Sukses

Nintendo Siapkan Casing Unik Ubah Smartphone Jadi Game Boy

Informasi soal casing unik Nintendo ini diketahui dari paten yang didaftarkan beberapa waktu lalu.

Liputan6.com, Jakarta - Nintendo dilaporkan akan kembali mengusung tema nostalgia dalam produk terbaru besutannya. Informasi ini diketahui dari laporan paten yang didaftarkan perusahaan tersebut beberapa waktu lalu.

Dikutip dari The Verge, Minggu (7/10/2018), produk yang dimaksud adalah sebuah casing smartphone. Namun, bukan casing biasa sebab aksesoris ini disebut dapat mengubah smartphone menjadi Game Boy. 

Dari deskripsi paten yang didaftarkan, casing akan menutup seluruh bodi smartphone. Secara desain, casing ini tak ubahnya flip cover yang banyak beredar di pasaran saat ini.

Namun, Nintendo mendesainnya mirip Game Boy lengkap dengan tombol-tombolnya. Nanti, tombol-tombol tersebut dapat menjadi alat navigasi alias input untuk layar sentuh yang ada di smartphone.

Meski menarik, belum dapat dipastikan apakah Nintendo akan benar-benar merilis produk ini. Alasannya, tidak seluruh paten yang didaftarkan akan berakhir dalam proses produksi.

Kendati demikian, harus diakui Nintendo telah sukses mengembalikan nostalgia para gamer yang besar dengan konsol perusahaan tersebut.

Hal itu dapat dilihat dari penjualan Nintendo SNES Classic yang rilis tahun lalu. Replika miniatur dari Nintendo SNES itu berhasil terjual empat juta unit hingga awal tahun ini.

Untuk informasi, SNES Classic Edition merupakan konsol remake dari SNES atau Super Nintendo yang dirilis pada akhir 2017. Sama seperti NES Classic, konsol ini tak menggunakan kartrid untuk bermain gim.

SNES Classic memiliki 21 judul gim yang dapat dimainkan. Beberapa judul tersebut adalah Kirby’s Dream Course, Street Fighter 2′ Turbo: Hyper Fighting, Super Castlevania 4, Super Mario World, dan The Legend of Zelda: A Link to the Past.

* Update Terkini Asian Para Games 2018 Mulai dari Jadwal Pertandingan, Perolehan Medali hingga Informasi Terbaru di Sini.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Nintendo Berhasil Jual 20 Juta Konsol Switch

Sebelumnya, Nintendo baru saja merilis laporan penjualan sepanjang tiga bulan ini. Perusahaan asal Jepang ini juga mengungkap penjualan konsol gim kondangnya, Nintendo Switch.

Dala​m laporan The Verge yang dikutip, Nintendo telah menjual 19,67 juta unit konsol Switch per 30 Juni 2018. Kemungkinan akhir Juli ini, penjualannya telah mencapai 20 juta unit konsol.

Nintendo memprediksi, perusahaan masih akan menjual 20 juta unit konsol per April 2018 hingga Maret 2019 mendatang. Sejauh ini dalam tiga bulan terakhir Nintendo baru menjual 1,88 juta unit konsol.

Angka ini jauh lebih rendah dibandingkan penjualan pada tahun lalu. Namun, musim liburan tampaknya akan menjadi pertimbangan konsumen membeli konsol gim. Apalagi dengan tambahan gim favorit seperti Super Smash Bros Ultimate dan dua Pokemon: Let's Go yang baru akan dirilis.

Secara keseluruhan, Nintendo telah membukukan laba operasional sebanyak USD 275 juta dari total pendapatan kuartal ini sebanyak USD 1,51 miliar. Ada peningkatan 9,6 persen dibandingkan kuartal sebelumnya.

Dengan penambahan seri gim baru seperti Mario Kart 8 Deluxe yang bergabung dengan Super Mario Deluxe ke Super Mario Odyssey, membuat Switch bisa meningkat hingga 10 juta unit.

Kemudian, tambahan seri gim The Legend of Zelda: Breath of the Wild juga tampaknya bakal meningkatkan penjualan konsol Switch.

3 dari 3 halaman

Diklaim Paling Laris Sepanjang Masa

Dibandingkan dengan PlayStation 4 dan Xbox One, konsol  Nintendo masih tetap berjaya di ranah gim, dan konsol terbarunya, Switch, diklaim telah menjadi salah satu yang paling sukses sepanjang masa.

Dilansir Geekwire, April lalu, Nintendo berhasil membukukan penjualan sebesar USD 9,7 miliar atau sekitar Rp 134 triliun di penghujung tahun fiskalnya pada akhir Maret 2018.

Angka tersebut mengindikasikan kenaikan penjualan sebesar 105 persen dari tahun lalu. Per April, Nintendo Switch juga telah terjual sebanyak 17 juta unit semenjak rilis pada 3 Maret 2017.

Di Amerika Serikat (AS), konsol ini terjual hampir lima juta unit pada 10 bulan pertama peluncurannya.

Pencapaian tersebut mengalahkan Nintendo Wii yang hanya terjual empat juta unit pada hitungan jangka waktu yang sama. Untuk tahun depan, Nintendo menargetkan penjualan Switch sebanyak 20 juta unit.

Laris manisnya Nintendo Switch di pasaran menjadi berkah tersendiri bagi Nintendo, apalagi karena laporan penjualan Nintendo Wii U yang tidak sesuai ekspektasi.

Salah satu gim yang menunjang penjualan Nintendo Switch adalah Super Mario Odyssey, gim Mario 3D yang rilis pada 27 Oktober 2017. Gim tersebut berhasil terjual sebanyak 10 juta kopi.

Hasilnya, profit yang diraih Nintendo meningkat sampai 505 persen dari USD 270 juta (sekitar Rp 3 triliun) pada tahun sebelumnya, dan sekarang berhasil meraup USD 1,5 miliar (sekitar Rp 20 triliun).

(Dam/Ysl)

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini: 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.