time, dengan memanfaatkan layanan teknologi.

RTG mampu menganalisis kumpulan data besar yang dikumpulkan dari berbagai sumber dengan bantuan Hitachi untuk membuat keputusan yang berwawasan luas yang mengubah layanan warga secara dinamis.

Dengan menjaga teknologi dalam pikiran dan fokus bagi warga di hatinya, RTG akan merevolusionerkan pemerintahan di Andhra Pradesh, mengkatalisasi operasi pemerintah untuk menciptakan masyarakat yang lebih aman, lebih efisien dan berkelanjutan.

 

3 dari 3 halaman

Inovasi Sosial

Smart Payments by Nets Smart Payments

Unit bisnis inovasi khusus yang didirikan oleh penyedia pembayaran digital terkemuka asal Eropa, Nets, dan berkantor pusat di Denmark, bertujuan untuk menjadi yang terdepan dalam inovasi pembayaran dan menciptakan nilai bagi pelanggannya dengan memanfaatkan teknologi yang terus bertumbuh, dalam merancang pengalaman pembayaran masa depan.

Dengan upaya menciptakan hari depan yang lebih mudah bagi pelanggan mereka, Smart Payments by Nets bermitra dengan Hitachi untuk bekerjasama menciptakan solusi pembayaran generasi masa depan canggih.

Memanfaatkan teknologi biometrik, Smart Payments by Nets dan Hitachi menciptakan solusi pembayaran yang langsung memindai pola vena jari pengguna dan menautkannya ke kartu debit domestik mereka, Dankort, menyediakan cara pembayaran yang cepat, mudah, dan aman.

Smart Payments by Nets berfungsi untuk membuat inovasi pembayaran besar-besaran yang berdampak langsung pada kehidupan sehari-hari orang banyak.

(Jek/Isk)

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.